Review Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED

AnakUI.comLaptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED layar ganda Asus seperti kotak pandora untuk pembuat konten, menawarkan pengalaman produktivitas yang benar-benar baru bagi mereka yang cukup berani untuk mencoba konfigurasi dua layar yang unik. Kami telah melihat beberapa yang bagus sejak debutnya di CES pada tahun 2019, tetapi tidak ada yang cukup menawarkan keseimbangan daya dan ergonomis yang tersedia dalam model laptop editing terbaik yang baru dibuat ini.

Review Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED

Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED memenangkan hari karena prosesor generasi ke-12 baru yang kuat, ScreenPad Plus yang lebih terlihat, dan layar utama OLED 120Hz yang lebih tinggi dan lebih cerah yang menawarkan visual superlatif dari setiap sudut. Sebagai penutup, serentetan pemutakhiran perangkat lunak yang bijaksana mengoptimalkan operasi ScreenPad Plus, membuat alur kerja lebih mulus dari sebelumnya.

Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED

Spesifikasi Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED

Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED tersedia dalam konfigurasi hingga Intel Core i9-12900H dan GPU Nvidia GeForce RTX 3050 Ti. Unit review kami memiliki spesifikasi sebagai berikut:

CPUIntel Core i7-12700H
RAM16GB DDR5 / 4800 MHz
GPUIntel Iris Xe graphics and Nvidia GeForce RTX 3050 Ti
DisplaysPrimary: 14.5-inch, 2.8K (2880 x 1800) touch-sensitive OLED, 120 Hz refresh rate, 100% DCI-P3 color gamut; Secondary: 12.7-inch (2880 x 864) touch-sensitive, IPS-level, 120Hz panel, 100% DCI-p3 color gamut
Storage: 1TB SSD PCIe Gen 4
Ports2 x Thunderbolt 4 (USB-C), USB-A 3.2 Gen2, HDMI 2.1, 3.5mm audio port, microSD Express 7.0 reader
Network Dual-band Wi-Fi 6E (802.11ax), Bluetooth 5.2
Dimensions12.74 x 8.85 x 0.70 inches
Weight3.86 lbs (1.75kg)
ColorTech Black
Battery capacity76Wh
PriceRp. 29.999.000

Kelebihan

  1. Tampilan utama yang memukau dan tampilan sekunder yang mudah dilihat
  2. Opsi I/O yang sangat baik dan konektivitas nirkabel
  3. Daya CPU/GPU memenuhi kebutuhan pembuat konten

Kekurangan

  • Masa pakai baterai kurang untuk laptop produktivitas
  • Trackpadnya kecil dan ditempatkan dengan canggung
  • Port yang berorientasi belakang mungkin sulit dijangkau

Desain

Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED, seperti Zenbook Duo 14 inci tahun lalu menampilkan bukan hanya satu tapi dua layar – layar utama 14,5 dan layar sekunder 12,7 inci (ScreenPad Plus) yang ditanam dengan rapi di atas keyboard. Berukuran 12,74 x 8,85 x 0,70 inci, proporsinya cukup kompak dan tipis. Konon, sasis setebal 0,70 inci dan bobot 3,86 pon tidak cukup memenuhi syarat sebagai Ultrabook.

Ada beberapa peningkatan desain tahun-ke-tahun yang menjadikan Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo 2022 lebih baik dari pendahulunya. Yang paling jelas adalah tampilan sekunder sekarang miring ke atas 12 derajat dari alas laptop, bukan hanya 7 derajat sebelumnya. Secara ergonomis, itu membuatnya lebih mudah dilihat, karena Anda tidak perlu menjulurkan leher dengan cara yang tidak wajar untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kemiringan setinggi itu dicapai dengan mengganti engsel Ergolift Zenbook Duo 2021 dengan mekanisme engsel AAS Ultra baru – sebuah proses yang memerlukan rejig beberapa komponen internal. Pergi ke semua masalah itu telah memberikan hasil termal juga. Asus mengatakan, perangkat keras internal mendapat peningkatan aliran udara 38 persen – karenanya moniker, AAS, yang merupakan singkatan dari Sistem Aerodinamika Aktif.

Build

Ventilasi udara yang baru ditempatkan juga berfungsi untuk mendinginkan laptop. Hilang sudah ventilasi yang memaksa udara panas ke atas ke layar utama. Mereka digantikan oleh barisan rapi yang meniupkan udara panas keluar dari sisi kiri. Asus telah menyamarkan ini agar terlihat seperti port USB-A, jadi kecuali tangan diletakkan di depannya, mereka tidak akan diperhatikan.

Ada juga upgrade ke tampilan utama. Ini mendapat manfaat dari rasio layar-ke-bodi 92 persen yang lebih besar dan rasio aspek 16:10 yang lebih tinggi, yang menggantikan rasio aspek 16:9 yang kami lihat tahun lalu. Ini juga terlihat lebih cerah dan menurut semua akun terlihat luar biasa dari sudut mana pun Anda melihatnya.

Untuk yang sadar gaya, Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED tahun ini menjadi aksesori kerja yang ideal. Tampak ramping dan canggih, apa pun jenis pencahayaan yang Anda duduki, dan paduan magnesium-aluminium Tech Black memadukannya dengan mulus ke hampir semua jenis lingkungan kerja.

Selain itu, membuka tutupnya akan menampilkan logo Asus ‘A’ yang sederhana namun menarik yang memantulkan hampir setiap warna ke arah Anda di bawah cahaya terang, jadi harap Zenbook Duo Anda mendapatkan banyak tampilan iri di rapat ruang rapat.

Keyboard dan

Meski sekali lagi cukup ramping, keyboard Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED terasa seimbang dan nyaman. Itu melakukan pekerjaan yang layak untuk memanfaatkan semua ruang yang tersedia di sasis. Tombol-tombolnya juga terasa besar, dan memiliki nada 18,5 mm yang besar di antara keduanya.

keyboard Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED

Mereka memiliki depresi berbentuk piring yang nyaman untuk mencegah ujung jari Anda terlepas. Lekukan berbentuk piringan ditambah perjalanan vertikal 1,4 mm memungkinkan saya mencapai tingkat akurasi yang tinggi saat menulis ulasan.

Trackpad

Kunci yang menonjol ada di baris paling atas. Ini termasuk tombol Fn dan beberapa pintasan produktivitas tambahan. Contoh yang berguna termasuk kunci untuk menghidupkan dan mematikan ScreenPad Plus, satu untuk mengambil tangkapan layar instan dan satu lagi untuk menghidupkan atau mematikan webcam.

Saya menemukan trackpad ErgoSense tidak ramah pengguna seperti keyboard. Rasanya agak sempit, hanya berupa persegi panjang kecil untuk dikerjakan. Penempatannya di sisi kanan juga membuat canggung bagi orang kidal.

Di sisi lain, permukaannya terasa nyaman berkat lapisan PVD hidrofobik yang halus. Trackpad juga mendukung gerakan multitouch di Windows, yang berguna untuk mengakses desktop saya melalui tumpukan jendela yang selalu saya buka.

Tampilan Utama

Tampilan utama Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED ini, Selain lebih tinggi dan lebih cerah (saya mengukur kecerahan 547-nits dengan meteran Lux saya) dari sebelumnya, layar sentuh OLED HDR 14,5 inci utama menghasilkan gambar warna yang cerah dan kaya saturasi, dan warna hitam pekat yang tampaknya tenggelam ke dalam layar. Itu berkat gamut warna DCI-P3 100 persen panel dan peringkat VESA DisplayHDR True Black yang memungkinkan rasio kontras 1 juta berbanding 1.

Saya sangat terkesan dengan akurasi warna pada foto yang saya klik. Kebetulan, Asus mengatakan panel OLED divalidasi Pantone, yang merupakan kemenangan besar bagi desainer dan seniman grafis yang membutuhkan akurasi warna tingkat yang dalam.

Sebagai tambahan baru tahun ini, Anda juga dapat menyesuaikan gamut warna untuk berbagai tugas melalui halaman Splendid di aplikasi perangkat lunak MyASUS. Berbagai mode warna termasuk, mode sRGB untuk membuat konten web dan browsing, mode DCI-P3 untuk konten bioskop dan mode Display P3 untuk warna kelas film. Namun, beralih di antara mereka tidak menunjukkan banyak perbedaan.

Yang lebih jelas adalah betapa mulusnya tampilan panel OLED 120Hz saat memutar video. Kegagapan mikro tidak ada. Bingkai juga sangat tajam jika dibandingkan dengan sejumlah laptop gaming keluaran baru di kantor. Oleh karena itu, jika Anda bertanya-tanya apakah layar utama laptop ini lebih unggul dari panel level IPS 165 Hz dengan resolusi komparatif, jawabannya pasti ya.

Konektivitas

Penambahan engsel AAS telah memungkinkan input daya, HDMI, dan pembaca kartu MicroSD untuk dipindahkan ke sisi belakang tahun ini – penempatan yang terkadang mengharuskan Anda untuk bersandar dengan tidak nyaman di atas laptop. Namun, opsi I/O adalah yang terbaik. Selain di atas, Anda juga mendapatkan dua port Thunderbolt 4, port USB-A 3.2 Gen2, dan port audio 3,5 mm.

port Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED

Power user yang ingin mempercepat produktivitas pasti akan memanfaatkan port Thunderbolt 4 dengan baik. Setiap port memungkinkan Anda mentransfer file hingga 40Gb/dtk, atau memberikan output hingga dua layar 4K atau satu layar 8K.

Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED juga menggunakan Bluetooth 5.2, dan Wi-Fi 6E dual band. Yang terakhir dibuat lebih baik dengan beberapa teknologi pemanis – Penstabil Wi-Fi bertindak untuk mencegah interferensi sinyal elektromagnetik, sementara teknologi yang disebut SmartConnect bekerja untuk memberikan sinyal Wi-Fi terbaik di lingkungan Anda.

Meskipun sulit untuk diukur secara kualitatif, secara anekdot sinyal wi-fi saya tampak sedikit lebih dapat diandalkan daripada laptop kerja saya, jadi pujian untuk Asus karena telah menambahkan peningkatan wi-fi ekstra ini.

Kamera Web dan Audio

Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED mengemas Webcam HD dengan kompatibilitas Windows Hello. Mengujinya mengungkapkan gambar yang cukup tajam, tetapi kadang-kadang AI cenderung membuat wajah terlalu matang, yang tampak sedikit plastik. Di sisi positifnya, gambar terlihat sangat terang dalam kondisi cahaya redup, sehingga Anda tidak perlu repot untuk selalu menyalakan lampu di atas kepala.

Speaker ganda laptop dengan dukungan Dolby Atmos melakukan pekerjaan yang baik untuk menjaga audio terdengar jernih dan tajam dan terasa lebih keras daripada beberapa laptop dengan ukuran yang sama. Saya juga terkesan dengan betapa sedikit distorsi yang mereka hasilkan pada tingkat volume laptop yang lebih tinggi.

Performa

Mempertimbangkan konfigurasi CPU Intel Core-i7-12700H unit ulasan saya dan GPU Nvidia GeForce RTX 3050 Ti, saya menarik perbandingan dari PCWorld stable laptop produktivitas serta daftar rig gaming kami. Satu notebook khususnya, MSI Katana GF76, menampilkan kombinasi GPU/CPU yang sama dengan unit ulasan saya.

Saya mulai dengan menjalankan tolok ukur Keseluruhan PCMark 10, yang merupakan indikator bagus kesesuaian laptop untuk lingkungan kantor modern; saat menjalankan tolok ukur ini mensimulasikan berbagai tugas seperti pengolah kata dan obrolan video, lalu menghitung skor keseluruhan berdasarkan hasil. Di sini, dua laptop produktivitas bertenaga AMD Ryzen memiliki sedikit keunggulan pada Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED yang merupakan performa yang kuat dalam pengujian ini.

Selanjutnya, saya memeriksa kompetensi CPU laptop dengan benchmark Single-Threaded Cinebench R20 Maxon yang hanya menargetkan satu Core CPU laptop kami. Dalam benchmark ini, Zenbook Duo unggul, mencapai skor tinggi 692. Ini membuktikan bahwa ia memiliki kekuatan yang besar untuk tugas sehari-hari seperti menjalankan aplikasi dan program.

Masih di aplikasi Cinebench R20 Maxon, saya menjalankan benchmark Multi-Threaded, yang melenturkan semua inti prosesor laptop. Sekali lagi, Zenbook Duo menduduki puncak daftar perbandingan kami, dengan skor 5.585. Tugas-tugas intensif CPU seperti pengeditan dan penyandian video memerlukan laptop untuk menggunakan banyak inti CPU, oleh karena itu hasil ini menunjukkan Zenbook Duo sangat cocok untuk tugas-tugas ini.

Di utilitas HandBrake gratis, saya menyetel Zenbook Duo untuk menyandikan file MKV 30GB ke MP4 menggunakan prasetel Tablet Android. Tes ini mengukur kemampuannya untuk melakukan tugas intensif CPU sebelum menjadi terlalu panas dan harus memperlambat kinerja. Dalam hasilnya, perhatikan bagaimana Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED selesai lebih cepat daripada MSI Katana GF76.

Apa arti semua hasil ini? Melihatnya, jelas bahwa Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED memberikan kekuatan pemrosesan yang memadai untuk pembuat konten yang bekerja dalam program seperti Adobe Premiere Pro dan Adobe Photoshop. Skor ujung atasnya di PCMark 10 Secara keseluruhan juga berarti akan cepat dan tajam dalam aplikasi produktivitas seperti Microsoft Excel dan Word.

Hasil HandBrake, bagaimanapun, sangat menggembirakan. Hal ini menunjukkan inovasi desain aerodinamis yang difasilitasi AAS Zenbook Duo sebenarnya dapat memberikan keunggulan termal dibandingkan beberapa laptop yang lebih besar dengan prosesor Intel atau Ryzen yang sebanding, seperti MSI Katana GF76, dalam tugas-tugas intensif CPU. Itu membuatnya jarang di antara laptop produktivitas 14 inci.

Performa 3D

Sejak peluncurannya, Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED menempati posisi tengah untuk kinerja grafis, mengukir ceruk di atas sebagian besar laptop produktivitas, tetapi sedikit di bawah laptop gaming kelas atas. Itu terasa tentang di mana model terbaru juga berada, berdasarkan hasil pembandingan saya.

Terlepas dari itu, hasil yang ditampilkan di bawah ini menunjukkan bahwa Zenbook Duo dilengkapi dengan cukup kasar untuk bekerja dengan baik dalam aplikasi yang melibatkan rendering 3D, dan meskipun bukan laptop gaming, ia bahkan dapat menghasilkan frekuensi gambar yang layak dalam game 3D yang cukup menuntut.

Untuk mengukur performa grafis umum GPU RTX 3050 Ti Zenbook saya, saya menggunakan benchmark 3DMark Time Spy. Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di bawah, Zenbook Duo menempati posisi kedua setelah MSI Katana GF76, mengungguli sebagian besar perbandingan, termasuk beberapa dengan kartu grafis diskrit RTX 3050 Ti.

Untuk grafik perbandingan benchmark game Rise of the Tomb Raider, saya memilih untuk membandingkan Zenbook Duo dengan laptop gaming. Itu terbukti hanya sedikit melenceng dari daftar perbandingan itu.

Daya Tahan Baterai

Meskipun kinerja perangkat keras dan grafis Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED lebih mirip dengan laptop gaming daripada laptop produktivitas, begitu pula daya tahan baterainya, yang terbukti agak kurang.

Untuk menguji masa pakai baterai, saya menjalankan laptop dari pengisian daya 100 persen ke siaga dengan memutar film 4K Hollywood secara berulang. Dalam pengujian ini, saya biasanya menemukan laptop produktivitas dengan baterai 76Wh dapat bertahan antara sembilan hingga 13 jam, tetapi Zenbook Duo hanya bertahan tujuh jam, yang berarti Anda hanya dapat mengharapkannya bertahan sekitar empat jam untuk tugas yang menguras baterai seperti rendering 3D atau game.

Akibatnya, Anda pasti ingin berada di sekitar outlet setelah rehat kopi pagi Anda jika Anda ingin tetap menyalakannya untuk hari kerja penuh.

Haruskah Anda membelinya?

Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED adalah instrumen yang disetel dengan baik untuk pembuat konten, unggul dalam berbagai tugas kantor umum serta tugas yang memerlukan sedikit lebih kasar seperti penyandian dan rendering 3D. Daya tarik besar adalah tampilan ganda laptop. Mereka adalah yang terbaik yang kami gunakan di laptop Asus Zenbook Duo hingga saat ini dengan serentetan peningkatan dari tahun ke tahun yang membuat visual lebih mencolok dan integrasi lintas layar lebih mudah dari sebelumnya.

Penutup

Dengan tampilan ganda yang memukau dan ergonomis serta kombinasi CPU/GPU yang mumpuni, Laptop Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED adalah pendamping ideal bagi kreator video yang suka bekerja tanpa beban.

Leave a Comment