Spesifikasi Laptop HP Spectre x360 13 Intel Core i7-1065G7

AnakUI.comLaptop HP Spectre x360 13 salah satu laptop konvertibel kecil terbaik yang tersedia pada tahun 2021. Ini tidak memiliki fitur yang terlihat di alternatif, seperti 5G dan stylus slot-in, tetapi menawarkan kualitas build yang sangat baik, keyboard yang akan Anda sukai, panjang masa pakai baterai dan layar kontras yang relatif tinggi.

Spesifikasi Laptop HP Spectre x360 13

Laptop HP Spectre x360 13 adalah bagian dari jajaran laptop konvertibel kelas atas HP. Ini dibuat dengan sangat baik, dan memiliki jenis portabilitas tertentu.

Beberapa saingan lebih ramping, dan beberapa lebih ringan, tetapi Laptop HP Spectre x360 13 memiliki desain yang sangat ramping, membuat siluetnya dari atas jauh lebih kecil daripada kebanyakan. Bobot dan ketebalannya juga ramah perjalanan.

Spesifikasi Laptop HP Spectre x360 13

ProcessorIntel Core i7-8565U 8M Cache, up to 4.60 GHz
Memory16 GB DDR4-2400 SDRAM
Operating SystemWindows 10 Home 64
Display13.3 Inch FHD Touchscreen IPS (1920 x 1080) piksel
GraphicIntel UHD Graphics 620
Storage512 GB Pcle NVMe M.2 SSD
Optical DriveSuper-Multi DVD
KeyboardFull sized island style backlit keyboard, island style keyboard
Card ReaderCard reader (SD/MMC)
WebCamHP IR Camera Wide Vision FHD with digital microphone integrated dual array
NetworkingBluetooth
Built-inBluetooth V4.0
Wi-FiIntegrated 802.11b/g/n
Interface2 x USB Type-C 3.1 Gen 2
1 x USB 3.1 Gen 2 Type A
1 x headphone/ microphone
Power delivery
DP1.2
HP Sleep and Charge
AudioHP Audio Boost quad speakers ,Bang & Olufsen
Battery4 cells, 61 Wh Li ion polymer
Power AdapterOutput
19 V DC, 2.47 A, 65 W
Plug Type :ø4 (mm)
Dimensions30.88 cm x 21.79 cm x 1.45 cm
Weight1.32 kg

Sorotan sebenarnya dari Laptop HP Spectre x360 13 adalah betapa menyenangkannya untuk dikerjakan. Keyboard-nya dalam dan responsif, layarnya cukup cerah untuk menangani kehidupan di luar ruangan, dan prosesor Intel Core i5 dan i7-nya menawarkan kinerja luar biasa per inci persegi.

Ini bukan laptop murah, dan garis HP Envy atau Lenovo Yoga Slim 7 mungkin lebih baik jika Anda ingin menghabiskan lebih sedikit. Tapi itu lebih murah daripada Dell XPS 13 2-in-1, tanpa pengorbanan yang jelas.

Harga Laptop HP Spectre x360 13

Bagi Anda yang ingin memiliki laptop Hp terbaru ini, pastikan untuk menyiapkan uang yang cukup banyak. Harga laptop ini berkisar dari Rp. 18.799.000 untuk tipe yang sudah dibahas di atas. sedangkan untuk yang sudah memiliki VGA Nvidia harganya bisa naik hingga Rp 20 jutaan, tentunya tergantung kapasitas penyimpanan SSD tersebut. Semakin tinggi kapasitasnya, tentu saja harganya semakin tinggi. Namun meski harganya sedikit mahal, namun Laptop HP Spectre x360 benar-benar memberikan kesan “premium”. Eksekutif muda yang ingin tampil beda

Untuk pasar luar, Laptop HP Spectre x360 13 (2021) tersedia untuk dibeli dari toko resmi HP seharga £1399,99/$1249,99/€1699,00, yang memberi Anda layar Full HD, prosesor Intel Core i7-1165G7, RAM 16GB, dan penyimpanan 512GB. HP juga menawarkan model £1799,99/$1349,99/€1798,99 dengan layar OLED 4K yang mengesankan, RAM 16GB, dan penyimpanan 1TB. Prosesornya tetap sama.

Desain dan Keyboard

HP belum secara radikal mengubah desain HP Spectre x360 13 tahun ini. Itu masih memiliki tombol persegi tebal dan potongan 45 derajat yang tidak biasa di bagian atas pelat keyboard dan bagian bawah bezel layar yang membuatnya menonjol satu mil dari laptop lain.

Desain Laptop HP Spectre x360 13

  • HP Spectre x360 13 menampilkan desain konvertibel yang berkelas
  • Kunci yang lebih dalam dari kebanyakan memberikan nuansa mengetik yang hebat
  • Touchpadnya bagus, cuma kurang tinggi

Biarkan mata Anda menilai apakah HP Spectre x360 adalah mahakarya gaya atau selangkah terlalu jauh dari kurva halus yang cenderung dimiliki laptop bergaya ultrabook, tetapi HP Spectre x360 13 tidak diragukan lagi rapi dan mungil.

Laptop HP Spectre x360 13 memiliki layar aspek 16:9 dan jarak antara engsel dan bagian bawah layar relatif kecil. Saat saya mengerjakannya di pangkuan saya di luar ruangan, alasnya tidak benar-benar mencapai lutut saya karena ukurannya satu inci atau lebih kecil dari biasanya.

Apa manfaatnya? Jika Anda akan bekerja terutama di atas meja, tidak banyak. Tapi itu memungkinkan HP Spectre x360 13 masuk ke ruang yang lebih kecil, baik itu tas atau meja kereta yang sempit.

Ini juga merupakan laptop konvertibel, dengan layar putar 360 derajat. Ini memiliki salah satu engsel 2-in-1 terbaik, dengan hampir tidak ada goyangan saat Anda bekerja di permukaan yang kurang padat – seperti kaki Anda.

Kualitas bangunan secara umum luar biasa. Pelat bodi terbuat dari aluminium, bukan magnesium, menawarkan kesan metalik yang tidak diragukan lagi. Dan tutup serta pelat keyboard sangat kaku. Itu semua adalah bagian dari mengapa Anda harus membayar mahal untuk HP Spectre x360 13.

Saya suka mengerjakan Laptop HP Spectre x360 13, dan itu kebanyakan melakukan hal-hal yang “membosankan” yang sepertinya tidak cocok untuk layar 16:9 yang siap menonton film. Aspek 3:2 yang lebih tinggi biasanya lebih disukai untuk aplikasi produktivitas.

Namun, saya menemukan ini sebanding dengan keyboard. HP Spectre x360 13 memiliki keyboard yang jauh lebih dalam dan lebih memuaskan daripada, misalnya, Dell XPS 13 2-in-1. Tampaknya berseri-seri sejak dulu ketika itu adalah norma untuk memiliki tindakan kunci 1.4mm, atau lebih.

Sederet tombol fungsi yang berada di sebelah kanan set utama melihat seluruh keyboard digeser sedikit ke kiri, tetapi saya tidak dapat mengatakan bahwa saya melihat adanya perbedaan pada ergonomi di sini selain secara tidak sengaja menekan “halaman ke bawah” alih-alih ” masuk” untuk beberapa hari pertama. Saya langsung tenggelam dalam yang ini, yang tidak bisa saya katakan tentang Galaxy Book Flex2, yang memiliki keyboard yang cukup dangkal.

Tombol memiliki lampu latar dengan dua tingkat intensitas, dan pemindai sidik jari yang wajar berada di bawah.

HP harus menggunakan touchpad yang cukup pendek di HP Spectre x360 13, agar sesuai dengan alasnya yang rendah. Pad itu sendiri memiliki kualitas terbaik, dengan permukaan kaca bertekstur halus dan clicker yang menyeimbangkan kemudahan tekanan dengan ketahanan yang kuat.

Dan jika Anda tidak menyukai suara touchpad yang dipotong, lihat saja HP ​​Spectre x360 versi 14 inci. Ini memiliki layar rasio aspek 3:2, dan touchpad yang jauh lebih tinggi. Tapi, saya kira, itu cukup mirip.

HP Spectre x360 memiliki speaker dengan stempel Bang & Olufsen, tetapi tidak terlalu keras. Tetap saja, mereka memiliki sedikit bass dan nada yang masuk akal dan agak cerah yang cocok untuk video YouTube.

Laptop ini juga dilengkapi port Thunderbolt 4, slot microSD, jack headphone, dan port USB-A. Yang terakhir adalah USB gaya persegi panjang klasik, dan saya selalu senang melihatnya di laptop seperti ini karena hampir semua periferal saya diakhiri dengan USB ukuran penuh, bukan USB-C.

Tampilan

Tampilan Laptop HP Spectre x360 13 ini memiliki layar LCD 1080p. Resolusi semacam ini tidak sepenuhnya menghilangkan pikselasi. Anda dapat melihat sedikit kekakuan pada teks di Microsoft Word. Tetapi hampir semua saingan laptop ini, seperti Dell XPS 13 2-in-1, menggunakan 1080p dalam versi spesifikasi yang lebih rendah.

Bahkan dalam versi 1080p ini, kecerahan maksimum lebih dari 460 nits. Anda bahkan tidak perlu menggunakan kecerahan penuh saat bekerja di luar ruangan kecuali sinar matahari langsung mengenai layar karena layar juga memiliki lapisan anti-reflektif yang cukup efektif. Ini penting karena HP Spectre x360 13 memiliki tampilan glossy yang tidak menyebarkan pantulan seperti matte.

Tampilan Laptop HP Spectre x360 13

  • Cukup terang untuk penggunaan di luar ruangan
  • Kontras yang sangat baik (untuk layar LCD) berarti gambar yang kaya
  • Tingkatkan ke versi 4K OLED untuk warna yang lebih dalam

Kontras yang sangat tinggi untuk sebuah LCD juga secara dramatis meningkatkan tampilan HP Spectre x360 13 secara kasat mata. Ini mencapai 1593:1 menurut colorimeter Spyder X saya, dan ini cukup tinggi untuk membuat orang kulit hitam terlihat kaya dan bertinta bahkan dengan kecerahan maksimal. Selama Anda tidak berada di ruangan yang gelap.

Reproduksi warna bagus meskipun, tidak mengejutkan, tidak setingkat dengan step-up 4K OLED Laptop HP Spectre x360 13. Yang ini mencakup 100% sRGB, 74,7% Adobe RGB, dan 79,3% DCI P3. Model OLED mencakup 100% DCI P3, menurut HP.

Apa artinya semua ini? Layar LCD tidak dapat mereplikasi warna merah, hijau, dan biru yang paling dalam, rona yang dapat membuat gambar yang hidup dengan warna yang lebih besar dari aslinya terlihat sangat jelas. Namun, cakupan warna ini masih sangat bagus, dan kira-kira cocok dengan kedalaman warna MacBook Air.

HP Spectre x360 juga mendukung pena stylus digitizer HP. Tidak ada lubang di cangkang untuk benar-benar meletakkan pena dan sampel ulasan kami tidak menyertakannya. Tetapi ini adalah fitur yang berguna jika Anda ingin menggunakan aplikasi desain atau menggambar, dan engsel yang dapat dikonversi juga dapat membantu di sini, menyingkirkan keyboard.

Performa Laptop HP Spectre x360 13

HP mungkin telah mengirimi kami HP Spectre x360 dengan layar kelas bawah, tetapi tidak mengurangi spesifikasi intinya. Ini memiliki Core i7-1165g7, RAM 16GB dan SSD 512GB.

Windows 10 berjalan dengan sempurna, dan laptop ini dengan mudah memiliki daya yang cukup untuk menjalankan Photoshop, aplikasi kantor, dan perangkat lunak produksi musik dengan sangat baik. Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengedit video atau merender model 3D, Anda mungkin ingin mempertimbangkan laptop atau MacBook yang lebih tebal dan bertenaga lebih tinggi. CPU baru Apple menawarkan kinerja luar biasa dengan aplikasi yang dioptimalkan sepenuhnya mengingat ukuran dan berat MacBook Air dan Pro.

HP Spectre x360 performance

  • Berjalan senyap saat Anda melakukan tugas sederhana
  • Cukup bertenaga untuk semua pekerjaan yang cocok untuk ultra-portabel
  • GPU Intel Xe memungkinkan Anda memainkan lebih banyak game daripada model tahun lalu

Tetapi bagi kebanyakan dari kita, HP Spectre x360 cukup kuat. Saya sebenarnya akan merekomendasikan model CPU Core i5 step-down kepada sebagian besar teman yang meminta saran laptop.

CPU Intel Core i7 juga hadir dengan senjata rahasia baru Intel: chipset grafis Xe. Ini jauh lebih baik daripada Intel UHD 620 yang terlihat pada laptop sebelumnya dengan gaya ini, ini seperti pergeseran generasi konsol game.

Intel Xe memungkinkan Anda memainkan game seperti GTA V, The Witcher 3, Kingdom Come: Deliverance, dan game generasi PS4/Xbox One lainnya dengan sangat baik. Anda tidak selalu harus menggunakan pengaturan grafik paling bawah, dan banyak yang akan bekerja dengan baik pada 1080p asli. Menyebut HP Spectre x360 sebagai laptop gaming yang bagus akan menjadi penghinaan terhadap laptop gaming terbaik yang sebenarnya. Tapi itu mungkin bisa memainkan lebih banyak game daripada yang Anda duga.

HP Spectre x360 13Lenovo Yoga 9iGalaxy Book
Flex2 5G
ProcessorIntel Core i7-1165G7Intel Core i7-1185G7Intel Core i7-1165G7
Geekbench 5 multi-core502551764603
PCMark 10464149234970

HP Spectre x360 tetap diam setiap kali saya menugaskannya dengan pekerjaan dasar. Aplikasi pengolah kata dan jendela browser tidak menyebabkan kipas mulai berputar. Dan saat bermain GTA V pun para penggemarnya tidak terlalu mengganggu. Mereka cenderung menghasilkan desingan nada yang relatif rendah, yang berhasil diredam oleh speaker terintegrasi tanpa terlalu banyak keributan.

SSD adalah model Intel Optane. Ini mencapai kecepatan baca 2260MB/dtk dan tulis 1122MB/dtk, yang bukan skor yang sangat tinggi, tetapi tetap berarti Spectre x360 dapat memuat dan menyimpan data pada drive fisik dengan kecepatan yang wajar. Beberapa SSD laptop sekarang melebihi 3000MB/dtk, jadi ada alternatif yang lebih cepat di luar sana jika ini penting bagi Anda.

Baterai

Laptop HP Spectre x360 13 memiliki baterai 60Wh. Ini secara signifikan lebih dari 51Wh sel Dell XPS 13 2-in-1, dan jauh lebih kecil dari 69,7Wh dari Samsung Galaxy Flex 2.

Hasilnya, tidak mengherankan, stamina dunia nyata berada di antara keduanya. Tapi kami masih berada di wilayah yang sangat nyaman.

HP Spectre x360 bertahan selama 12 jam 15 menit saat streaming video 1080p dengan kecerahan 150-nit, yang merupakan jenis pengaturan tampilan yang mungkin Anda gunakan di dalam ruangan. Tidak buruk, bukan?

  • Ini berlangsung lebih dari 12 jam dengan penggunaan ringan
  • Isi daya 50% dalam 30 menit

Kemungkinan besar akan ada penurunan signifikan pada masa pakai baterai jika Anda membeli HP Spectre x360 4K OLED sebagai gantinya, jadi ingatlah itu sebelum menganggap model kelas atas akan lebih baik dalam segala hal. Layar adalah perbedaan utama antara keduanya, karena tidak ada tambahan canggih seperti 5G.

Kesimpulan

Laptop HP Spectre x360 13 adalah salah satu laptop konvertibel ultra-portabel favorit saya saat ini. Layarnya terlihat luar biasa, daya tahan baterainya fantastis, dan kualitas pembuatannya termasuk yang terbaik.

Itu kehilangan sejumlah fitur yang ditemukan dengan saingannya seperti Galaxy Book Flex2, tanpa stylus yang dibundel atau dukungan 5G. Tetapi mengingat Anda harus membayar beberapa ratus pound lebih untuk membeli notebook 2-in-1 Samsung, HP Spectre x360 13 tetap menjadi pembelian dengan nilai lebih baik.

Leave a Comment