Latihan Kepemimpinan Strategis Mahasiswa (LKSM) 2011 “Leader for change: We Learn, We Lead, We Inspire”


0

poster LKSM UI 2011

Latihan Kepemimpinan Strategis Mahasiswa (LKSM) merupakan sebuah latihan kepemimpinan mahasiswa terbesar dan terpusat sepanjang sejarah UI yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian dan Studi Gerakan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (PUSGERAK BEM UI). LKSM 2011 bertujuan untuk mewadahi kaderisasi terintegrasi lembaga kemahasiswaan UI yang memberikan bekal pemahaman komprehensif mengenai kepemimpinan pada mahasiswa  dan menumbuhkan dan membentuk leadership skill pada mahasiswa.

Great leaders who understand the direction of change, will lead by

example. He was in front, make sacrifices for the good. He invites

others to sacrifice, without having to feel hard.” (Prof. Dr. Rhenald Kasali, PhD)

 Berangkat dari kutipan di Prof. Dr. Rhenald Kasali, PhD tersebut, kepemimpinan merupakan sesuatu yang dapat direfleksikan dari posisi atau jabatan seseorang. Lebih dari itu, kepemimpinan merupakan hasil dari suatu proses pembelajaran mental dan perilaku belajar yang dilalui seseorang, khususnya bagi mereka yang berpikir dan bertindak sebagai pemimpin. Mindset memproduksi perilaku, dan perilaku menghasilkan hasil.Dari sinilah, program Latihan Kepemimpinan Strategis Mahasiswa yang bertajuk “Leaders for Change: We Learn, We Lead, We Inspire”ini difokuskan pada pengembangan pola pikir kepemimpinan dan kemampuan kepemimpinan pada mahasiswa. Tiga peran mahasiswa yang dikenal sebagai agent of change, moral force, dan sebagai iron stock menjadikan mahasiswa menjadi ujung tombak harapan bangsa.

Mendidik sesorang pemuda berarti sama dengan membentuk pribadi pemimpin bangsa. Ia menjadi modal yang berharga untuk membangun fondasi kenegaraan yang kuat. Di tangan pemuda lah masa depan suatu bangsa akan dipertaruhkan. Oleh karenanya penting untuk membentuk barisan pemuda yang kuat lagi kokoh, mampu berpikir secara mandiri, punya kepedulian sosial yang tinggi, dan mampu membimbing dan mengarahkan masyarakat menuju kesejahteraan dan kemerdekan yang sebenar-benarnya.

Rangkaian kegiatan LKSM 2011 akan dibuka dengan Grand Opening LKSM yang akan dibuka dengan keynote speech dari tokoh nasional. Setelah itu akan dilanjutkan oleh penampilan hiburan teater yang bertemakan ‘‘Lucunya Kepemimpinan Negeri Ini’’. Diskusi bertemakan What Makes A Leader yang akan membahas mengenai kepemimpinan, sejarah dan evaluasi kepemimpinan di Indonesia, serta pemimpin di kancah global. Diskusi ini menjadi inti acara Grand Opening LKSM 2011 dengan menghadirkan tiga pembicara dalam talkshow serta akan dimoderatori presenter TV terkemuka. Setelah diskusi tersebut berakhir, akan diberikan pengarahan terkait pelaksanaan rangkaian LKSM 2011.

Rangkain acara yang kedua adalah Segmented Classes dimana terdapat tiga materi yang akan diberikan dalam masing-masing kelas, yaitu:

  1. “Membangun Community Development: Awali Dengan Kontribusi, Akhiri Dengan Menginspirasi”
  2. “Menyusun Action Plan: Berpikir Kritis, Bertindak Strategis”
  3. “Menyuarakan Pemimpin: Komando Pemimpin”

Peserta akan mendapatkan kuliah umum di kelas besar dari masing-masing pembicara per sesi sesuai materi, tema dan kompetensi pembicara yang ditetapkan panitia. Dalam setiap sesi, akan dihadirkan dua pembicara yang akan membahas tiap bahasan topic dari substansi berbeda, akan ada 6 pembicara serta 2 moderator.

Di akhir Segmented Class, 200 orang peserta akan dibagi menjadi 40 kelompok kecil setiap kelompok berjumlah 5 orang dan masing-masing kelompok memiliki 1 orang ketua. kelompok ini nantinya akan diseleksi melalui suatu mekanisme dan hanya 8 kelompok atau 40 orang peserta terbaik yang dapat melanjutkan ke tahap Homestay

Pada tahap Homestay yang bertemakan “Leaders to Serve” ini merupakan inti dari penyelenggaraan LKSM 2011 di mana para peserta dari kelompok terpilih akan turun langsung ke masyarakat dan melakukan observasi kondisi masyarakat serta membuat konsep kebijakan apa yang akan dilakukan andai mereka adalah pemimpin sesungguhnya di tengah masyarakat. Homestay akan berlangsung selama dua hari 1 malam dan bertempat di Desa Pasireurih, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Pada kegiatan ini peserta akan melakukan observasi kondisi masyarakat dan akan melakukan acara diskusi desa serta hiburan rakyat di fasilitasi sepenuhnya oleh panitia, selain itu, setiap kelompok akan mendapat kedatangan alumni LKSM UI dan PUSGERAK BEM UI. Peserta akan mendapat pengalaman yang luar biasa dengan diskusi, tinggal, dan merasakan pesta rakyat bersama masyarakat di mana lokasi Homestay berada. Peserta juga dapat pengalaman dengan cerita langsung dari para alumni LKSM mengenai keikutsertaannya dalam LKSM. Selain itu, peserta akan mendapat pelatihan mental dari para alumni LKSM saat sesi drilling berlangsung. Di akhir sesi Homestay akan diadakan pemilihan ketua angkatan LKSM 2011 yang nantinya 1 orang terpilih bertanggungjawab menjalankan tugas menjadi pemimpin konferensi pada Closing Ceremony.

Dalam Closing Ceremony LKSM ini akan menjadi sesi terakhir dalam pelaksanaan LKSM tahun ini. Kegiatan terakhir dari rangkaian kegiatan LKSM 2011 akan diisi dengan konferensi pembuatan konsep kebijakan oleh peserta berdasarkan hasil observasi di lokasi Homestay dan di pimpin langsung oleh ketua angkatan LKSM 2011 terpilih. Konferensi ini akan menghasilkan output dan mendapatkan feedback langsung dari panelis pakar-pakar mengenai masalah Globalisasi dan desa. Output ini berupa konsep kebijakan di desa tersebut dan menjadi tanggung jawab angkatan LKSM 2011 yang berjumlah 40 orang dengan PUSGERAK BEM UI sebagai pengawas. Output yang direncanakan nantinya akan dilaksanakan maksimal sampai kepengurusan BEM UI 2011 berakhir. Di akhir acara akan diadakan awarding peserta terbaik LKSM 2011 sekaligus pengukuhan angkatan LKSM 2011.

Merasa tertarik dan tertantang menjadi calon pemimpin sejati bangsa ini berikutnya? Ayo tandai kalendermu sekarang juga!

–  Grand Launching LKSM 2011

Waktu: Sabtu, 12 November 2011

Tempat: Balai Sidang UI

–  Segmented Classes

Waktu: Sabtu, 12 November 2011

Tempat: Balai Sidang UI

–  Homestay: Leaders to Serve

Waktu: Sabtu-Minggu 19-20 November 2011

Tempat: Desa Pasireurih, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat

–  Closing Ceremony LKSM

Waktu: Sabtu, 26 November 2011

Tempat: Auditorium Gedung I FIB UI

 

Bagi yang berminat pendaftaran peserta akan dilakukan pada 24 oktober 2011-9 november 2011:

  • via SMS: Nama lengkap_Fakultas/Jurusan_Angkatan_No.Telp_Email kirim ke 0856 9390 4603 atau 0815 8140 935
  • via Twitter: Nama lengkap_Fakultas/Jurusan_Angkatan_No.Telp_Email twit ke @LKSMUI2011

NB: Peserta yang boleh mengikuti acara ini adalah mahasiswa aktif Universitas Indonesia, minimal telah menyelesaikan semester 2 . Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Mulki : 085693904603


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply