Liputan FORCE: Fight for Cervival Cancer

“Di dunia setiap dua menit, seorang wanita meninggal akibat kanker serviks.

Di Indonesia setiap satu jam, seorang wanita meninggal akibat kanker serviks,”

(Ferlay J et al. Globocan 2002. IARC 2004).

Fakultas Vokasi Komunikasi Hubungan Masyarakat ’08 Universitas Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan PT Merck, Sharp, and Dohme (MSD) Indonesia, menyelenggarakan sebuah event FORCE (Fight For Cervical Cancer) sebagai bentuk kepedulian terhadap ancaman kanker serviks. FORCE yang mengusung tema “Save The Indonesian Woman” ini, diselenggarakan pada 6 Mei 2010, pukul 11.00-17.00 WIB, di Pusat Studi Jepang (PSJ) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Depok.

FORCE bertujuan untuk meningkatkan kesadaran wanita khususnya mahasiswi akan bahaya kanker serviks. Acara ini memberikan edukasi yang mendalam seputar kanker serviks, dari mulai tahap prakanker sampai tahap terdiagnosa positif terkena kanker serviks, penyebab dan gejala yang ditimbulkan akibat terinfeksi virus HPV (Human Papillomavirus), serta cara pencegahan dan pengobatannya.

Rangkaian acara FORCE yang terdiri dari Talkshow Edutainment ini, diisi dengan pembicara Ira Wibowo (Icon Campaign MSD “Everything I Can”) dan dr. Adrian Setiawan, SpOg serta dr.Adhitiawati G Parengkuan, M.Biomed. Talkshow yang bertajuk Edutainment (Education and Entertainment) tersebut, dimoderatori oleh Wida Septarina Wijayanti, MSi (Dosen Public Relations UI). Sedangkan MC nya adalah Robby yang merupakan penyiar dari Global Radio.

Selain talkshow, FORCE mengadakan kompetisi kampanye “GO FORCE!” bertema Perangi Kanker Serviks. Kompetisi ini ditujukan kepada mahasiswi UI khususnya mahasiswi FISIP UI. Bentuk kampanye Perangi Kanker Serviks, diserahkan sepenuhnya kepada peserta, bisa dalam bentuk esai, makalah, blog, maupun fotografi. Peserta kampanye bisa secara individual maupun kelompok yang terdiri dari maksimal sepuluh orang. Penilaian kompetisi ini adalah kampanye terkreatif serta pesan yang ingin disampaikan pada media kampanye tersebut sampai dan dapat dipahami khalayak. Juara I mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1.500.000 sekaligus menjadi Duta Kanker Serviks FISIP UI yang ditunjuk oleh YKI. Juara II mendapatkan Rp 1.000.000 dan juara III mendapat Rp 500.000. Yang berhasil meraih juara I adalah Tim Kritis dari Komunikasi 2008 FISIP UI.

FORCE juga dimeriahkan oleh TANGGA, KAMGA TANGGA feat RAISA, FISIP A LOUD, dan HOSHI Band. Hoshi Band tampil membuka acara dan TANGGA tampil meriah di akhir acara yang sebelumnya telah tampil Kamga TANGGA feat Raisa. FISIP A LOUD juga tidak ketinggalan memeriahkan di tengah-tengah acara dengan paduan suara yang memukau.

Melalui acara ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para wanita Indonesia khususnya wanita yang berusia 18-28 tahun mengenai bahaya kanker serviks yang dapat berujung pada kematian. Pencegahan adalah langkah awal yang harus dilakukan karena mencegah, lebih baik daripada mengobati.

Fight For Cervical Cancer, NOW!!

– Save the Indonesian Woman –

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA