Kelebihan Dan Kekurangan 5G Yang Harus Diketahui !

anakui.com – Kelebihan dan Kekurangan 5G , Penasaran dengan teknologi jaringan 5G beserta pro dan kontranya? Apakah Anda khawatir tentang apakah kelebihannya lebih besar daripada kerugiannya? Kami akan mengerti dan menjawab.

Bagaimanapun, standar jaringan seluler broadband 5G untuk telekomunikasi menjadi topik hangat di akhir 2010-an dan awal 2020-an. Ini disambut baik dengan kegembiraan dan kekhawatiran, terutama karena sebagian besar pengguna di negara berkembang masih beralih ke 4G.

Namun, penerapannya telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan istilah tersebut diterapkan ke lebih banyak orang di seluruh dunia. Daftar pro dan kontra 5G kami menunjukkan betapa bermanfaatnya 5G.

Berikut Kelebihan Dan Kekurangan 5G

kelebihan dan kekurangan 5g

Kelebihan Dari 5G

5G perlahan menyebar ke seluruh dunia, dan alasannya adalah keunggulan jaringan seluler 5G.

#1. 5G memiliki kecepatan data yang sangat tinggi.

Jenis jaringan seluler broadband 5G sangat cepat dan mungkin merupakan keuntungan terbesarnya. Kami berharap 5G dapat mengirimkan setidaknya 1 Gbit/dtk data, yang sangat meningkatkan kecepatan internet.

Namun, para ahli berteori bahwa 5G dapat mencapai kecepatan hingga 20 Gbit/dtk (gigabit per detik). Selain itu, beberapa pengujian telah mencapai kecepatan sekitar 7 Gbit/dtk. Namun, kecepatan data rata-rata diharapkan lebih dari 100 Mbit/dtk.

namung kelebihan dan kekuranga 5g Ini masih merupakan perbedaan besar dibandingkan dengan 4G, yang mencapai kecepatan hingga ratusan Mbit/dtk, tetapi beberapa mengklaim dapat mencapai hingga 1 Gbit/dtk.

#2. Latensi rendah.

5G secara drastis mengurangi latensi, waktu antara saat instruksi dikeluarkan dan saat suatu peristiwa terjadi, atau waktu yang dibutuhkan data untuk melakukan perjalanan antara dua titik di jaringan. Latensi secara alami akan bergantung pada cara kerja 5G.

Riset Ericsson menegaskan bahwa 5G memiliki latensi kurang dari 50 md di sebagian besar pengujian gelombang milimeter.

Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa 4G biasanya berada dalam kisaran 30 md hingga 50 md, sementara Kelebihan dan Kekurangan 5G secara teoritis dapat mengurangi angka tersebut dengan faktor 10, dari 3 md menjadi 5 md.

#3. Bandwidth yang lebih luas meningkatkan koneksi bersamaan.

4G memperkenalkan frekuensi 800 MHz dan 2600 MHz untuk mempercepat transmisi data. 5G kemudian meningkatkan bandwidth dengan menambahkan 700 MHz dan 3400 MHz ke frekuensi 3700 MHz dari spektrum frekuensi radio (RF), yang juga dikenal sebagai gelombang milimeter.

Momok ini terbatas pada koneksi point-to-point komunikasi terpandu panjang pendek.

Pengenalan mikrosel 5G dengan daya hingga 1W pada jarak pendek yang digunakan setiap 100 hingga 300 meter akan memungkinkan pengkodean orthogonal frequency division multiplexing (OFDM) yang tidak dimiliki 4G.

Sel bekerja bersama dan dapat menghubungkan ratusan ribu bahkan jutaan perangkat berkat pemotongan jaringan dan bandwidth tinggi. Setiap negara dapat mengamanatkan frekuensi tertentu untuk 5G.

Di Uni Eropa, 5G berkisar dari 24,5 GHz hingga 27,5 GHz, tetapi dapat diperpanjang.

#4. 5G mendukung hiper-konektivitas melalui pemotongan jaringan.

Microcell 5G memiliki fitur yang disebut network slicing yang memungkinkan perangkat diklasifikasikan ke dalam lebih dari 16 kategori dan mengalokasikan sumber daya yang sesuai.

Perangkat yang mengalirkan multimedia atau melakukan tugas penting, misalnya, perlu mendapatkan kecepatan penuh. Namun, perangkat pintar dan perangkat serta sensor Internet of Things (IoT) dibatasi kecepatannya.

Kelebihan dan Kekurangan 5G sehingga Peningkatan bandwidth dan pengoptimalan koneksi dapat mengakhiri masalah pelambatan jaringan yang ditakuti. Namun, 5G tetap menjamin performa optimal untuk setiap perangkat.

#5. Dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Karena kecepatan transmisi sangat cepat, 5G dapat menggantikan banyak teknologi yang kita gunakan setiap hari. Misalnya, generasi kelima dari standar jaringan broadband seluler ini meniadakan kebutuhan untuk memiliki banyak penyimpanan di komputer, TV, atau perangkat seluler karena kecepatan transisi.

Lagi pula, data dapat diunduh dari penyimpanan cloud dalam waktu singkat. Dan karena kecepatan bisa menyamai atau bahkan melebihi serat, jangkauan nirkabel 5G bisa menjadi alternatif, asalkan jaraknya tidak terlalu jauh. Demikian pula, Anda tidak lagi harus membeli komputer dengan CPU, RAM, dan GPU atau menginstal perangkat lunak.

5G dapat menjadikan edge dan cloud computing sebagai opsi yang lebih ramah pengguna, lebih murah, dan lebih cepat dengan terminal. Latensi memungkinkan kendali jarak jauh ultra-cepat ultra-presisi.

Misalnya, sistem transportasi jarak jauh seperti mobil tanpa pengemudi dan mobil tanpa pengemudi bisa menjadi pilihan yang cocok dengan konektivitas 5G yang andal dan banyak sensor. Ini berlaku untuk robot pabrik, proyek realitas virtual, game multipemain, dan bahkan obat-obatan.

Ya, dokter secara teoritis dapat melakukan operasi dari jarak jauh menggunakan instrumen yang tepat. Sistem ini mempromosikan pembelajaran jarak jauh dan pemantauan yang ditingkatkan untuk meningkatkan literasi .

Singkatnya, Kelebihan dan Kekurangan 5G adalah teknologi yang meningkatkan standar hidup.

Kekurangan 5G

Sekarang setelah kita mengetahui beberapa manfaat 5G bagi dunia, mari kita analisis beberapa kelemahan jaringan 5G.

#1. Peluncuran 5G lambat.

Sementara potensi Kelebihan dan Kekurangan 5G sangat bagus di atas kertas, teknologinya belum tersedia secara global. Beberapa negara mengadopsi teknologi ini lebih cepat, sementara yang lain harus menunggu bertahun-tahun bahkan jika itu sampai di sana.

Juga, implementasi tidak menyiratkan kinerja yang sempurna. Operator jaringan seluler baru akan mengalami kesulitan teknis selama beberapa waktu.

Selain itu, keadaan keuangan mungkin mengharuskan hanya kota besar yang memiliki akses ke 5G. Daerah pedesaan dapat kembali ditunda selama beberapa tahun lagi.

#2. Menara jaringan rentan terhadap gangguan.

Sekali lagi, kemampuan teoretis 5G terlihat luar biasa. Tetapi meskipun mereka mengukur dalam kondisi sempurna, gedung-gedung tinggi dan pepohonan menghalangi jaringan 5G. Oleh karena itu, 5G mungkin tidak layak atau berkinerja buruk di area dengan objek tinggi.

Untuk mencegah hal ini, operator harus menempatkan menara di atas objek tersebut untuk mengecualikan area pedesaan dari jangkauan. Kalau tidak, lebih banyak menara harus dibangun di sekitarnya, yang merupakan kerugian finansial dan estetika.

#3. Perangkat lama tidak kompatibel dengan 5G.

kelemahan dan kekurangan 5g , Kelemahan besar dari 5G adalah ketidakcocokannya dengan perangkat 2G, 3G dan 4G. Jadi, bahkan setelah konektivitas 5G dimungkinkan, pengguna harus mengganti perangkat yang sudah berumur bertahun-tahun untuk mendapatkan manfaatnya.

Ini tidak termasuk populasi rata-rata yang mengadopsi teknologi. Ini juga menyebabkan perangkat 4G segera usang, yang menyebabkan lebih banyak limbah elektronik.

#4. 5G memiliki risiko keamanan.

Pemotongan jaringan memerlukan perangkat lunak dan komponen jaringan untuk memahami data dan mendelegasikan sumber daya. Ini membuka pintu untuk memata-matai data, yang dituduh dilakukan Huawei untuk pemerintah China pada awal 2020, sebelum AS melarangnya.

Peneliti keamanan juga telah mengidentifikasi kelemahan yang mengekspos jaringan 5G terhadap penolakan layanan terdistribusi (DDoS) dan serangan man-in-the-middle (MITM). Sebagai teknologi baru, itu akan terbuka untuk eksploitasi baru. Individu jahat juga dapat memanfaatkan peningkatan bandwidth yang diberikan ke perangkat Internet of Things (IoT) untuk membuat serangan botnet lebih kuat.

#5. 5G dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Risiko kesehatan 5G telah menjadi topik besar dan diekspos berulang kali. Lagi pula, efek yang berpotensi berbahaya dengan cepat berkurang hanya beberapa meter dari menara. Tapi kami tidak tahu dampak jangka panjang dari 5G, terutama karena jumlah menara seluler yang berdekatan meningkat.

Cara 5G dapat memengaruhi kesehatan seharusnya tidak menghalangi implementasi teknologi tanpa bukti. Namun, itu harus dipantau dan dipertahankan pada tingkat yang aman untuk daerah berpenduduk.

Akhir Kata

Artikel diatas membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan 5G , semoga artikel ini dapat membantu , terimakasih.

Leave a Comment