Liputan UI Festival 2010

UI Festival
UI Festival (uifestival.com)

1. Opening Ceremony

Opening ceremony diadakan pada tanggal 4 November 2010 dari pukul 14.30 – 17.30 WIB. Kegiatan yang dilaksanakan pada Opening ceremony ini adalah parade, acara pertunjukkan seni, dan pembukaan UI Festival 2010. Parade dimulai dari depan halte Fakultas Teknik UI menuju ke stasiun UI hingga berhenti di tempat pelaksanaan Opening Ceremony, yaitu Teater Daun FIB UI.

Parade ini diikuti oleh kontingen fakultas yang merupakan peserta UI Festival 2010 dan pendukungnya, selain itu, parade ini juga disemarakkan oleh rombongan marawis. Pada acara pertunjukkan seni diisi oleh penampilan dari Unit Kegiatan Mahasisiwa (UKM) Seni di UI, yaitu kelompok tari FIB UI Shivantaraja, Komunitas Musik FISIP UI, dan tambahan pengisi acara yaitu marawis. Dilanjutkan dengan sambutan dari Project Officer UI Festival 2010, Ketua BEM UI 2010, dan perwakilan Rektorat UI dari bidang Kemahasiswaan, lalu dibuka acara UI Festival 2010 secara simbolis dengan diledakkannya petasan.

2. Lomba Tari Tradisional

Lomba tari tradisional dilaksanakan pada tanggal 4 November 2010 di Teater Daun FIB UI dari pukul 10.00 – 16.00. Acara ini memperlombakan tari tradisional dan tari garapan tradisional yang diikuti oleh kontingen fakultas di UI. Selain acara perlombaan tari tradisional antar fakultas di UI, diselenggarakan juga Talkshow tari tradisional yang disponsori oleh Tupperware, dengan moderator yaitu Shanaz Haque dan pembicara yaitu Yati Pesek.

3. Lomba Menyanyi Tradisional

Lomba menyanyi tradisional dilaksanakan pada tanggal 4 November 2010 di Teater Daun FIB UI dari pukul 16.30 – 21.30. Acara ini mewajibkan kepada kontingen fakultas untuk membawakan 1 buah lagu tradisional atau 1 buah lagu tradisional medley. Selain menyanyi tradisional, pada perlombaan ini permainan alat musik baik modern maupun tradisional juga dihitung sebagai komponen penilaiannya.

Kreatifitas para kontingen fakultas sangat diuji pada perlombaan ini, karena mereka harus membawakan lagu tradisional yang dimodifikasi namun tidak menghilangkan jiwa dari lagu tersebut dengan tujuan agar orang yang mendengarnya tetap mengetahui lagu tradisional tersebut tetapi didengar dalam versi yang berbeda. Juri dalam perlombaan ini adalah orang-orang yang kompeten di bidangnya yaitu Bens Leo, Elsa Sigar, dan Levi Gunardi.

4. Lomba Teater

Lomba teater dilaksanakan pada tanggal 8 November 2010 di Teater Daun FIB UI dari pukul 10.30 – 18.30. Acara lomba teater ini mewajibkan fakultas menampilkan pertunjukkan teater dengan tema “Gayaku Bukan Budayaku”. Selain acara perlombaan teater antar fakultas di UI, diselenggarakan juga Talkshow teater dengan tema  “Gayaku Bukan Budayaku” yang disponsori oleh Tupperware, dengan moderator yaitu Shanaz Haque dan pembicara yaitu Ratna Riantiarno.

5. Seminar Kebudayaan

Seminar Kebudayaan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2010 di Pusat Studi Jepang UI dari pukul 10.30 – 15.30. Acara seminar kebudayaan ini mengangkat tema “Dangdut dari Dulu, Sekarang hingga Nanti”, dengan pembicaranya yaitu wartawan senior sekaligus pengamat musik dangdut, Theodore KS dan manager artis dangdut, Edy Purwanto, dan dengan moderatornya yaitu Sulaiman, mahasiswa yang membuat skripsi S1-nya dengan tema musik dangdut.

6. Lomba Band

Lomba band dilaksanakan pada tanggal 12 November 2010 di Lapangan Parkir FIB UI dari pukul 15.00 – 21.30. Acara ini mewajibkan kepada kontingen fakultas untuk membawakan 2 buah lagu wajib, yaitu 1 lagu daerah yang telah ditentukan sebelumnya oleh panitia UI Festival 2010 dan 1 lagu ciptaan sendiri. Tema dari lomba band ini adalah “Multikulturalisme”. Selain acara perlombaan band antar fakultas di UI, diselenggarakan juga perlombaan band yang dibuka untuk umum, yang sebelumnya band-band tersebut telah diseleksi oleh panitia UI Festival 2010.

7. Lomba Masak Tradisional

Lomba masak tradisional dilaksanakan pada tanggal 13 November 2010 di Lapangan Parkir FIB UI dari pukul 10.30 – 16.00. Acara lomba masak tradisional ini mewajibkan fakultas untuk memasak satu jenis makanan dengan bahan utama temped an tema dari lomba masak ini adalah “Rasa Khas Cita Nusantara, Tempe”, untuk jenis masakan yang wajib dimasak dibagi menjadi tiga jenis yaitu, goreng, tumis, dan kuah, pembagian jenis masakan ini telah ditentukan sebelumnya oleh panitia UI Festival 2010.

Selain acara perlombaan masak tradisional antar fakultas di UI, diselenggarakan juga Cooking Demo with Lifestyle dengan bahan dasar yang digunakan juga tempe, acara ini disponsori oleh Tupperware, dengan chef yang melaksanakan Cooking Demo yaitu Chef Karen Charlotta.

8. Lomba Dangdut

Lomba dangdut dilaksanakan pada tanggal 13 November 2010 di Lapangan Parkir FIB UI dari pukul 16.00 – 18.30. Acara lomba dangdut ini mewajibkan fakultas membawakan 1 buah lagu dangdut yang sebelumnya telah ditentukan lagunya oleh panitia UI Festival 2010. Pada lomba dangdut ini, peserta kontingen fakultas bernyanyi lagu dangdut dengan diiringi orkes dangdut.

Tema dari acara lomba dangdut ini adalah “Indonesia Punya Rasa”. Selain acara perlombaan dangdut antar fakultas di UI, ada pula penampilan dari penyanyi dangdut sebagai pengisi acara sekaligus komentator pada lomba dangdut ini yaitu Shamila Cahya.

9. Lomba dan Pameran Fotografi

Lomba dan Pameran Fotografi ini dibuka untuk semua mahasiswa UI, namun 1 orang hanya boleh mengirimkan maksimal 3 karya foto, tema untuk karya foto yang dapat dikumpulkan dalam perlombaan ini adalah Multikulturalisme. Pendaftaran dan pengumpulan hasil karya foto dimulai dari awal September 2010 hingga akhir Oktober 2010.

Setelah dilakukan penjurian oleh dua orang juri yaitu Ray Bachtiar dan Dikdik, dosen MPKS Fotografi, dipilihlah 20 hasil karya foto yang terbaik. 20 foto terbaik tersebut kemudian dipamerkan dan dipilih juara favorit berdasarkan pilihan mahasiswa UI. Selain juara favorit, juara I, II, dan III sebelumnya telah dipilih oleh kedua juri tersebut. Pameran fotografi dilaksanakan dua hari yaitu pada tanggal 11 November 2010 di Pusat Studi Jepang UI dari pukul 10.00 – 16.00 dan 13 November 2010 di Gedung 8 FIB UI dari pukul 10.00 – 19.00.  Juara I, II, III, dan favorit mendapatkan voucher dari Darwis Triadi School of Photography.

10. Closing Ceremony

Closing ceremony diadakan pada tanggal 13 November 2010 di Lapangan Parkir FIB UI dari pukul 19.30 – 22.00 WIB. Kegiatan yang dilaksanakan pada Closing ceremony ini adalah sambutan dari Ketua BEM UI 2010, sambutan dari Project Officer UI festival 2010, pertunjukkan seni, pembagian piala dan sertifikat bagi para pemenang lomba, pengumuman Juara Umum UI Festival 2010, dan penutupan UI Festival 2010.

Closing ceremony diikuti oleh kontingen fakultas yang merupakan peserta UI Festival 2010 dan pendukungnya. Pada acara pertunjukkan seni diisi oleh penampilan dari Unit Kegiatan Mahasisiwa (UKM) Seni di UI, yaitu Sport Dance UI, selain itu juga diisi oleh penampilan dari pengisi acara dari luar UI, yaitu band Keboedayaan, dan juga penampilan dari Juara I lomba band UI Festival 2010 dan Juara I lomba menyanyi tradisional UI Festival 2010.

Setelah pertunjukkan seni dan pembagian piala dan sertifikat bagi para pemenang lomba untuk Juara I, II, III, dan favorit dari semua bidang lomba seni yang dilombakan pada acara UI Festival 2010, lalu diumumkan Juara Umum UI Festival 2010.  Penutupan UI Festival 2010 dilakukan secara simbolis dengan dinyalakannya kembang api.

11. Lomba dan Festival Film Pendek

Lomba dan Festival Film Pendek ini dibuka untuk semua mahasiswa di Indonesia, namun dalam 1 team hanya boleh terdiri dari maksimal 5 orang dan mengirimkan maksimal 1 karya film pendek yang bertema Multikulturalisme dan belum pernah dilombakan sebelumnya dalam perlombaan film dan festival film manapun. Pendaftaran dan pengumpulan hasil karya film dimulai dari awal September 2010 hingga akhir Oktober 2010. Setelah dilakukan penjurian oleh empat orang juri yaitu Sheila Timothy, Armantono, Iman Brotoseno, dan Jajang C. Noer, dipilihlah 10 hasil karya film pendek yang terbaik. 10 film pendek terbaik tersebut kemudian diputarkan dan dipilih juara favoritnya. Selain juara favorit, juara I, II, dan III sebelumnya telah dipilih oleh keempat juri tersebut. Festival film pendek dilaksanakan pada tanggal 16 November 2010 di Pusat Studi Jepang UI dari pukul 10.30 – 16.00, sebanyak 10 film pendek terbaik hasil karya diputarkan. Selain itu, dilaksanakan talkshow dengan tema “Mengapa harus film pendek?”, dengan pembicara Sheila Timothy, produser film Pintu Terlarang, dan Edwin, pembuat film Babi Buta yang Ingin Terbang, dan moderatornya yaitu Pahleva Patria, Ketua Komunitas Film Fakultas Vokasi UI. Lomba dan festival film pendek ini disponsori dan didukung oleh Bicarafilm.com, Subtitle, Blitzmegaplex, filmkita.net, dan flick magazine.

4 thoughts on “Liputan UI Festival 2010”

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA