Kualitas Belajarmu Turun Selama Pandemi? Ini 5 Tipsnya!

Banyak yang sepakat pandemi menurunkan kualitas belajar kita. Nah, 5 tips belajar berikut bisa mengembalikan kualitas belajar kamu nih!


0

Pandemi, oh pandemi.

KUALITAS BELAJAR KAMU TURUN SELAMA PANDEMI? INI 5 TIPS BELAJAR SELAMA PANDEMI – Setelah outbreak sekitar setahun yang lalu, semua mahasiswa mau gak mau harus belajar daring. Transisi dari offline learning ke online learning bisa jadi sulit apalagi dibarengi tuntutan harus mampu cepat beradaptasi. Makanya gak heran kalau banyak mahasiswa yang merasa kualitas belajarnya turun semenjak pandemi ini.

Walaupun kondisi sulit begini, kita harus bisa bertindak cerdas dan memutar akal supaya bisa menjaga performa kita. Lantas, apa yang bisa kita lakukan? Simak tips-tips belajar selama pandemi ini yuk!

1. Ciptakan “Kantor” kecilmu!

Sumber: houzz.com

Buatlah batas antara “area bersantai” dengan “area belajar”. Setiap area harus punya aturan, seperti dalam area bersantai tidak boleh melakukan hal apapun terkait belajar dan di area belajar tidak boleh melakukan apapun selain belajar. Hal ini akan membantu kita menyadari apa yang akan kita lakukan dan membantu kita memfokuskan energi saat diperlukan. Ini juga berarti setelah meninggalkan area belajar, kita juga meninggalkan pikiran-pikiran dan stress terkait pelajaran disana. Jadi, kita dapat mengontrol stress akademik kita!

2. Hilangkan distraksi, jangan multitasking!

Sumber: medium.com

Pembunuh produktivitas nomor satu adalah distraksi! Mulai dari pikiran tentang cemilan nanti sore sampai keinginan untuk membuka media sosial, semuanya akan mematikan semangatmu untuk menjadi produktif! Oleh karena itu, tetapkan “jadwal fokus” dimana kamu mengerjakan sesuatu dengan penuh konsentrasi dan membuang jauh-jauh seluruh potensi distraksi. Kamu bisa menyetel gadget kamu ke mode pesawat agar tidak mengganggu!

BACA JUGA: Suka Duka Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Kamu Ngerasain yang Mana?

3. Ciptakan rutinitas fisikmu!

Sumber: LabRoots.com

Pandemi memang membuat kita jadi suka rebahan. Tapi, rebahan yang terlalu lama bisa membuat kita malas dan enggan melakukan hal-hal produktif lain! Bukan berarti rebahan itu dilarang yaa! Hanya saja, kita harus bisa mengaturnya supaya waktu bermalas-malasan dengan waktu belajar tetap seimbang.

Menciptakan rutinitas fisik dapat membantu kita tetap segar dan bersemangat sepanjang hari. Tidak usah muluk-muluk angkat beban kok. Hal sederhana seperti stretching, jalan-jalan muterin kamar, sedikit set jumping jacks, atau joget-joget sambil mendengarkan musik kesukaan juga membantu. Yang penting, bergerak!

4. Makan sehat, tidur cukup.

Sumber: freepik.com

Kamu pasti sering dengar nasihat ini. Mulai dari mama di rumah sampai para pakar kesehatan selalu memberi pesan supaya kita mengonsumsi makanan yang sehat dan mendapatkan tidur yang cukup. Makan dan tidur yang baik adalah bare minimum untuk kesehatan loh!

Fenomena mahasiswa yang tidak mendapatkan tidur cukup dan makan sehat sangat lumrah namun bukan berarti bisa dipakai menjadi pembenaran, ya! Jika merasa harus begadang karena tugas menumpuk, kita bisa ambil sedikit waktu di siang hari untuk beristirahat. Kuncinya adalah manajemen waktu yang baik! Untuk menjaga makanan kita tetap sehat kita dapat memulai dengan mengurangi mengkonsumsi processed food dan junk food. Jika kalian tipe mahasiswa sibuk dengan jadwal yang sangat padat, kalian bisa mencoba katering sehat juga! Jangan lupa sediakan mangkuk buah di dekat kalian agar tidak lupa memakan buah!

5. Gabung grup belajar virtual!

Sumber: dailytarheel.com

Hal yang paling bisa kita syukuri dengan adanya pandemi ini adalah kita bisa belajar bareng dengan orang lain di seluruh dunia loh! Kalau kamu tipe orang yang lebih semangat belajar setelah lihat orang lain belajar, maka sudah waktunya buat kamu reach out komunitas-komunitas belajar di sekitarmu! Atau, kamu juga bisa membuat grup belajarmu sendiri dengan teman terdekat. Beberapa opsi untuk belajar bersama adalah:

  1. Zoom
  2. WeChat
  3. Skype
  4. Facebook Messenger
  5. WhatsApp
  6. Houseparty

Bukan karena kita isolasi mandiri jadi artinya kita sendirian kan? Semua mahasiswa di dunia ini juga mengalami hal yang sama seperti kita kok! Oleh karena itu, opsi ini sangat cocok buat kita agar bisa saling mendukung dalam keterbatasan yang ada.

BACA JUGA: 3 Gaya Belajar yang Bisa Kamu Coba, Kamu yang Mana?

Sumber gambar header: idp.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

0 Comments

Leave a Reply