Inilah 7 Kesalahan Resume yang Tidak Disadari

AnakUI.comKesalahan Resume yang Tidak Disadari : Saat melamar pekerjaan, Resume menjadi salah satu bagian terpenting. Apakah mereka menyadarinya atau tidak, resume seringkali menjadi salah satu penentu utama bagi seseorang apakah mereka akan diterima untuk suatu pekerjaan atau apakah mereka harus mencari perusahaan lain dan pekerjaan lain.

Mungkin, resume berisi informasi tentang identitas dan pengalaman kerja serta beberapa hal penting lainnya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa sebagian besar bos di sebuah perusahaan hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk membaca resume seseorang dan dapat segera menentukan apakah orang tersebut layak diterima atau perlu bersabar terlebih dahulu.

Kesalahan Resume yang Tidak Disadari

Kesalahan Resume yang Tidak Disadari bahwa anda telah bekerja lama dan keras pada resume Anda hanya untuk menemukan bahwa itu tidak mendapatkan tanggapan yang Anda harapkan, itu mungkin karena Anda telah membuat satu atau lebih kesalahan umum.

Kesalahan Resume yang Tidak Disadari

Sepanjang karier saya, saya telah melihat puluhan ribu resume dan saya telah melihat hampir setiap kesalahan yang dapat Anda bayangkan. Tetapi beberapa lebih umum daripada yang lain. Jika resume Anda tidak berfungsi untuk Anda, periksa apakah Anda telah membuat kesalahan yang sering terlihat ini? Simak Penjelasan 7 Kesalahan Resume yang Mungkin Tidak Disadari:

1. Tidak Memperdulikan Pekerjaan

Pikirkan resume sebagai iklan untuk suatu produk, hanya “produk” itu adalah Anda. Sama seperti iklan lainnya, positioning adalah segalanya. Orang yang menerima resume Anda akan memindainya dengan cepat – mungkin tidak lebih dari 20 detik – untuk menentukan apakah Anda dapat membantu perusahaannya. Tugas Anda adalah mengatakan dengan cepat, jelas, dan lantang bahwa Anda bisa!

Jangan hanya meluncurkan kronologi sejarah karir Anda. Alih-alih, tentukan posisi Anda sendiri dengan mengeja pesan Anda di awal resume dan berikan versi acara Anda kepada pembaca di muka. Untuk alasan ini, Anda harus menggunakan 1/3 pertama dari resume Anda untuk membuat profil pribadi yang menarik yang menonjolkan kekuatan utama Anda dalam format yang menarik dan mudah dibaca.

2. Dimulai dengan Tujuan Tertentu

Nomor 2 Kesalahan Resume yang Tidak Disadari adalahJangan mulai dengan tujuan. Perekrut dan manajer perekrutan tidak menyukai mereka karena mereka berfokus pada kebutuhan pencari kerja daripada kebutuhan pemberi kerja potensial. Pertimbangkan pernyataan objektif ini:

“Mencari posisi insinyur perangkat lunak dengan pemberi kerja yang progresif di mana saya dapat berkontribusi pada pengembangan teknologi baru dan bekerja dengan orang-orang yang cerdas dan berkomitmen.”

Ini mungkin sangat jujur tetapi tidak relevan bagi pembaca, yang tidak peduli dengan apa yang Anda inginkan dan hanya peduli dengan apa yang Anda tawarkan. Alih-alih tujuan, coba gunakan pernyataan pemosisian yang menjelaskan dengan jelas dan ringkas apa yang Anda tawarkan.

“Insinyur Perangkat Lunak Senior dengan pengalaman 10 tahun mengembangkan teknologi terdepan.”

Kini pembaca dapat langsung melihat nilai Anda bagi perusahaan. (Untuk dampak yang lebih besar, sesuaikan pernyataan ini untuk setiap posisi sehingga pembaca segera melihat kecocokan antara kebutuhannya dan keahlian Anda.)

3. Berfokus Pada Hasil

Kesalahan Resume yang Tidak Disadari selanjutnya adalah tanpa menunjukkan hasil apa yang Anda capai. Sebagian besar pemberi kerja sudah tahu apa tanggung jawab utama pekerjaan Anda. Mereka ingin tahu apa yang membuat Anda berbeda dari semua pelamar lainnya.

Resume yang efektif merangkum tanggung jawab pekerjaan dalam beberapa kalimat dan kemudian memberikan rincian pencapaian yang dapat diukur.

4. Tidak Spesifik

Anda harus menempatkan pencapaian Anda dalam konteks dengan memberikan spesifik. Misalnya, jangan mengatakan sesuatu yang tidak jelas seperti “berkontribusi pada desain produk”. Ini tidak memberi tahu majikan apa pun tentang kontribusi Anda yang sebenarnya. Sebaliknya spesifik tentang apa yang Anda lakukan:

“Melakukan analisis pasar untuk (nama produk) untuk menentukan desain dan mekanik. Menyebabkan perubahan pada spesifikasi desain asli. Menerima pujian kritis dan terjual lebih dari 4 juta unit.”

Lihat bagaimana menjadi spesifik membuat perbedaan? Tingkat detail ini menunjukkan kepada pembaca kontribusi yang telah Anda buat di masa lalu dan oleh karena itu kontribusi yang dapat Anda harapkan untuk diberikan di masa depan.

5. Desain dan Tata Letak yang Buruk

Setidaknya 50% dari dampak resume Anda berasal dari desain. Desain resume yang kuat akan menarik perhatian melalui dokumen, membuatnya mudah untuk terus membaca dan akan menyoroti kekuatan utama Anda dengan jelas. Tetapi jika resume Anda ditata dengan buruk, tidak teratur atau sulit dibaca, itu akan dibuang sebelum pembaca tahu seberapa berkualitas Anda.

Untuk melihat contoh desain yang bagus, lihat contoh resume kami. Luangkan waktu untuk memahami bagaimana halaman telah ditata dan kemudian terapkan apa yang telah Anda pelajari ke resume Anda.

6. Terlalu Berbelit-belit

Pikirkan resume Anda sebagai brosur, bukan katalog produk. Itu tidak harus menceritakan seluruh kisah Anda – hanya bagian-bagian yang akan membantu Anda menemukan posisi Anda berikutnya. Jadi selektiflah tentang apa yang harus dimasukkan.

Jangan menyebutkan pengalaman dan pencapaian yang tidak ada hubungannya dengan tujuan karir Anda. Jangan sertakan keterampilan usang atau pengetahuan komputer.

Hindari juga memasukkan informasi pribadi. Jangan merinci status perkawinan Anda, usia atau jumlah anak yang Anda miliki. Jangan menyebutkan afiliasi non-profesional seperti pekerjaan sukarela politik atau agama kecuali jika itu secara langsung berkaitan dengan posisi yang Anda lamar.

Informasi seperti ini berisiko mematikan pembaca. Betapapun bangganya Anda atas pencapaian pribadi, Anda tidak boleh mengambil risiko mengasingkan seseorang bahkan sebelum Anda menginjakkan kaki di pintu.

7. Tidak Memiliki Fokus yang Jelas

Ini sangat penting. Anda tidak dapat menarik audiens target sampai Anda tahu siapa audiens itu. Anda harus menentukan jenis posisi yang Anda cari dan mengidentifikasi apa yang penting bagi manajer perekrutan yang mengisi peran tersebut.

Jika Anda memiliki beberapa tujuan karir yang berbeda, buat beberapa resume yang berbeda, masing-masing ditargetkan dengan hati-hati untuk menarik bagi pemberi kerja di bidang itu.

Jika Anda mencoba menarik audiens yang sangat beragam dengan satu resume, Anda tidak akan menarik bagi mereka.

Kesimpulan

Ketika Anda mengirim resume Anda, itu harus berbicara dengan jelas untuk Anda. Anda tidak dapat menjelaskan inkonsistensi, menjernihkan kebingungan atau mengisi hal-hal yang hilang. Resume Anda harus membuat promosi penjualan Anda dengan cara yang jelas dan menarik dalam waktu 20 detik. Investasikan waktu untuk membuatnya luar biasa dan Anda akan melihat peningkatan langsung dalam tingkat respons.

Itulah tadi pembahasan kita tentang Kesalahan Resume yang Tidak Disadari, Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA