Latihan Kepemimpinan Strategis Mahasiswa 2010: Bring The Leaders in You

Latihan Kepemipinan Strategis Mahasiswa (LKSM) merupakan sebuah latihan kepemimpinan mahasiswa terbesar dan terpusat sepanjang sejarah UI yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian dan Studi Gerakan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (PUSGERAK BEM UI). LKSM 2010 bertujuan untuk melahirkan mahasiswa yang memiliki kesadaran kritis, kepedulian sosial, dan menjadi pemimpin yang dapat menempati posisi strategis di organisasi masing-masing.

Berangkat dari tema besar “Kepemimpinan strategis sebagai pilar perubahan positif bangsa”, LKSM 2010 menciptakan kalimat “bring the leaders in you”sebagai patronnya. Artinya, kami percaya pada konsep kepemimpinan telah  ada dalam diri setiap insan sebagai sebuah keniscayaan, bila menilik konsep LKSM sendiri sebagai wahana kaderisasi lanjutan, maka acara-acara yang ada dalam LKSM ini merupakan sebuah konstruksi yang bersifat komplementer terhadap keniscayaan tersebut, mengutuhkan sketsa yang telah ada menjadi sebuah gambaran nyata. Itulah mengapa LKSM berfokus pada penciptaan diskursus ilmiah yang kaya akan dialektika ideologis dan pemberian materi yang bersifat strategis serta tidak memberikan kemampuan kepemimpinan yang bersifat hard skill. Acara ini terdiri dari 3 tahapan sebagai alur mayornya, sebagai berikut: Seleksi dan Breaking Paradigm -> Dive In -> Materi

Acara pertama yang sekaligus akan menjadi grand opening LKSM adalah seminar “Memimpin Indonesia: Merekonstruksi Perbedaan Menjadi Satu Juang”. Seminar ini akan diawali oleh Dr. Adhyaksa Dault dengan sebuah keynote speech yang akan membangun landasan bagi jalannya diskusi dalam seminar yang akan berlangsung setelahnya, setelah itu akan berlangsung seminar yang menghadirkan sastrawan Goenawan Muhamad, dosen sejarah Fakultas Ilmu Budaya UI Dr. Magdalia Alvian dan Saiful Haq, pembicara dari FES (Friedrich Ebert stiftung).

Setelah Diskusi tersebut berakhir, peserta akan disuguhkan sebuah film, peserta diminta untuk membuat essay kritis untuk membedah film tersebut yang harus dikumpulkan sebelum tengah malam pada hari tersebut. Hasil penulisanessay ini akan digunakan sebagai alat ukur untuk menyeleksi peserta pada tahapan ini menjadi kurang lebih 30 peserta terbaik yang akan langsung diundi menjadi 5 kelompok.

Minggu berikutnya, 30 peserta terseleksi dikumpulkan di stasiun UI pada pagi hari untuk bersama-sama berangkat menuju tempat “dive in” di Bantar Gebang, sebuah tempat pembuangan akhir sampah di ujung Jakarta. Di sini para peserta terpilih akan dibakar kesadaran kritisnya dengan langsung membenturkan mereka pada realita sosial bangsa. Tidak berhenti sampai di situ, di bantar gebang mereka bertugas untuk melakukan pengamatan serta penelitian lapangan untuk menghasilkan sebuah kajian terkait pemenuhan hak EKOSOB (Ekonomi, Sosial dan Budaya) yang akan dipresentasikan pada hari terakhir LKSM.

Akhirnya pada tahap terakhir di minggu berikutnya, peserta LKSM akan menerima materi untuk membentuk kompetensi kepemimpinan strategis mereka. Materi pertama adalah tentang sejarah pemikiran manusia yang akan dibawakan oleh Dr. Donny Gahral. Setelah memberikan materi, beliau akan menjadi panelis bagi setiap kelompok peserta yang mempresentasikan kajian mereka (tentang pemenuhan hak EKOSOB berdasarkan obsevasi di Bantar Gebang).

Materi berikutnya yang akan dibawakan oleh Prof. Ibnu Hamad adalah tentang mahzab Frankurt dan teori komunikasi. Materi ini diberikan untuk memberikan pemahaman tentang metode komunikasi yang efektif dengan pendekatan ideologis. Akhirnya, pada akhir sesi materi, peserta akan diberikan ilmu mengenai manajemen perubahan, karena sesungguhnya, tujuan akhir dari LKSM adalah menciptakan pemimpin perubahan ke arah yang lebih positif. Materi ini akan diberikan oleh Rhenald Kasali, Phd.

Berminat menjadi pemimpin besar bangsa berikutnya? Catat waktu dan tempatnya :

Sesi I : “Grand Opening”

Seminar, Bedah Film dan Seleksi

25 September 2010

Pukul 09.00 – Selesai

Auditorium AJB FISIP UI

Sesi II : “LKSM Journey”

Dive In, Mentoring, Analisa Realitas Sosial

2 Oktober 2010

Pukul 07.00 – selesai

Bantar Gebang

Sesi III : “Final Season”

Materi dan Dialog Inspiratif, Presentasi Dive In

9 Oktober 2010

Pukul 09.00 – selesai

Student Center FE UI

Bagi yang berminat mengikuti acara ini, silahkan mendaftar dengan mengirimkan SMS :

LKSM 2010_Nama Lengkap_Jurusan_Fakultas_Angkatan

Kirim ke 021-97845017

Pendaftaran ditutup tanggal 22 September 2010

Peserta yang diperbolehkan mengikuti LKSM minimal sudah menempuh kuliah selama 2 semester

Setelah terseleksi, peserta akan dikenakan biaya Rp 15.000 sebagai investasi

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

Vina 081808386907

Hadi 081399110402

Atau klik di laman group facebook kamihttp://www.facebook.com/group.php?gid=111308035594643&v=wall dan blog kami di http://cerdasmenembusbatas.blogspot.com/2010/09/lksm-2010.html

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA