Kamu Bingung Cari Beasiswa? Ini Dia Solusinya!

Beasiswa merupakan bantuan pendidikan yang diberikan untuk para mahasiswa yang terpilih. Adapun beasiswa dapat diperoleh berdasarkan prestasi mahasiswa ataupun berupa bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa dengan keterbatasan finansial.

Adapun apa saja yang diperoleh akan berbeda-beda dari setiap beasiswanya, ada yang membiayai keseluruhan biaya pendidikan, biaya hidup, dan ada juga yang berupa uang tunai yang diberikan satu kali atau setiap semester.  Jadi, ketika memilih beasiswa bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Oleh karena itu, beasiswa ini merupakan kesempatan yang tidak boleh terlewatkan dan banyak mahasiswa yang menginginkannya.

sumber: studyplan.org

Jika kamu ingin memperoleh beasiswa namun masih bingung bagaimana cara memperoleh informasinya, tenang saja! Universitas Indonesia memberikan fasilitas yang dapat membantu kita untuk mencari informasi mengenai beasiswa.

Kamu bisa mencari tahunya pada website beasiswa UI dalan tautan beasiswa.ui.ac.id. Beasiswa UI ini sendiri dikelola oleh pihak UI (Direktorat Kemahasiswaan UI/Unit PAU/Fakultas yang mengelola paket beasiswa. Adapun  orang yang bisa mendaftar pada beasiswa pada beasiswa UI adalah mahasiswa UI.  Jadi, dengan beasiswa UI kamu bisa lebih mudah untuk mencari beasiswa, mengikuti proses seleksinya, dan memiliki peluang yang lebih besar.

Untuk mendaftar beasiswa melalui beasiswa UI, kamu harus login terlebih dahulu pada sistem single sign on UI (SSO UI). Setelah itu, kamu bisa memilih paket beasiswa yang masih dibuka sesuai dengan keinginan kamu. Sebagai saran, sebaiknya kamu buka terlebih dahulu seluruh beasiswa yang sedang dibuka agar kamu bisa memilih yang benar-benar sesuai.

BACA JUGA: Raih Beasiswa New Zealand, Cara Wujudkan Impian Kuliah di Luar Negeri

Setelah itu, kamu bisa membaca syarat dan ketentuannya dan melengkapi dokumen-dokumen serta syarat yang diperlukan untuk mendaftar setelah itu kirim. Jika kamu telah selesai mendaftar beasiswa tersebut, kamu bisa memantau terus status lamaran beasiswa kamu hingga periode seleksi berakhir.

 

Jika kamu membuka setiap paket beasiswa, kamu dapat mengetahui informasi singkat mengenai beasiswa tersebut seperti informasi pemberi beasiswa dan juga paket beasiswa yang akan diperoleh. Dari informasi tersebut, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai pertimbangan apakah beasiswa ini sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu juga terdapat penjelasan mengenai persyaratan penerima beasiswa dan berkas apa saja yang dibutuhkan. Persyaratan yang tercantum pada website beasiswa UI juga jelas dan lengkap sehingga kamu bisa menyesuaikan apakah kriteria yang dicari sudah sesuai dengan diri kamu. Jika ada formulir tertentu yang harus kamu isi, pada website ini juga disediakan softcopy formulir tersebut. Jadi, kamu tidak perlu ribet untuk mencari dokumen-dokumen tersebut.

Pada situs beasiswa UI, banyak sekali pilihan-pilihan beasiswa yang disediakan. Dari pilihan-pilihan beasiswa tersebut, kita dapat melihat juga periode seleksi dan juga kuota penerima beasiswa. Jumlah pendaftar juga bisa kita ketahui pada website ini. Jadi, kita dapat mengetahui apakah pendaftaran beasiswa tersebut masih buka dan seberapa besar peluang kita jika dilihat dari jumlah pendaftar dan kuota yang tersedia.

Dengan banyaknya informasi beasiswa yang tersedia dan kemudahan dalam proses pendaftaran, website beasiswa UI ini jangan sampai kamu tidak coba dalam mencari beasiswa. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak cari beasiswa, ya!

BACA JUGA: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa S2 di Taiwan oleh Azhar Fikri

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA