Laporan Perkembangan Tim Transisi UI


0

Keberadaan tim transisi di UI adalah berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara Rektor-MWA-Mendikbud yang dilaksanakan akhir tahun 2011. Pada saat itu, dua pihak berseteru yang dimediasi oleh Mendikbud menyepakati dibentuknya Tim Transisi yang terdiri dari semua stakeholder yang ada di kampus UI. Tugas yang diamanatkan oleh Mendikbud kepada tim transisi UI adalah: memilih SAU, mengawal pemilihan MWA, mengawal pemilihan Rektor UI. Tim transisi hanya berfokus pada tiga tugas ini.

Tim transisi telah melakukan sosialisasi kerja sebanyak dua kali di dua kampus UI, yakni Depok dan Salemba. Sosialisasi diadakan pada tanggal 16 dan 17 Januari 2012. 16 Januari kampus UI Salemba, 17 Januari kampus UI Depok. Saat sosialiasi tim transisi memaparkan bahwa disepakati UI kembali pada PP 152 tahun 2000, hingga akhir 2013 (usainya masa transisi di UI), dan pemaparan timeline kerja Tim Transisi UI untuk menyelesaikan tiga tugas dari Mendikbud.

Setelah melakukan sosialisasi, tim transisi menyerahkan pada setiap fakultas, melalui Senat Akademik Fakultas (SAF) untuk melakukan pemilihan SAU (kembali). Pada awalnya ada dua organ senat akademik yang ada di UI. Hal ini dipicu karena konflik bentuk hukum, yakni SU bentukan Rektor dan SAU bentukan MWA. Berdasarkan permintaan tim transisi kepada Rektor dan MWA, yang disetujui Mendikbud akhirnya SU dan SAU yang dibentuk masing-masing pihak dibubarkan. Namun, sampai saat ini kabar terakhir SU masih belum menerima pembubarannya.

Tim transisi harus terus berjalan. Kembali berfokus pada tugas yang diamanatkan oleh Mendikbud. Pada tanggal 10 Februari 2012, akhirnya SAF semua fakultas mengirimkan semua anggota SAU yang terpilih dari setiap fakultas. Proses yang terjadi dikembalikan oleh tim transisi kepada setiap fakultas, sehingga masing-masing fakultas memiliki tata cara pemilihan yang bisa jadi berbeda, namun yang ditekankan oleh tim transisi adalah kesepakatan bersama fakultas dalam rambu-rambu sesuai ART UI yang mengacu pada PP 152. Pada tanggal 13 Februari 2012 secara resmi SAU baru dilantik. Setelah SAU resmi dilantik, tugas pertama tim transisi sudah selesai.

Berdasarkan hasil rapat internal SAU, terpilihah Ketua SAU Prof. Kamso ( FKM) dan Sekretarisnya Prof Yulianto (FT). Tim transisi langsung mengundang Prof. Kamso dan Prof. Yulianto pada hari kamis 17 Februari 2012 untuk mendiskusikan tentang pemilihan anggota MWA UI. Berdasarkan pertemuan itu, disepakati untuk pemilihan MWA kembali mengacu pada ART UI yang berdasar pada PP 152. Selain itu, SAU juga harus mengirimkan wakilnya untuk bergabung bersama tim transisi. Dan tim transisi UI mendapatkan laporan, berdasarkan rapat internal SAU, dipilih Prof Ferdinand De Houtman (FISIP) sebagai wakil SAU pada tim transisi.

Tim transisi menyerahkan semua mekanisme pemilihan anggota MWA kepada SAU dengan catatan tim transisi mengawal semua proses yang terjadi. Saat ini dari informasi yang didapatkan dari Ketua dan Sekretaris SAU, MWA UI akan terbentuk di awal April. Kamis pekan ini, SAU akan membahas kriteria calon anggota MWA UI yang akan dipilih. Mengingatkan saja, anggota MWA berjumlah 21 orang, dimana 11 orang unsur SAU, 6 orang unsur masyarakat, 1 unsur karyawan, 1 unsur mahasiswa, 1 rektor, dan 1 orang Mendikbud.

MWA ini nantinya yang akan membentuk panitia pembentukan rektor. Untuk MWA dari unsur SAU akan dirapatkan di internal SAU, unsur masyarakat akan dibentuk pansus dari SAU, unsur karyawan akan melakukan pemilihan sendiri, unsur mahasiswa sudah diwakili oleh Jahidin (FIK 2008), Rektor dan Mendikbud sudah ada orangya.

Sekarang bagaimana kita bisa memastikan bahwa MWA yang terpilih adalah orang-orang terbaik. Bukan kumpulan orang yang penuh kepentingan untuk UI, tapi orang-orang yang benar-benar ingin membangun UI. Unsur masyarakat adalah orang yang benar-benar meningkatkan akuntabilitas dan partisipasi public. Begitu juga dengan unsur lain, harapannya mereka semua adalah elemen yang akan membangun UI ke arah yang lebih baik.

Faldo Maldini – anggota Tim Transisi UI unsur Mahasiswa


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
faldo

0 Comments

Leave a Reply