Karcis Kuning & Penjaga Pos Masuk di Gerbatama (UI Depok)

halo tmen2 anakui.com, gw mau cerita sm temen2 yang biasanya bawa mobil ke kampus. Jadi gini, temen2 gw dan bonyok gw udh sering masuk UI, dan setau gw kalo masuk lewat gerbatama UI kita diwajibkan untuk bayar Rp.2000,- untuk mendapatkan kartu tanda masuk plus karcis berwarna kuning yang dapat digunakan untuk keluar-masuk gerbang tanpa harus membayar lagi pada hari/tanggal yang sama. Nah, ceritanya dimulai disini…

Hari ini (Jum’at 12 Februari, -admin) gw ada kuliah dari jam 8 smp jam setengah 11 pagi, dan dilanjutkan dengan kls ke-2 yang dimulai pada jam 2 siang. Karena jarak antara jam setengah 11 sampai jam 2 terbilang panjang, gw dan tman2 sering keluar UI dulu untuk buang2 waktu kemudian balik lagi ke kampus untuk kuliah yang ke-2, jadi supaya gw ga harus bayar Rp.4000,- gw sering menggunakan karcis kuning yang bisa digunakan kembali untuk masuk gerbatama.

Ada banyak penjaga pos gerbatama, ada yang laki-laki baik itu satpam maupun bukan, dan ada pula yang perempuan. Nah, masalah ada pada penjaga pos gerbatama yang perempuan, seinget gw ada yang pake kerudung dan ada yang rambutnya pendek. gak tau yang kerudung jg tapi yang pasti gw bermasalah sama yang rambutnya pendek. Dia sering banget ga ngasih karcis kuning, sekali dua kali gw masih mentolerir, tapi lama2 sebel jg..

Semester lalu, gw bawa mobil temen gw dari kampus ke margocity, dan saat gw kembali ke kampus *yg notabene hrs melewati gerbatama* kebetulan yang lagi jaga si mbak2 yang rambutnya pendek, dan gw mengeluarkan duit 5000, ternyata gw liat di laci mobil tmen gw ada karcis kuning yang tanggalnya hari itu jg. trs gw bilang “mba2, ini sy nemu karcis kuningnya yang tanggal hari ini, gajadi pake duit deh mba”, trs mba nya ngambil karcis kuning gw dan balikin duit gw plus ngasi kartu masuk, tapi duit yang dibalikin rp 2000,- trs gw bilang lg “mba td sy ngasi duit 5000, ko dibalikinnya 2000?” trs dia bilang gini “lain kali kalo pake duit ya duit aja, klo pake karcis ya karcis” sambilan balikin duit 5000 gw, trs gw bilang “ini bukan mobil saya mba, kl ini mobil saya, saya jg tau naro karcis kuningnya dimana”..

minggu lalu adalah minggu pertama semester baru dimulai, ga tau ini perasaan gw doang atau engga, (dengan mba2 yang rmbutnya pendek itu) mobil didepan dan dibelakang gw dikasi karcis kuning, dan pas giliran gw bayar, gw ga dikasi karcis kuning. Tp setelah gw pikir2, hr ini gw kuliah cm satu jd ga akan keluar2 kampus, jd gw biarin ga dapet karcis kuning..Besoknya, gw udh wanti2 klo ga dapet karcis kuning gw mau minta, dan ternyata bener, gw ga dikasi karcis kuning sm mba2 yg rambut pendek, akhirnya gw rem mobil gw dan gw minta karcis kuningnya *mulai emosi*.

terus keesokan harinya (tadi pagi) gw kebetulan dilayani sm mba2 yg rambut pendek lagi dan lagi2 gak dikasi karcis kuning, namun kali ini gw sama skali ga ngomong sepatah katapun untuk minta, tapi gw ttp menjulurkan tangan gw keluar jendela dan ga menggerakan mobil gw sm skali, sampe gw dikasi karcis kuningnya, ada kali sekitar 1 menitan smp mbl dibelakang gw nglakson2 baru mbanya naro karcis kuning ditangan gw. karna gw udh kesel, gw ambil karcis kuningnya dgn sedikit nyolot *tp gw tidak berkata apa2* dan dengan lantangnya si mba2 yang rambut pendek itu berkata “BIASA AJA DONG MBA!” trs gw balik bilang “gw biasa aja kali” sambil nge-gas mobil gw (didalem mobil gw ada 2 org temen sesama jurusan gw yg nebeng, dan mereka jg kaget denger mba2 pos gerbatama ngmg gt ke gw)

setelah sampe dikampus gw curhat sm temen2 gw, dan ternyata mereka jg digituin sm mba2 pos gerbatama, bahkan ada nyokapnya temen gw yang jg kesel gara2 ga dikasi karcis kuning. Tmen2 gw pun ada yang mengusulkan untuk ngelaporin ke gedung biru.

Skrg gw pengen share aja, apa bener pemasukan biaya masuk mobil ke UI yng bayar Rp 2000,- itu dihitung dari karcis kuning? dan kartu tanda masuk sebagai perhitungan kendaraan yng masuk ke kampus UI? jika memang benar, apakah tindakan yang dilakukan oleh mba2 pos gerbatama yang tidak memberikan karcis kuning berarti merupakan tindak korupsi? dan adakah diantara teman2 yang memiliki pengalaman sama seperti saya? hehe

sekian curcol dari saya, terimakasih buat teman2 yang meluangkan waktunya utk membaca πŸ™‚

43 thoughts on “Karcis Kuning & Penjaga Pos Masuk di Gerbatama (UI Depok)”

  1. gw pernah bawa mobil masuk kampus tapi jarang2 banget, jadinya ga terlalu ngeh..

    yang namanya karcis kuning itu maksudnya yg kartu plastik ada logo BNI-nya yang dibalikin tiap kali keluar, atau tiket kertas bukti pembayaran?

    kalo karcis kuning yg kertas bukti pembayaran, gw ngerasa aneh, suatu kali masuk cuma dikasih kartu plastik aja, tapi lain kali juga dikasih tiket plastik juga..

    jadi wondering juga sama kaya yg nulis..

    Reply
  2. @mialaksmita : iya ya, mestinya gw ga mikirin penjaganya, tp kynya dia udh afal muka gw deh, semoga aja si mba2 itu ga bertingkah lg,hehehe…

    @ilmanakbar : jd kl kita masuk gerbatama dengan membayar Rp.2000,- kita dapet satu kartu masuk (kartu plastik) dan satu lagi karcis (kertas kuning)

    terimakasih utk merespon πŸ™‚

    Reply
  3. gw stuju dng pendapat penulis, emang kalo karcis kuning seharusnya otomatis jd hak kita soalnya udh bayar 2.000,kalo ga dikasih berarti ga ada bukti kalo kta udh bayar dan kta bokap gw (yg juga sering mengalami hal yg sama ketika nganterin gw pake mobil) potensi buat korupsi penjaga gerbatama itu besar bgt kalo dia ga ngasih karcis kuning krn ga ada bukti brp jumlah pmasukan yg udh masuk ke PLK dari hasil penjualan karcis masuk

    Reply
  4. @Ara : yaaa buat maintenance lah mbae… asuransi juga,, buat pegawai nya juga de el el deehh..
    kalo bosen bayar dua rebu naek bikun ajah..

    hmm.. buat penulis laporin ajah ke Pak Dadan Erwandi selaku kepala UPT PLK
    dadan@ui.ac.id

    Reply
  5. @vinavinavina : iyaa, gw jg baru tau dr temen gw kalo gunanya karcis utk ngitung pendapatan. selama ini gw ga kepikiran kl ga dikasi karcis kuning = korup. pantesan aja tu emba2 hobi ga ngasi karcis kuning, kl pengalaman ini cm gw aja, gw msh yakin mungkin mba2nya lupa ngasi, tp ini bahkan sm ortu tmen gw dan banyak temen gw yg lain ngalamin hal yg sama.

    @Ara : iya gw jg ngerasa kl bayar 2000 tiap hr berat juga ya.. mungkin buat biaya operasionalnya kali ya..

    terimakasih utk merespon πŸ™‚

    @admin anakui.com : kl kita posting tulisan disini, apakah aspirasi kita sampai ke pihak kampus? terimakasii

    Reply
    • #7 adiiaa
      apakah aspirasi di anakUI.com sampai ke pihak kampus?

      jawabannya antara sampai dan tidak.
      saya tahu kalo direktorat kemahasiswaan dan pihak humas UI suka baca2 anakUI.com (saya pernah nanya langsung).. tapi kan bukan mereka yang mengurusi hal ini.. jadi ga bisa dipastiin juga.

      sebaiknya setelah diposting di sini (untuk dapet dukungan & masukan dari kita2), kamu teruskan langsung ke pihak yg berwenang ya.. biar bener2 dapet laporan langsung..

      makasih banyak, dan semoga berhasil! πŸ™‚

      Reply
  6. mbak2 yang make upnya tebel bukan?kalo iya sama donk,gw malah pernah ngotot,ampe dia bilang gak usah bawel,habis kesel juga ,minta karcis kuning gak dikasih,tapi sejak itu dikasih karcisnya,tp intinya ttp maksa aja minta karcis kunging karena itu hak kita,soalya rugi bnaget bayar 4000 cuma buat bola balik bentar

    Reply
  7. @bayu : BENER BGT!! mba2 yg make-up nya tebel, rmbutnya pendek kan? hahaha (seneng ktmu yg senasib πŸ™‚ ) tp kynya dia udh afal muka gw deh, soalnya gw balikin nyolot..hehe

    Reply
  8. sebenernya kita ga butuh karcis kuning itu kok klo mau masuk lagi ke UI, gw dlu klo mau keluar UI trus ga dikasih karcis kuning gw minta sama satpam di pintu keluar dan dia bilang “ga usah mas, nnti pas masuk bilang aja muter”. trus pas gw masuk lg gw bilang sama penjaga gerbatama “muter” dan mereka lgsung ngasih karcisnya. emang sih klo mbak yg rambut pendek ini suka jutek tp biarin aja yg penting kan kita jujur klo tadi udah masuk UI.

    Reply
  9. oiya satu lagi nih, jgn pernah coba mau masuk kampus gratis dgn bilang “muter” pdhl belom masuk kampus sama sekali hari itu aplg pagi2. bisa2 dihapalin plat nomer lo. temen gw pernah nyoba kaya gitu dan ketauan terus diteriakin sama penjaga gerbatamanya. hahahaha

    Reply
  10. hahaha ini kok jadi ngomongin mbak-mbaknya doang sih.. ayo fokus ke masalahnya, “ga ngasih karcis itu masuk korupsi bukan?”

    kalo bener karcis kertas itu buat ngitung pemasukan yg didapet, kalo ga dikasih karcis kertas menurut gw sih korupsi.. persis kaya retribusi masuk terminal.. dulu gw suka ngeliat supir angkot ngasih duit, karcisnya cuma dipegang aja sama penjaga loket, ga dikasihin ke supir angkot.. dan supir angkotnya juga ga minta..

    kalo emang karcis kertas itu udah ada aturannya dan jadi hak kita buat tanda bukti bayar, harus kita minta tuh ya berarti..

    Reply
  11. @retsaanugrah : mmhh, ogitu.. tp kl bilang “muter” takutnya kita ga ada bukti, *lets think* kira2 kenapa satpamnya ga mau ngasih karcis coba? kan ga ada bedanya bilang “muter” sama dikasi karcis..sama2 boleh masuk lg..hehehe
    terimakasih utk merespon πŸ™‚

    Reply
  12. wah gw baru tau kalo tiap mobil masuk dapet karcis kuning. Soalnya temen gw yang tiap hari bawa mobil kekampus, ga pernah dapet karcis kuning itu, kayaknya dia nggak tau kalo HARUSNYA dia dapet karcis kuning. Gw pernah pergi sama dia keluar kampus trus abis itu masuk kampus lagi, karena sama2 ga tau, dia pas masuk kampus tu bayar 2000 lagi.
    Kalo kayak gitu sih namanya korupsi beneran dong. Besok langsung gw bilangin temen gw ah.. Thanks infonya.. πŸ™‚

    Reply
  13. @odytkhodijah : sama2.. kasi tau ke temen2 km utk minta karcis kuning, baik itu cm masuk sekali atau dua kali, oke?
    terimakasih untuk merespon πŸ™‚

    Reply
  14. @djawa : yah ciri2nya rambutnya pendek sebahu, suka pake make up tebel, dan alisnya ky naik gitu, gw sm tmen2 gw suka manggil dia “mba2 alis KD” (krisdayanti) hehe.. gw si cm bermasalah sm dia, kl sm penjaga yg cowo engga, tp tmen2 gw yg bawa mbl yg lain pd bilang mau yg cw atau cowo sama aja…

    @mona : iyaaa stlh gw tau kl pemasukan diitung dr karcis kuning jg gw br sadar itu korup, dan gw gw jg udh ngirim email ke Pak Dadang, doakan semoga berhasil ya!

    terimakasih utk merespon πŸ™‚

    Reply
  15. wah, ternyata ini bukan cuma gw doank yg mrasa.

    anu, saya nasibnya agak beda, saya seringkali bawa mobil truk mini(pickup/bak terbuka) dan itu ga dikasih tiket parkir yg ada logo BNInya…yaa….tiket biasa yg dikasih kalo nyetir mobil biasa(bukan pickup).

    itu gmn ya?
    apakah memang begitu regulasinya?
    yg saya ingin tanyakan, apa emang kalo bawa mobil pickup itu ga dianggap sebagai aset bergerak yg bisa hilang dan tetap berharga ya?
    kan fungsi tiket parkir itu juga sbagai alat bukti masuk dan pengaman mobilnya. (kalo ilang harus tunjukin STNK dan KTP ato nitip 50rb…tebus blakangan).

    sepengalaman saya bawa pickup cuma dikasih kertas kuning(entah disebutnya apa…tanda masuk bukan??). nah, itu berarti ga aman donk?

    itu mobil kantor dan kadang saya pake juga ke kampus kalo abis nganter2 barang ato sebelum dipake. yaa…fungsi juga sih kalo ada acara kampus..hehe.

    ditunggu respon kawan2 dan admin anakUI.com ye…:D

    Reply
  16. Oh, mbak2 yang jaga karcis berambut pendek itu namanya mbak novi. Dia kalo sabtu minggu kerja di pizza hut.
    Malahan di kaskus ada yang naksir sma mba novi
    :ngakak

    Reply
  17. @kaskuser : oya? pantesan temen gw pernah cerita, kl temennya pernah bilang mba2nya itu “hai cantik” trs ktnya dia dikasi masuk gratis.. hahaha *ga tau ini bener apa boongan*

    @anak ui : wah gw ga tau ya namanya siapa, ga sempet nanya, soalnya udh kesel duluan kmrn, hehehe

    terimakasih utk merespon πŸ™‚

    Reply
  18. Kalo adiiaa rambut nya pendek apa panjang?
    Ahaha
    klo gw sih lebih penasaran ama yg bkin tulisan ini, wahaha piss
    *genit

    klo mmg byk keluhan lsg dsampaikan ajah ke Pak Dadan, (dosen gw tuh) ahaha

    Reply
  19. @buL : haha, iya..pak Dadang udh tanggepin email gw kok tadi siang, waw..emg dia mencakup dosen juga ya? fakultas apa? πŸ™‚

    Reply
  20. Saya pakenya sistem stiker mobil yg bayar per 6bulan. Itu mbak2nya dilaporin apa, bukan u/tuduhan korupsi,tp perbuatan tidak menyenangkan…

    Reply
  21. mm…. pernah satu kali saya naik mobil bersama teman.. dia anak Bandung, mau mampir k MUI.. waktu itu saya lupa kasih tau karcis masuk ui 2000 rupiah..

    waktu itu dia pinjam 5000 rupiah.. karena saya ngantuk, saya gak meratiin.. eh waktu sampai d MUI, saya tagih uang kembalinya.. trus dia bilang, Ndra, kampus ente mahal banget masuknya… bayar 5000, padahal di ITB 2000…

    Nah loh, kan saya bingung… waktu saya ngobrol, teman saya di kasih tahu penjaganya bayar masuk 5000 mas… gitu kata mba penjaganya…

    astaghfirullah… itu sengaja apa gak ya penjaganya???

    Reply
  22. @adiiaa : bukan Pak Dadan(g) tapi Pak Dadan.

    dosen Mata Kuliah Safety di Dept. K3 FKM UI.. itu makanya dia getol bgt ama keselamatan di UI.. ampe2 tim nya membuat program filterisasi untuk motor..

    biar kampus kita aman, terhindar dr kecelakaan..
    apalagi klo yg kecelakaan malahan org luar UI, ehhh yang disuru jamin asuransi malah UI.

    *Tertarik dengan ilmu kesehatan & keselamatan kerja??
    visit out site :->
    forumkatiga2007.blogspot.com
    http://www.ohscfkmui.org

    Reply
  23. @BuL : waa..maksud gw Pak Dadan, hehe..itu gw salah nulis jadinya pak Dadang..
    iyaa..dia udh bales email gw kok, dan ternyata dia jg mantau perkembangan tulisan gw ini..hehe..wah, hebat ya Pak Dadan mencakup dosen jg..
    btw, makasi ya utk infonya.. πŸ™‚

    Reply
  24. @hafidz2011 : wah..ada lagi tuh kasus ky gt? prasaan selama gw kuliah si ga pernah disuru bayar smp 5000, buset..parah jg ya kl gt..lain kali kl gt lagi laporin juga aja ke Pak Dadan di dadan@ui.ac.id
    terimakasih utk merespon πŸ™‚

    Reply
  25. @35 :

    wahhhahhhha klo di dalem pager kuning “kita” temenan..
    klo di luar pager kuning baru status gw pacaran..

    anakui.com kan lingkupnya masih didalem pager kuning.. jadi gw “single”

    ahahhhahhha…. πŸ™‚

    Reply
  26. wah..2.. ternyata.. kasus seperti ini perlu segera di telusuri nie..
    kasian orang2 yang tidak tahu tuch..

    oiya, minta di klarifikasi aja am thu mbak,
    bilang aja gni ” mbak, dah bosen kerja di ui? ”
    klo masih mau jaga kepercayaan kami donk.. hehe

    Reply
  27. gimana nih perkembangannya?? udah ada yang ngelapor??

    atao minta tolong si buL aje… kan dy mahasiswanya tuh… dan minta Pak Dadan baca juga tulisan ini, biar beliau tau korbannya juga udah banyak… gak cuma 1-2 orang aja… ini yang ketahuan loh ya, gimana dengan pengendara2 yang lain ya??

    Reply
  28. @ramadoni : udah om Don,, ama yg posting udh di email, katanya juga udah di bales ama yg berwajib.. tp gak tau isi balesannya apa.. heiehiheihhe

    see comment number @28 & @33

    Reply
  29. @coratcoret.net : hahaha, gw udh lama ga liat tu mba2 jaga gerbatama pagi2, kmrn gw sempet liat dia digerbatama sore2 gt pas gw keluar gerbang..tp sygnya ga ktmu..

    @ramadoni : udh kok, gw udh kirim email dan pak Dadan jg mantau perkembangan tulisan ini, hehehe..

    @buL : balasannya cukup suportif kok, semoga aja kasus ini ga panjang ya..hehehe

    trimakasih utk merespon kawan2! pokoknya jangan lupakan karcis kuning ya, kecil2 bermakna lho!! hehehe πŸ™‚

    Reply
  30. @anak ui : ternyata bener namanya misdiarti, bahkan yg mengagetkan dia ada di FB, search aja “misdiarti sinjal”
    kemaren gw liat rambutnya udh panjang, mungkin dia tau kali ya diomongin disini, hehehe…
    kmrn kan gw lewat gerbatama, trs kebetulan mba misdiarti yg lg jaga, trs gw iseng nengok ke mukanya, eeh tatapannya tajem bgt, sampe takut diterkam gw, dia so pasti udh afal gw dan mobil gw, hehehe…

    yah..klo tu emba ga korup kan gw jg ga bakal menceritakan kisah gw ini,hehehe.. jadi mohon maaf ya buat mba misdiarti kalo baca tulisan ini, GBU! btw, apparently we have the same religion..

    Reply

Leave a Comment