Kanopi FEUI Juarai LKTI Rakornas II IMEPI


0
Delegasi Kanopi FE UI
Delegasi Kanopi FE UI

Pada tanggal 2-4 Agustus 2010 yang lalu, Kanopi FEUI mengikuti rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) II Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI) yang berlangsung di Fakultas Ekonomi Universitas Tanjung Pura, Pontianak, Kalimantan Barat. Kegiatan ini terdiri dari acara seminar, lomba karya tulis ilmiah (LKTI) dan Rakornas II IMEPI. Dalam ajang LKTI, delegasi dari Kanopi FEUI yang mewakili mahasiswa ilmu ekonomi dari Universitas Indonesia berhasil menjadi yang terbaik. Walaupun kegiatan ini telah berlangsung beberapa bulan yang lalu, tak ada salahnya untuk diberitakan sekarang untuk membuktikan bahwa mahasiswa UI masih bisa ‘unjuk gigi’ dan berprestasi di tingkat nasional.

Pada hari pertama (2 Agustus 2010) diselenggarakan sebuah seminar yang bertemakan “Kesiapan Indonesia dalam Menghadapi ACFTA 2010” pada sesi pertama dan “Mengembangkan Peran Masyarakat pada Sektor Agraris di Daerah Perbatasan dalam Menghadapi ACFTA” pada sesi kedua. Pada malam harinya, dilaksanakan technical meeting untuk kegiatan LKTI.

Pada hari ketiga (3 Agustus 2010) dilaksanakan presentasi peserta LKTI yang dimulai pukul 08.00 waktu setempat. Ada 13 tim yang akan melakukan presentasi, terdiri dari perwakilan Universitas Indonesia, Universitas Parahiyangan, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Jambi, Universitas Diponegoro, dan Universitas Tanjung Pura. Presentasi dibagi menjadi dua sesi dan berakhir sekitar pukul 16.00. Setelah itu, para peserta kembali ke penginapan. Pada malam harinya berlangsung Rakornas II IMEPI yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa jurusan ilmu ekonomi/studi pembangunan (IESP) dari berbagai universitas di Indonesia.

Pada hari ketiga, diadakan Leadership Training yang diakhiri dengan pembacaan pengumuman pemenang LKTI. Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEUI angkatan 2007, yaitu Dara Andhika (saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Kanopi FEUI 2010), Akbar Nikmatullah ( saat ini menjabat sebagai Ketua BEM FEUI), dan Rizky Shantika Putri berhasil meraih Juara 1 dengan karya tulis bertema “Liberalisasi Integrasi Industri Listrik sebagai Solusi Meningkatkan Iklim Investasi di Kalimantan Timur dalam Upaya Menghadapi ACFTA”. Gelar juara lainnya diborong perwakilan dari Universitas Brawijaya.

Setelah itu, para peserta diajak bertamasya mengunjungi Tugu Khatulistiwa dan sebuah kesultanan yang ada di kota Pontianak, yaitu Kesultanan Badriah. Di sana, mereka dijelaskan tentang asal usul kota Pontianak. Sepulang dari perjalanan itu, peserta dipersilahkan untuk membeli oleh-oleh atau souvenir.

Hari terakhir merupakan saatnya field trip ke kota Singkawang dan pada malam harinya adalah malam perpisahan. Para peserta dijamu makan malam langsung oleh Dekan dan Pembantu Dekan FE Universitas Tanjung Pura. Keesokan harinya, para peserta pun pulang kembali ke kota masing-masing.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Budiono

UI alumnus (Economics/2008), more info http://budiono.xyz.

One Comment

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals