Leadership Moment (Tweet)

Baca ringkasan buku “Leadership Moment”. Ngebahas ttg momen2 kepemimpinan yg pernah menyapa tiap org. Ya, fokusnya ada di “momen”

Jadi, si leader ini jadi leader ketika “momen”nya tiba. BIasanya sih tanpa diduga dan situasi saat itu lagi kritis banget

Misal gini. Ada gubernur naek kereta, terus kereta itu kecelakaan. Nah, yg jadi leader utk ngendaliin situasi itu blm tentu si gubernur

Bisa aja leader yg muncul si masinis,atau penagih karcis, atau malah penumpang biasa. Dia sih g kepikiran, tp “momen” mengharuskan ia muncul

Atau kayak cerita yg dituturkan di buku ini. Si leader hrs menyelamatkan dirinya dan anak2 buahnya yg terjebak dalam api. Nah loh..gmn cara?

Yg unik adl, walaupun leader yg dikelilingi api itu dah ngasih keputusan yg bener, g ada satu pun anak buahnya yg bergerak! 🙂 ada apa kah?

Ternyata jwbnnya ada di TRUST. Keputusannya tepat sih, tapi dia bkn org yg direspek sama anak buahnya. Jd g ada yg ngikut dia. Agak miris

Kata Useem, “kunci kepemimpinan model ini adl visi yg strategis, kemampuan menggerakkan org, dan hasil yang nyata”

Btw kenapa TRUST ke leader jadi sangat penting di situasi kritis dan mendesak? krn kita gak punya waktu utk mikir kayak di situasi normal.

kebanyakan org lgsg nyerahin semua keputusan ke leader. Bencana lah kalo leader yg dipilih di situasi kritis itu gak becus atau ga strategis

1 thought on “Leadership Moment (Tweet)”

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA