Menindaklajuti pertanyaan – pertanyaan seputar kawat gigi yang  dapat dibilang ‘nyasar’ ke post ini maka dibuat post khusus yang diharapkan dapat memuaskan rasa penasaran mengenai kawat gigi 😀

Kawat gigi atau yang juga dikenal sebagai behel atau dalam istilah kedokteran gigi orthodontic appliances (alat ortho) merupakan alat yang digunakan dalam perawatan maloklusi atau kelainan susunan gigi geligi. Alat ortho sendiri terdiri dari beberapa jenis, namun yang dikenal luas adalah alat ortho lepasan dan alat ortho cekat.

Alat ortho lepasan merupakan alat ortho yang dapat dilepas pasang oleh pasien. alat ini terdiri dari kawat dan plat akrilik yang biasanya berwarna merah transparan. Penggunaan alat ortho lepasan adalah untuk kasus – kasus kelainan susunan gigi geligi yang terbilang sederhana. Sederhana atau tidaknya kasus tersebut harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter gigi. Alat ini juga biasa dipakai pasca perawatan alat ortho cekat, yang dikenal sebagai retainer.

advertisement

Keuntungan alat ortho lepasan adalah kebersihan mulut pasien relatif lebih terjaga dan waktu kunjungan (waktu kontrol) lebih singkat dibandingkan dengan perawatan alat ortho cekat. Kekurangannya adalah pasien harus disiplin dalam memakai alat orthonya sehari – hari, karena jika tidak dipakai, maka efeknya akan berkurang atau hilang sama sekali.

Alat ortho cekat adalah alat ortho yang tidak dapat dilepas pasang oleh pasien. terdiri dari kawat, bracket atau logam kecil berbentuk kotak (sekarang tidak hanya dari logam dan bentuknya bervariasi) serta karet. Bracket ditempelkan ke permukaan gigi dengan bahan adesif tertentu sehingga tidak dapat lepas oleh pasien. Karet sendiri berfungsi untuk menyatukan komponen kawat yang merupakan komponen aktif ke bracket. Karet pada alat ortho cekat merupakan daya tarik tersendiri untuk pasien, karena semakin bervariasinya warna dan bentuk sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan pasien.

Alat ortho cekat digunakan pada perawatan kasus kelainan gigi geligi yang cukup rumit sampai ke sangat rumit. Karena alat ortho cekat tidak bisa dilepas, efek yang dihasilkan dalam mengoreksi  kelainan susunan gigi geligi akan lebih konsisten dibandingkan dengan alat ortho lepasan.

advertisement

Sebelum menggunakan alat ortho, baik lepasan maupun cekat, pasien harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi, atau pada kasus tertentu dokter gigi spesialis orthodonsi. Jadi tidak bisa hanya sekedar tertarik dengan kawat gigi yang berwarna – warni. Dalam perawatan orthodontik atau kawat gigi, pasien dapat mengalami rasa sakit, sariawan, dan kegoyangan gigi. Jika dilakukan tanpa pengawasan dokter gigi, maka efek samping tersebut dapat merugikan, sehingga bukan perbaikan susunan gigi geligi dan fungsi pengunyahan, melainkan masalah kesehatan lain yang didapat.

Biaya perawatan orthodontik bervariasi, bergantung kepada kasus kelainan, material yang digunakan, serta keahlian dokter gigi yang merawat. Biaya biasanya akan dibicarakan setelah evaluasi menyeluruh dari kasus pasien. Kisaran harganya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Tertarik menggunakan kawat gigi? berkonsultasilah dengan dokter gigi anda. Because we work, for your smile 🙂

advertisement