Review Laptop Acer Swift X Performa Gahar

AnakUI.com – Dari review Laptop Acer Swift X ini mengemas kinerja yang kuat di dalam casing ultraportable dan merupakan pilihan tepat jika Anda mencari laptop ultraportable berperforma tinggi. Di mana sebagian besar ultraportable menghargai efisiensi dan mengandalkan grafis terintegrasi, Laptop Gaming Terbaik dibawah 15 juta ini mengemas GPU Nvidia GeForce RTX 3050 Ti untuk menghadirkan kinerja yang bertenaga. Dengan grafik RTX dan CPU AMD yang bertenaga, Swift X dapat menangani tugas pembuatan konten dan beberapa game, selain tugas kantor dasar yang dibuat untuk sebagian besar ultraportable.

Review Laptop Acer Swift X

Laptop Acer Swift X tidak berhemat pada efisiensi dan menawarkan masa pakai baterai yang cukup meskipun komponennya haus daya. Namun, Anda harus menghubungkan kipas yang sering keras dan keyboard yang hangat, dan kesesuaian serta penyelesaian sistem tidak sebanding dengan ultraportable premium lainnya. Pastikan Anda membutuhkan kecakapan grafis Laptop Acer Swift X sebelum melakukannya, karena mendapatkannya membutuhkan pengorbanan di area lain.

Review Laptop Acer Swift X

Spesifikasi Laptop Acer Swift X

Acer saat ini hanya menjual satu model Swift X, laptop 14 inci berbasis CPU AMD Ryzen 7 5800U dan grafis RTX 3050 Ti, dijual seharga Rp. 15,935,500 Saat ini dijual seharga kurang lebih 15 jutaan di marketplace. Mari kita lihat spesifikasi Laptop Acer Swift X (model SFX14-41G-R1S6) dibawah:

CPU8-core, 16-thread AMD Ryzen 7 5800U
Memory16GB
GraphicsNvidia GeForce RTX 3050 Ti
Storage512GB PCIe NVMe M.2 SSD
Display14-inch, 1920×1080 IPS non-touch
Webcam720p
ConnectivityLeft: 1 x SuperSpeed USB 10Gbps Type-C, 1 x SuperSpeed USB 5Gbps Type-A (with power-off charging), HDMI 2.0. Right: 1 x SuperSpeed USB 5Gbps Type-A, combo audio jack.
NetworkingWi-Fi 6, Bluetooth 5.2
BiometricsFingerprint reader
Battery capacity58.7 Watt-hours
Dimensions12.71 x 8.35 x 0.7 inches
Measured weight3.1 pounds (laptop), 0.9 pounds (AC adapter)

Desain

Review Laptop Acer Swift X menampilkan sasis aluminium tipis yang hadir dalam tiga warna: Steam Blue, Prodigy Pink, dan Safari Gold. Kami mendapatkan model emas, tetapi hanya bagian laptop yang diwarnai: tutupnya, strip sempit di atas keyboard, dan engsel layar. Bagian laptop lainnya berwarna perak, memberikan tampilan dua warna yang memberikan tampilan OEM pada sistem. Bezel layar plastik hitam matte juga merupakan cacat desain.

Sasis aluminium sangat kompak. Ukurannya hampir sama dengan HP Envy 14, laptop 14 inci berperforma tinggi lainnya. Keduanya hanya setebal 0,7 inci, danLaptop Acer Swift X seberat 3,1 pon beberapa ons lebih ringan dari Envy 14 seberat 3,3 pon. Batu bata listrik juga kompak, mencapai berat total yang wajar sebesar 4 pon.

Saat layar terbuka, engsel meluncur ke bawah panel bawah, sedikit memiringkan keyboard untuk memberikan sudut mengetik yang lebih nyaman dan meningkatkan aliran udara. Mengemas komponen kelas atas ke dalam wadah yang ringkas, Laptop Swift X membutuhkan semua bantuan Anda untuk mengontrol suhunya. Review Laptop Acer Swift X cukup senyap selama tugas-tugas dasar, tetapi kipas pendingin benar-benar mulai berputar saat Anda mengangkat beban yang lebih berat. Laptop Acer Swift X menjadi berisik saat menjalankan Photoshop dan aplikasi grafis lainnya atau saat bermain game. Bahkan dengan kipas pendingin yang berlebihan, laptop akan mulai memanas hingga tombol di ujung jari Anda menjadi sedikit panas.

Tutsnya sendiri garing dan terasa rendah, tetapi ada dua hal yang mengganggu saya tentang keyboard. Pertama, tombolnya berwarna perak daripada hitam, yang meninggalkan sedikit kontras saat lampu latar keyboard menyala saat Anda duduk di ruangan yang tidak sepenuhnya gelap.

Yang lain menekan tombol Page-up dan Page-down di atas tombol panah samping, tetapi saya terus mengetiknya karena kesalahan. Anda disarankan untuk memetakan kunci ini ke kunci lain atau meletakkannya di tempat lain selain tempatnya sekarang. Di bawah tombol panah terdapat pembaca sidik jari untuk login yang mudah dan aman. Pembaca sidik jari adalah satu-satunya pilihan biometrik Laptop Acer Swift X, karena webcam tidak memiliki kemampuan IR.

Touchpadnya terasa presisi, dengan luncuran halus dan klik yang tegas dan responsif. Saya tidak keberatan dengan touchpad, tetapi saya memiliki keluhan tentang stiker AMD, Nvidia, dan Alexa di sebelah kiri. Diposisikan sedemikian rupa sehingga tampilan keseluruhan Laptop Acer Swift X dirusak oleh posisinya yang bengkok dan tidak tepat. Lampiran stiker Acer harus menyatukan semuanya.

Layar

Review Laptop Acer Swift X dengan Layar 14 inci menawarkan resolusi full HD (1920×1080) dan dukungan 100% sRGB. Gambar terlihat cerah dengan warna cerah dan kontras yang baik. Masalah terbesar dengan tampilan bukanlah kinerja, melainkan ukurannya. Sederhananya, rasanya terlalu sempit untuk pekerjaan desain yang serius. Karena rasio aspek 16:9, ruang vertikal terbatas dibandingkan dengan tampilan 16:10. HP Envy 14 menampilkan layar 14 inci yang lebih lebar, 16:10 yang lebih cocok untuk karya kreatif. Bahkan MacBook Pro 13,3 inci terasa lebih lapang dibandingkan Laptop Acer Swift X 14 inci. Hal ini karena layar laptop Apple memiliki rasio aspek 16:10.

Di atas layar adalah webcam 720p standar. Anda tidak akan menakuti sesama peserta rapat Zoom dengan gambar keras dan warna kulit kemerahan. Webcam bahkan tidak memiliki rana privasi fisik.

Para pembicara juga tidak terkesan. Mereka tidak menjadi keras pada volume maksimal dan menghasilkan banyak nada yang diharapkan. Mereka juga menembak jatuh mereka, tetapi itu tidak membantu situasi.

Pemilihan port Laptop Acer Swift X mencakup dasar-dasar port USB Type-A dan Type-C, tetapi saya lebih suka sepasang port USB-C dan satu port USB-A daripada sebaliknya. Port USB-C menyediakan transfer data 10 Gbps, dukungan DisplayPort, dan pengiriman daya. Profesional kreatif yang pekerjaannya membutuhkan penggunaan kartu media akan mengeluhkan kurangnya slot kartu SD. Laptop ini mendukung standar jaringan nirkabel terbaru, WiFi 6 dan Bluetooth 5.2, tetapi tidak memiliki port Ethernet. Anda juga dapat menemukan koneksi HDMI.

Kinerja Laptop Acer Swift X

Review Laptop Acer Swift X bersinar dalam pengujian lab kami dan dengan mudah mengungguli ultraportable pesaing. Laptop terdekat yang baru-baru ini kami ulas dengan laptop Swift X adalah HP Envy 14, laptop 14 inci yang dibuat untuk pembuatan konten dengan CPU Core i5 Generasi ke-11 dan grafis GeForce GTX 1650 Ti Max-Q. Kami juga membandingkan Swift X dengan Acer Swift 3X, yang didasarkan pada CPU Core i7 Generasi ke-11 dan grafis Iris Xe Max diskrit Intel. Melengkapi grafik adalah Lenovo ThinkBook 14s Yoga dipasangkan dengan Dell XPS 13 9310, pasangan konvertibel 2-in-1 dengan CPU Core i7 Generasi ke-11 dan grafis Intel Iris Xe terintegrasi.

Tolok ukur pertama adalah PCMark 10, yang mengukur kinerja dalam tugas komputasi sehari-hari termasuk tugas produktivitas kantor, penelusuran web, dan obrolan video. Laptop Acer Swift X adalah pemenang yang jelas, lebih dari 1.000 poin di depan sistem terdekat berikutnya.

Selanjutnya adalah Cinebench, semacam sprint CPU yang lebih berfokus pada CPU daripada GPU dan memaksimalkan semua inti pemrosesan. Laptop Acer Swift X mendominasi di sini dalam pengujian multi-utas kami karena fakta sederhana bahwa CPU Ryzen memiliki inti fisik dan utas pemrosesan dua kali lebih banyak daripada chip di sistem lain. Ryzen 7 5800U adalah prosesor Thread 8-core, sedangkan Intel Core i5-1135G7 dan Core i7-1165G7 adalah chip Thread 4-core. Penggandaan inti dan utas yang mengarah ke Laptop Acer Swift X memposting skor Cinebench yang hampir dua kali lipat skor Swift 3X dan lebih dari dua kali lipat skor lainnya.

Laptop Acer Swift X juga bekerja dengan baik dalam pengujian single-threaded Cinebench, meskipun tidak sejauh pengujian multi-threaded.

Kami menggunakan utilitas HandBrake untuk mengonversi film 30 GB ke format tabular Android, yang merupakan tugas intensif yang membebani CPU dan semua inti. Sekali lagi, Swift X mengalahkan persaingan. Itu menyelesaikan tes hampir separuh waktu sebagai pesaing terdekat berikutnya, HP Envy 14.

Grafis Review Laptop Acer Swift X dan RTX 3050 Ti menggandakan output laptop dengan grafis Intel terintegrasi dalam benchmark 3DMark. Performa HP Envy 14 dan GTX 1650 Ti Max-Q sangat baik, tetapi skor mereka masih tertinggal dari Swift X. Laptop gaming terbaik ini memiliki grafik yang sangat baik untuk menangani tugas pembuatan konten.

Laptop Acer Swift X menampilkan grafik diskrit dari jajaran GPU terbaru Nvidia, jadi saya menjalankan beberapa game di sistem. Shadow of the Tomb Raider pada 1920×1080 rata-rata 48 frame per detik pada preset tertinggi. Metro Exodus dan Swift X yang lebih menuntut pada 1920×1080 pada preset benchmark Extreme rata-rata hanya 16 fps, tetapi meningkat menjadi 52 fps pada preset Normal. Menjaga pengaturan kualitas akan memberi Anda frekuensi gambar yang dapat diputar pada 1080p. Menawarkan desain yang ringkas dan grafik yang kuat, Swift X sangat cocok untuk siapa saja yang menginginkan laptop portabel yang mudah dibawa ke kelas atau kantor setiap hari dan memainkan beberapa game di rumah atau kamar asrama. Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan rumah Anda, tentu saja.

Kami menguji masa pakai baterai laptop dengan mengulang video 4K menggunakan aplikasi Windows Movies & TV asli. Saya menyetel kecerahan layar menjadi sekitar 250 nits, menaikkan volume hingga 50%, dan memasang headphone. Swift X tidak memiliki masa pakai baterai terpanjang dari ultraportable mana pun, tetapi bertahan lebih dari 12 jam dalam pengujian baterai kami, yang mengesankan mengingat bagian bertenaga tinggi.

Laptop serbaguna untuk pelajar

Tidak diragukan lagi bahwa Review Laptop Acer Swift X menyediakan daya CPU dan GPU yang cukup untuk pembuat konten yang sedang bepergian. Dengan octo-core Ryzen 7 5800U, Swift X memberikan kinerja aplikasi yang luar biasa dan kinerja multimedia yang kuat. Penambahan grafis RTX 3050 Ti akan sangat meningkatkan grafis 3D dan kemampuan game dalam ultraportable biasa dengan GPU terintegrasi. Jarang menemukan laptop ringkas dengan tingkat performa seperti ini. Dan Anda tidak perlu mengorbankan masa pakai baterai sebanyak itu untuk kinerja ini.

Apa yang menghalangi rekomendasi yang lebih kuat untuk tipe kreatif adalah bentuk Laptop Acer Swift X yang sempit. Secara khusus, aspek rasio 16:9 terasa terbatas. Saya tidak mengatakan Anda memerlukan laptop 15,6 inci atau lebih besar untuk menjalankan Photoshop dan aplikasi pembuatan dan pengeditan media lainnya, kami yakin Anda memerlukan layar 14 inci atau lebih besar dengan rasio aspek 16:10. Namun layar 14 inci dengan rasio 16:9 tidak menjadi penghalang bagi para gamer untuk memilih Laptop Swift X. Ia lebih cocok sebagai laptop untuk pelajar atau pekerja kantoran.

Kelebihan

  1. Performa yang sangat bagus.
  2. Laptop gaming stylish dengan grafis RTX 3050 Ti.
  3. Masa pakai baterai yang luar biasa mengingat bagian high-end.

Kekurangan

  • Layarnya terasa sempit untuk pekerjaan kreatif.
  • Kipas menjadi lebih berisik selama beban kerja yang berat.
  • Tombol Pg-Up dan -Down ditempatkan dengan buruk.

Penutup

Nah, Itulah tadi artikel tentang Review Laptop Acer Swift X dari anakUI.com. Setelah membaca artikel diatas apa kalian ingin membelinya? Jika bermanfaat jangan lupa share artkel ini ke sosmed kalian ya. Terimakasih.

Leave a Comment