Kuasai Rasa Laparmu dengan Pola Makan Sehat

anakui.com – Kita tidak punya kendali penuh atas berat badan. Namun membuat perubahan kecil pada cara mengatur atau merencanakan pola makan sehat tentu berdampak baik terhadap kesehatan.

Dari itu, kita susun tips hebat dalam mengatur makan makanan sehat yang tentu berguna bagi anda.
Berbagai menu makanan lezat terpampang dimana-mana, mulai dari etalase toko, papan reklame sampai akses kemudahan transaksi melalui handpone, semuanya memberikan penawaran serba mudah dan instan.
Kita coba makan makanan sehat dan makan secukupnya tapi lingkungan memancing makan makanan padat energi. Pengaruh lingkungan sangat kuat, susah dihindari.

Tapi beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kecil dapat menciptakan perbedaan besar, khususnya pengelolaan makan sehat dan pengelolaan berat badan lebih mudah.

Berikut tips hebat telah kita susun untuk anda:

• Rencanakan dan beli makanan sehat

Usahakan andatidak pergi belanja makanan saat lapar. Cobalah membeli lebih banyak makanan rendah kalori tapi tinggi protein dan serat. Seperti buah, sayuran segar, telur, yogurt, daging segar, biji-bijian, kacang-kacangan, atau lentil.
Dengan membeli sayuran saat musimnya pasti harganya lebih murah, rasanya lebih segar serta tentu membuat perut dan isi dompet anda lebih aman. Jadi mulai berhati-hatilah pada yang anda masukkan ke dalam keranjang belanja.

• Bikin susah mencari, menyiapkan, dan menyantap makanan di rumah

Belajar menghindari makanan siap saji. Belajar menyembunyikan makanan supaya tidak mudah terlihat. Jika membeli makanan berkalori tinggi, taruh di belakang lemari es atau kubu rdi belakang rumah. Belilah makanan yang mendorong anda bekerja untuk memakannya, seperti Jeruk harus dikupas dulu atau kacang harus dikupas satu persatu.
Upaya paling penting adalah tidak menyimpan makanan (di rumah) yang cukup dimasak atau dipanaskan sebelum dimakan, untuk mengurangi kemungkinan ngemil.

• Kepuasan makan di luar bersama teman

Sebelum berangkat, lakukan reservasi tempat dan menu ke pihak restoran supaya lebih nyaman merencanakan menu yang akan dimakan. Kemudian jika anda hadir ke acara sosial, lihat bagaimana cara menyajikan hidangan?, dengan cara itu anda dapat berbagi resep kepada orang lain.
Jika seseorang memperhatikan anda saat menghindari makanan tertentu dan berkomentar, maka jawab bahwa anda hanya sedang mencoba makan makanan yang lebih sehat.
Selalu ingat untuk bersikap baik kepada diri sendiri, sehingga menjadi lebih selektif memilih dan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk anda. Jika anda ingin menikmati makan malam bersama teman, maka makan lebih sedikit di waktu siang atau lakukan aktivitas fisik ekstra, dengan begitu dapat memberi ruang penyangga lebih besar untuk kalori.

• Temukan cara sederhana supaya bisa konsisten

Sedikit aktivitas fisik dapat membuat perbedaan besar. Cara mudah menjadi lebih aktif adalah memasukkan kegiatan fisik ke dalam rutinitas. Misalnya memilih kegiatan yang banyak menggerakkan fisik, seperti memilih tangga dari pada lift. Jika anda harus duduk depan meja sepanjang hari maka pasang alarm untuk sewaktu-waktu anda sedikit lakukan gerakan atau peregangan tubuh, sepearti sekedar ambil air atau pergi ke toilet. Olahraga jangan jadikan beban, cari suatu alasan yang bisa anda sukai sehingga bisa lakukan olahraga dengan senang hati.
Memikirkan orang-orang terdekat anda, seperti keluarga, teman, dan kolega. Mereka semua bisa menjadi sumber dukungan terhadap pola hidup sehat yang anda jalankan dan mungkin juga mendapat manfaat dari perubahan yang akan terjadi pada anda.

Leave a Comment