Kenal UI #1: Fakta FKUI, Dari Eksistensi Hingga Segudang Prestasi

Seri Kenal UI #1 kali ini akan membahas seputar Fakultas Kedokteran UI (FKUI), mulai dari eksistensi hingga segudang prestasinya.


0

Bagi anak SMA yang ingin jadi dokter, salah satu kampus yang menjadi impian mereka untuk belajar tentang kedokteran adalah Fakultas Kedokteran UI (FKUI). FKUI memang dikenal sebagai fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, mulai dari tingkat sarjana sampai spesialis.

Nah, buat kamu yang tertarik masuk FKUI, seri pertama dari KenalUI ini akan membahas hal-hal yang berkaitan tentang FKUI, mulai dari informasi umum sampai fakta unik dan menarik yang wajib kamu ketahui. Let’s, check it out!

Berawal dari Zaman Kolonial

fakta fkui
Foto: Bkusmono via Wikipedia

Saat belajar sejarah di bangku sekolah, apakah kamu pernah mengetahui atau membaca mengenai STOVIA (School tot Opleiding voor Indische Artsen)? STOVIA merupakan sekolah pendidikan kedokteran untuk pribumi di Batavia (kini Jakarta). Sekolah yang didirikan oleh Belanda pada tahun 1898 ini disebut sebagai cikal bakal FKUI.

Puncak perjalanan pendidikan kedokteran di Indonesia terjadi saat pendidikan kedokteran ditetapkan sebagai pendidikan tinggi pada 9 Agustus 1927 dengan nama Geneeskundige Hooge School (GHS). Lalu, pada 29 April 1943 atau saat masa pendudukan Jepang, pemerintahan Jepang memberikan sekolah kedokteran bernama Ika Daigaku sebagai hadiah untuk Indonesia.

Ketika Jepang menyerah pada sekutu dan Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, pada Februari 1946 sekolah tersebut berganti nama menjadi Perguruan Tinggi Kedokteran Republik Indonesia. Namun, ketika Belanda kembali menginvasi Indonesia pada 1947, Belanda mengadakan pendidikan kedokteran sendiri dengan nama Genesskundige Faculteit, Nood-Universiteit van Indonesie.

Hingga akhirnya, saat Belanda menyerahkan kedaulatan pada Indonesia, Perguruan Tinggi Kedokteran Republik Indonesia dan Genesskundige Faculteit, Nood-Universiteit van Indonesie menyatu dan berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Momen tersebut terjadi pada 2 Februari 1950.

BACA JUGA: FK UI Cari Terobosan Baru Pengobatan COVID-19 lewat Uji Klinis Global

Meraih Rekor MURI

fakta fkui
Foto: Humas FKUI

Dalam dua tahun terakhir, FKUI berhasil memborong berbagai Rekor MURI. Pada Desember 2020, FKUI meraih rekor MURI karena berhasil mencetak rekor penambahan guru besar terbanyak dalam satu tahun. Lalu, pada Februari 2021, FKUI kembali meraih rekor MURI setelah mengadakan Lomba Tumpeng Pertama dari Rangkaian Alat Kesehatan.

Rekor terbaru yang diraih oleh fakultas makara hijau ini didapatkan pada September 2021. Sepanjang pandemi, FKUI telah menghasilan 355 episode talkshow di RRI Pro 3 FM siaran nasional. Siaran tersebut telah didengarkan lebih dari 10 ribu orang di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Cetak MURI, FK UI Hasilkan Guru Besar Terbanyak dalam Satu Tahun

Gedung FKUI Salemba Menjadi Cagar Budaya

fakta fkui
Foto: Wikipedia

Tahukah kamu, gedung FKUI yang berada di Salemba ditetapkan sebagai cagar budaya yang dilindungi, loh! Hal tersebut mengacu pada SK Menteri No PM 13/PW.007/MPK/05.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1916 sampai 1920 tersebut bergaya arsitektur Eropa dan dahulu digunakan sebagai pengganti sekolah kedokteran STOVIA. Sampai saat ini, bangunan tersebut masih berdiri dan berfungsi dengan baik

Memiliki Prodi Kedokteran Penerbangan

fakta fkui
Ilustrasi penerbangan. Foto: Pixabay

FKUI memiliki prodi kedokteran penerbangan yang merupakan satu-satunya di Asia dan hanya terdapat lima di dunia. Prodi yang merupakan program spesialis tersebut didirikan pada tahun 2010 dan dan telah mencetak kurang lebih 64 dokter spesialis penerbangan hingga tahun 2020.           

Beberapa mata kuliah dalam prodi kedokteran penerbangan yaitu Aerofisiologi, Higiene Penerbangan dan Antariksa, dan Transportasi dan Evakuasi Medik Penerbangan. Salah satu kompetensi utama yang harus dikuasai adalah Evakuasi Medik Udara pada pasien yang membutuhkan fasilitas pelayanan kesehatan dengan menggunakan transportasi udara.

Memenangkan Gelar Mahasiswa Berprestasi (Mapres) UI Tahun Ini

fakta fkui
Foto: BO Economica UI

Tahun ini, FK UI berjaya pada acara Apresiasi Prestasi Mahasiswa Program Pendidikan Vokasi dan Sarjana UI 2021 yang diadakan bulan Juni lalu. Ayers Gilberth Ivano Kalaij, mahasiswa FK UI 2018, berhasil meraih gelar Mapres Utama Jenjang Sarjana UI 2021. Selain itu, Ayers juga memenangkan kategori Rumpun Ilmu Kesehatan terbaik dan kategori capaian unggulan dan CV terbaik.

Dengan kemenangannya itu, Ayers akan membawa nama besar UI di ajang Pemilihan Mahasiswa Beprestasi (Pilmapres) Nasional yang diadakan pada Mei sampai September 2021.

Nah, itu tadi enam fakta unik dari FKUI. Menarik, kan?

Tidak hanya eksistensinya yang sudah diakui secara internasional, FKUI juga punya segudang prestasi yang pastinya berpengaruh pada kualitas pendidikannya.

Buat kamu yang ingin masuk FKUI, kami tunggu kehadiranmu, ya!

BACA JUGA: 7 Hal yang Kamu Mungkin Nggak Tau dari Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply