Kosan Kamu Terus Berantakan? Ini Langkah Bersih-bersih yang Harus Kamu Lakuin

Suka duka tinggal di kosan, apartemen, atau asrama sebagai mahasiswa memang gak pernah ada abisnya. Salah satu isu yang sensitif namun sering jadi bahan pembicaraan adalah soal kebersihan.


0
Janji sama diri sendiri kalau kamu bakal bersihin kamar via tildee

Suka duka tinggal di kosan, apartemen, atau asrama sebagai mahasiswa memang gak pernah ada abisnya. Salah satu isu yang sensitif namun sering jadi bahan pembicaraan adalah soal ke-ber-si-han.

Pernah kan ngalamin saat-saat kamu udah capek bersihin kamar kos pagi-pagi, eh pas balik dari kelas kuliah kamarnya kok berandulan lagi? Ternyata eh ternyata, temen kos kamu mampir sepeninggal kamu waktu kamu lagi di kelas. Nah lho.

Well, menyedihkan memang. Namun faktanya, yang namanya temen sekamar kadang bisa jadi BFF, kadang bisa banget jadi musuh bebuyutan paling ngeselin sedunia. Dia bisa jadi orang yang sangat apresiatif terhadap apa yang kamu lakukan terhadap kebersihan dan kerapihan kamarmu, atau bisa juga jadi penghancur harapan-harapan indah yang telah kamu tanam dalam-dalam saat ngebersihin kamar.

BACA JUGA: 7 Hal Penting Jika Kamu Masih Bingung Cari Kosan

Nah, kalau udah kejadian, kamu sama teman kamu bisa berantem dari hal yang sepele lalu lambat laun merembet ke hal-hal besar dan pertengkaran kamu pun akan menjadi semakin rumit.

Atau, bisa juga terjadi case ke dua. Dimana kamu yang jadi penyebab ‘kapal pecah’ di kosan. Saat kamu lagi sendirian di kamar dan besok adalah deadline pengumpulan paper. Kmu pun merasa gak sempat lagi buat beresin kamar, lalu begadang setengah mampus sampe pagi, lalu terbangun dengan tumpukan kertas, buku, pulpen, tas, alat mandi, gunting kuku, cat rambut entah dimana dan gak karu-karuan.

Atau case ke tiga. Dimana kamu gak punya temen sekamar, namun memang kamu punya habbit yang super berantakan, sehingga kalau dirapihin dikit kamu takut lupa mau ngambil sikat gigi entah dimana. Meski demikian, kamu tetap memimpikan memiliki ruang kamar yang bersih, rapi dan nyaman.

So, what can you do?

Ilustrasi kamar kosan yang berantakan via kaskus
Ilustrasi kamar kosan yang berantakan via kaskus

Jika kamu tinggal sekamar dengan temanmu, pastikan dari awal bahwa kamu dan dia memiliki aturan kebersihan dan kerapihan kamar yang jelas. Seperti, sepatu harus diletakkan dimana, buku dimana, alat mandi di mana, dan lainnya.

Jika perlu, kamu buat kesepakatan tertulis dan pampang di dinding. Sekalian sama jadwal piket, sehingga kamu dan dia bisa bergantian merawat kamar dan memiliki rasa tanggung yang sama.

Dengan demikian, jika terjadi ‘kapal pecah’ kamu memiliki bukti otentik dan dasar ‘hukum’ yang jelas sehingga perdebatan antara kamu dan teman sekamarmu gak melebar kemana-mana sampai ngebahas kejadian mantan kamu yang akhirnya jadi mantannya dia. Keep it open, keep it fair.

Nah, kalau terjadi case ke dua, dimana kamu yang bertugas dan gak sempat ngebersihin gegara tugas semalaman, all you need to do is atur waktu kamu saat nyelesaiin tugas. Kasih deadline tambahan agar tugas kamu bisa selesai lebih cepat sehingga kamu bisa merapihkan kembali kamarmu.

Once you done with your paper, cuci muka dan semangatkan dirimu bahwa kamar yang bersih dan nyaman pun dapat membuatmu beristirahat lebih optimal beberapa jam menjelang pengumpulan tugas atau presentasi. Saat terbangun, kamu akan merasa bahwa kamu bangun dengan penuh semangat dan gairah masa muda kejantanan.

Janji sama diri sendiri kalau kamu bakal bersihin kamar via tildee
Janji sama diri sendiri kalau kamu bakal bersihin kamar via tildee

 

Dan untuk case ke tiga, kamu cukup tanamkan mindset dalam pikiranmu bahwa mencari barang-barang yang kamu perlukan tentunya akan jaaaaauuuuh lebih mudah saat semuanya teroganisir dengan baik dan nyaman untuk dilihat dan dinikmati.

Dengan demikian, dengan sendirinya menggerakkan badanmu untuk membersihkan dan mewujudkan cita-citamu untuk memiliki kamar yang bersih nan rapi.

Yang terpenting lagi adalah kamu menikmati prosesnya. Lakukanlah menyapu, ngepel, dan rapi-rapi dengan irama musik yang kamu suka dan buat dirimu happy saat mengerjakannya. Anything you do with passion will make you feel like you don’t work for anything, it’s just get better when we enjoy it.

So take it slow, try and keep it clean as possible as you can. Hidup bersih itu gampang, kok.

Kamu punya pengalaman unik tersendiri terkait kebersihan kamar kosmu? Yuk, ceritakan pengalamanmu lewat comment box di bawah artikel ini. Dan jangan lupa untuk share artikel ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu sekarang.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply