Hampir setiap orang di dunia ini pernah punya atau kalo tidak bersilewaran dipikirannya yang namanya ide kreatif. Hal ini sangat wajar dan lumrah karena pada dasarnya manusia mempunyai harapan dan angan tuk berbuat sesuatu atau menghasilkan sesuatu baik untuk dirinya maupun untuk orang lain. Nah pertanyaan bagaimana jika ide kreatif tersebut tidak diiringi keahlian untuk mewujudkan dan menciptakannya ?

Untuk dapat mewujudkan ide kreatif kita sebenarnya ga harus dengan keahlian dan kemampuan sendiri, cara paling gampangnya adalah temukan rekan yang mempunyai keahlian dan se visi dengan ide kreatif kita tersebut. Salah satu contohnya adalah hal yang saya lakukan dalam beberapa minggu ini.

Beberapa minggu ini saya jadi penggiat jual-beli emas khususnya logam mulia antam untuk itu setiap hari perlu memperhatikan pergerakan harga emas. Cara termudah untuk selalu update info mengenai harga emas tersebut ialah dengan melihatnya melalui mobile device (hape), nah karena hape yang saya miliki berbasis sistem operasi Windows Phone 7 jadi kepikiran deh untuk punya aplikasi info harga emas yang bisa digunakan di hape tersebut.

advertisement

Tapi saya ga terlalu bisa cara ngebuat aplikasi berbasis WP7, karena dah lebih dari 1 tahun ngga ngoding dan WP7 termasuk sistem operasi yang termasuk baru. Untuk mewujudkan ide tersebut saya kepikiran tuk minta bantuan sama kawan2 di Microsoft Student Partner Indonesia , dan akhirnya bekerjasama menciptakan aplikasi info harga emas dengan salah satu MSP Indonesia di IPB Bogor yakni Aly Sangadji .

Adapun info harga emas tersebut saya ambil dari website Sentra Mulia , salah satu distributor Emas Logam Mulia Antam di Cibubur. Selain fitur harga emas, terdapat pula fitur lainnya seperti Simulasi Cicilan Emas dan berita mengenai emas di dunia. Berikut ini adalah screenshoot dari aplikasi mobile info harga emas ini :

Harga Hari Ini

Harga Hari Ini

Simulasi Cicilan Emas

Simulasi Cicilan Emas

Selain aplikasi untuk WP7 ini, saya juga kepikiran untuk membuat aplikasi ini untuk desktop, blackberry dan android (ada yang mau bantu ? 🙂 ) agar pengguna smartphone berbasis sistem operasi tersebut dapat secara mudah mendapatkan informasi harga emas dan aplikasi lainnya yang idenya numpuk di kepala 🙂 .

advertisement

Ow iya selain aplikasi ini, sebelumnya saya bersama rekan-rekan Si Mantri dan Pedjoang berhasil mempertemukan ide kreatif dan keahlian yang berhasil menghantarkan kami ke final Imagine Cup di Mesir dan Polandia, informasi lengkapnya bisa dilihat disini . Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambahkan keyakinan kita semua untuk mewujudkan ide kreatif yang berseliweran di kepala..hehe



advertisement