Kompetisi Ekonomi (KOMPeK) 13th “Awakening the Tourism Economy”

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, sebagai fakultas ekonomi tertua dan terbaik di Indonesia, memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi secara aktif dalam pemecahan permasalahan bangsa. Hal itu tertuang dalam Visi FEUI yang menjadi acuan pada periode 2005 – 2009, yaitu “Terwujudnya knowledge society FEUI yang berwawasan internasional, peka terhadap kebutuhan bangsa, serta mengedepankan prinsip good governance”.

Bentuk kepekaan terhadap kebutuhan bangsa tersebut bisa ditandai dengan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang edukatif, yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagai contoh nyata adalah penyelenggaraan Kompetisi Ekonomi (KOMPeK) bagi siswa-siswi SMA/SMK seluruh Indonesia.

KOMPeK merupakan acara rutin yang diadakan oleh FEUI setiap tahunnya, dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketigabelas kalinya. Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan KOMPeK ini menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik , tercermin dari banyaknya inovasi lomba serta tingginya minat peserta seluruh Indonesia.

Mengambil tema ”Awakening the Tourism Economy”,  KOMPeK kali ini terdiri dari empat bidang lomba, yakni Economics Quiz, Economics Debate Competition, Business Challenge, dan Economics Research Paper.

Tema Tourism Economy ini diangkat karena Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu komponen penting dalam memajukan perekonomian Indonesia. Potensi pariwisata sebagai penggerak ekonomi tak hanya terbatas pada perannya sebagai sumber devisa negara melainkan juga sebagai penggerak pembangunan di kawasan-kawasan wisata dan sekitarnya.

Pada tahun 2007 misalnya, pariwisata menyumbang nilai produksi  sebesar Rp 362,10 triliun, yang berarti 4,62 persen dari total produksi nasional Rp 7.840,57 trilliun. Selain itu, jika dilihat dari sisi pembangunan daerah, kawasan-kawasan yang berpotensi menjadi daerah pariwisata akan menarik kedatangan investor dalam bentuk investasi jika disediakan infrastruktur yang memadai.

Selain itu, KOMPeK 13 juga didukung oleh supporting events seperti KOMPeK Gathering, KOMPeK Journey, talkshow, training, faculty presentation, dan Tour Around FE. Dengan adanya event-event ini diharapkan peserta dan para pendampingnya mendapatkan pengetahuan baru di bidang ekonomi.

Setelah lebih dari  satu dekade  diadakan, antusiasme dari para peserta dan juga masyarakat membuat KOMPeK menjadi kompetisi nasional taraf SMA/ SMK yang terprestise dan terbaik dibandingkan kompetisi-kompetisi sejenis.

KOMPeK 13 akan dilaksanakan pada tanggal 7, 8, 9, dan 10 Februari 2011. Pada tanggal 7 Februari, para peserta akan diajak ke TMII untuk melihat sebagian kecil keindahan dan pariwisata dilanjutkan dengan talkshow di Kementerian Budaya dan Pariwisata bersama Bapak Jero Wacik, Bapak Dorodjatun Kuntjoro (dalam tahap konfirmasi), dan Putri Pariwisata 2009; Andara Rainy Ayudini. Selanjutnya, pada tanggal 8,9, dan 10 Februari kompetisi pada keempat cabang lomba pun dimulai.

Ingin mengetahui KOMPeK 13 lebih banyak? Segera kunjungi www.kompekfeui.com untuk informasi selengkapnya.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA