Liputan: Semarak Islamic Movie Days 2011

Pada tanggal 3-5 Maret 2011 yang lalu Forum Studi Islam Fakultas Ekonomi UniversitasIndonesia (FSI FEUI) kembali hadir dengan rangkaian acara Islamic Movie Days. Rangkaian acara ini merupakan program kerja tahunan dari FSI FEUI yang menyelenggarakan kompetisi, workshop, talkshow, dan exhibition tentang film-film yang mengandung nilai-nilai Islami.

Rangkaian acara Islamic Movie Days 2011 dimulai dari bulan November-Januari 2011 untuk competition, dan main event pada tanggal 3-5 Maret 2011 untuk Workshop, Talkshow, dan Exhibiton dengan tema besar Capturing The Beautiful Way of Islam.

Tema Capturing The Beatuful Way of Islam ini mengangkat tentang keindahan nilai-nilai Islam melalui media film. Film merupakan salah satu media yang cukup digemari oleh masyarakat dalam mencari hiburan, baik oleh kaum muda maupun kaum tua. Oleh karena itu, dengan adanya acara ini FSI FEUI dapat berkontribusi memberikan wadah kepada masyarakat untuk membuat suguhan-suguhan yang tidak hanya menjadi tontonan, akan tetapi juga menjadi tuntunan.

Kompetisi yang terdiri atas Islamic Poster Movie, Islamic Indie Movie, Islamic Scripwriting, dan Islamic Animated Movie tersebutdiikuti oleh kurang lebih 60 peserta dari siswa tingkat SMA/MA, mahasiswa, hingga sineas-sineas muda yang berasal dari berbaga ipenjuru Tanah Air.

Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2011 di gedung Perpustakaan FEUI ini mengangkat  tema teknik stop motion dalam membuat karya animasi. Trainer pada workshop kali ini adalah Firman Widyasmara, pemiliki Studio Moxie Lanting dan Pemenang Hellofest dengan filmnya yang berjudul “Little Tree, Little Me”. Workshop ini diikuti oleh 30 peserta yang berasaldari dalam maupun luar civitas academica Universitas Indonesia.

Talkshow yang dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2011 di Ruang Auditorium FEUI ini terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama mengangkat tema tentang Membangun Ekonomi dan Eksistensi Bangsa di Era Globalisasi melalui Film dengan menghadirkan pembicara Riri Riza (Sutradara) , Putut Widjanarko (Produser Mizan Production), dan Aditya Gumay (Sutradara). Sesi kedua mengangkat tema Film sebagai Media dalam Menyebarkan Pendidikandan Nilai-Nilai Budaya dengan menghadirkan pembicara Niniek L. Karim (aktris dan dosen Fakultas Psikologi UI), Nurman Hakim (Sutradara), dan Subantoro dari Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia.

Exhibition dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2011 di Pusat Perfiman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Kuningan, Jakarta Selatan yang diisi dengan pemutaran film pemenang Islamic Indie Movie Competition dan film-film Islami koleksi dalam negeri maupun luar negeri, seperti Rindu Kami PadaMu (Indonesia), Muallaf (Malaysia), dan Osama (Afganistan) serta pemberian penghargaan kepada para pemenang kompetisi IMD 2011.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA