KhanAcademy.com dan Coursera.com: 2 Situs untuk Tambah Wawasan Kamu Sebagai Mahasiswa

Kuliah atau nambah wawasan gak cuma di kampus aja. Kamu juga bisa tambah skill lewat 2 situs kuliah online ini. Yuk, simak dan bagikan ke teman-temanmu!


0
Lewat kuliah online, kamu bisa fokus meningkatkan skill-setnya tanpa harus mengunjungi kelas-kelas perkuliahan tertentu via coursetalk

Kuliah adalah proses pembelajaran tingkat lanjut di mana seseorang telah menentukan pilihan jurusan. Biasanya dalam pemilihan jurusan dilakukan berbagai pertimbangan, salah satunya minat dan bakat. Untuk memulai kuliah, pengorbanannya tidak sedikit. Mulai dari menghabiskan banyak waktu, biaya, tenaga, bahkan perasaan! Tapi, apakah kuliah harus selalu di kampus?

Apa benar kalau kuliah hanya di kampus aja? via commdept.fisip
Apa benar kalau kuliah hanya di kampus aja? via commdept.fisip

Kuliah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti “pelajaran yang diberikan” atau “ceramah”. Namun, istilah “kuliah” sering dipahami sebagai kegiatan belajar-mengajar di jenjang pendidikan tinggi. Mungkin, memang karena istilah tersebut sering digunakan di lingkungan civitas akademika. Namun, memahami arti penting kuliah, sama halnya dengan memahami tujuan kamu atas pertanyaan “Ngapain kamu kuliah?”

Jawabannya mungkin bisa bervariasi, mulai dari mencari gelar sarjana untuk kepentingan mencari pekerjaan yang lebih layak atau mungkin memang karena ingin belajar saja, bahkan tanpa ijazah pun masih mau ikut kuliah. Meski demikian, terlepas dari segala tujuan berkuliah, ada satu hal yang bisa kita sepakati bahwa dari perkuliahan kita memiliki satu kemampuan yang tak akan bisa dimiliki oleh mereka yang tidak mengikuti perkuliahan, ya, ia adalah pembentukan pola pikir.

BACA JUGA: 5 Kursus Online untuk Menambah Skill Kamu di Dunia Kerja

Jika diperhatikan cara bersosialisasi orang yang kuliah dengan yang tidak, metoda berpikir, menganalisa dan memahami suatu subjek akan sangat terlihat berbeda bagi mereka yang biasa mengikuti kuliah dan mereka yang tidak. Lingkungan dan materi yang dibentuk di area perkuliahan pun mendukung terbentuknya karakter seseorang. Apalagi jika kamu turut aktif dalam kegiatan berorganisasi dan berkomunitas di lingkungan kampus.

Namun, tahukah kamu? Di lingkungan kampus, pastilah kita pernah bertemu dengan salah seorang teman kamu yang kadang pengetahuannya gak kamu sangka-sangka. Padahal mungkin bacaannya sama, cuma kok kayaknya pengetahuan si dia bisa lebih luas? Selain membaca buku, ada banyak alternatif untuk menambah pengetahuan perkuliahan kita. Bisa dengan membaca koran atau mengikuti berita-berita nasional atau internasional, atau bisa juga dengan mengikutin kuliah online lewat Coursera atau Khan Academy.

Tambah Wawasan dengan Kuliah Online

Lewat kuliah online, kamu bisa fokus meningkatkan skill-setnya tanpa harus mengunjungi kelas-kelas perkuliahan tertentu via coursetalk
Lewat kuliah online, kamu bisa fokus meningkatkan skill-setnya tanpa harus mengunjungi kelas-kelas perkuliahan tertentu via coursetalk

Khan Academy adalah organisasi pendidikan non-profit yang didirikan pada 2006 oleh Salman Khan, lulusan MIT dan Harvard Business School. KhanAcademy.com menyediakan koleksi kuliah online gratis dari sekitar 3200 kuliah mikro via tutorial video yang tersimpan menggunakan video platform, seperti YouTube atau Vimeo. Sedangkan Coursera, adalah platform kuliah online yang dibangun oleh komunitas di seluruh dunia.

Melalui situs-situs seperti KhanAcademy.com atau Coursera.com kamu pun bisa menambah wawasan kamu di luar kuliah kamu di kampus. Kuliah online bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, selama kamu mengikuti prosesnya dengan komitmen bahwa kamu ingin terus menambah wawasan.

Konsep online learning seperti Coursera sebenernya sudah dimulai sejak tahun 2010 hingga 2011 lalu. Dimana platform online ini ditujukan bagi mereka yang ingin menambah wawasan namun memiliki keterbatasan waktu untuk menghadiri kelas fisik.

Dengan demikian seseorang bisa fokus meningkatkan skill-setnya tanpa harus mengunjungi kelas-kelas perkuliahan tertentu di lokasi yang memakan waktu perkuliahan formalnya.

Yang membedakan fasilitas kuliah online dengan kuliah formal pada umumnya, salah satunya adalah perkembangan potensi dirimu dimonitor dan diukur dan dijalani oleh diri kamu sendiri. Dimana jika kamu benar-benar ingin menambah wawasan, kamu harus memahami materi video, textbook interaktif, kuis interaktif, dan beberapa project task yang bilamana kamu selesaikan dengan baik dapat memberikan poin tersendiri.

In the end, kamu bahkan bisa memperoleh sertifikasi tertentu atas skill-set atau pengetahuan tertentu yang kamu pelajari. Dimana sertifikasi itu pun dapat menjadi aset edukasi kamu yang tentunya akan sangat berpengaruh terhadap pembangunan karier kamu di masa mendatang.

So, jika kamu gak mau kalah bersaing, gak ada salahnya buat nyobain online learning sebagai kuliah tambahan. Dengan wawasan yang lebih luas, tentunya kita akan lebih percaya diri untuk berdiskusi dengan dosen atau bahkan kawan sesama mahasiswa lainnya.

Tertarik untuk mencoba? Yuk, bagikan informasi ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu sekarang!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply