Liputan Seminar Pengembangan Kompetensi Gizi Kesehatan Masyarakat: Choose Your Antioxydant

Pendaftaran dibuka sejak pukul 12.00, peserta sudah mulai melakukan pendaftaran dan dibagikan snack berupa salad buah, seminar kit, dan majalah produk dari Media Partner. Peserta yang sudah mendaftar sudah bisa menempati ruangan, namun acara baru dimulai pukul 13.00. peserta yang hadir mencapai 207 Peserta yang terdiri dari mahasiswa FKM UI, fakultas lainnya di UI, mahasiswa universitas lain (UNJ, PNJ), serta peserta umum dari kalangan professional.

antrian pengunjung
antrian pengunjung

Seminar yang dilaksanakan selama tiga jam ini diawali dengan penayangan video mengenai antioksidan alami dan antioksidan buatan. Kemudian, seminar dilanjutkan dengan penjabaran tema seminar oleh moderator. Sebelum presentasi dari pembicara-pembicara yang merupakan para pakar, Asosiasi Keluarga Gizi, yaitu himpunan mahasiswa Departemen Gizi FKM UI juga ikut memberikan presentasi mengenai survey penelitian kecil-kecilan yang dilakukan kepada beberapa mahasiswa FKM UI tentang pengetahuan antioksidan mereka.

suasana peserta
suasana peserta

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari setiap pembicara. Pembicara pertama yaitu akademisi dari Departemen Gizi Kesmas FKM UI, Dr. dra. Ratu Ayu Dewi Sartika, Apt, M.Sc mengenai pengertian antioksidan secara umum.  Selain memberikan pengertian, beliau juga memberikan contoh-contoh makanan dan minuman tradisional yang dapat dijadikan antioksidant, seperti  “wedang jahe” dan rempah-rempah lainnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan presentasi kedua dari Prof. Dr. Fransiska Rungkat Zakaria yang juga akademisi, beliau menjelaskan mengenai hubungan antioksidant dengan penyakit. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi ketiga oleh Ibu Yenni sebagai perwakilan dari BPOM RI, yang menjelaskan tentang bagaimana antioksidan buatan yang aman dan dapat legal dijual di pasaran.

suasana talkshow
suasana talkshow

Setelah ketiga presentasi tersebut, hadirin dihibur dengan dua buah lagu dari 3 orang mahasiswa gizi 2008 yang bersuara indah dan dapat membuat hadirin rilex, sambil menyiapkan pertanyaan yang bisa ditanyakan setelah hiburan. Sesi Tanya jawab ini dibuka 2 termin, masing-masing termin 3 pertanyaan. Hadirin sangat antusias untuk bertanya lebih lengkap dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

hiburan
hiburan

Acara ditutup dengan pembagian sertifikat untuk ketiga pembicara dan moderator oleh Project Officer, pembagian hadiah kepada peserta yang bertanya dan juga doorprize untuk 3 orang pemenang. Acara selesai sekitar pukul 16.00 dan sampai jumpa di seminar Gizi berikutnya.
pembagian sertifikat

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA