Life is simple, you make choices and you don’t look back.

– Han, Fast & Farious Tokyo Drift

 

advertisement

Clarissa Rizky – YOT CA UI – January Article. Akhirnya sudah masuk ke awal tahun yang baru. Walaupun udah berjalan beberapa hari, tapi suasana ‘awal mula’ itu masih kerasa banget buat saya. Seperti kebanyakan orang, saya juga sudah buat semacam list tentang tahun ini; target apa yang mau dicapai, apa yang mau dilakukan, apa yang mau ditinggalkan dari tahun sebelum-sebelumnya. Semua itu saya tentukan sendiri, saya yang pilih. Kadang dari awal tahun hidup menawarkan pilihan-pilihan yang konsekuensinya harus dihadapi setahun kedepan. Ada pilihan yang mudah sekali diputuskan ada juga yang butuh pertimbangan panjang sampai akhirnya berujung pada keputusan—yang harapannya—akan berujung pada perasaan bahagia.

Dari yang saya pelajari, pada dasarnya manusia itu hidup untuk mencari yang namanya kebahagiaan.

Whether you admit or not, anything that you particularly do in the mean time caused you a happy feeling in the end. Let say i want to be Psychologist to help others, to have a better life, to make my parents proud and yes, to be happy. My garbage man everyday work day by day to make money, maybe just for a dinner with his family. Yes, to see his son’s smile after eating fish and several not-so-healthy-menus, to be happy.

advertisement

Semua yang kita pilih itu sebenarnya untuk merasa bahagia. Jadi, pastikan apa yang kamu pilih tahun ini menghasilkan banyak senyuman dan perasaan bahagia—yang tidak bisa dipaksakan, karena datangnya dari hati—setidaknya lebih banyak dari tahun lalu. Meskipun akan selalu lebih mudah untuk membuat keputusan daripada hidup dengan konsekuensinya, tapi hidup nggak akan pernah berhenti untuk ngasih kamu pilihan. We’ll always end up in some intersection called a ‘decision making.’ Misalnya nih, kamu yang harus milih sendiri, mau kasih kontribusi (lebih banyak) atau tidak, mau berbagi (lebih banyak) atau tidak, atau yang terdengar konkrit nih—mau lulus tahun ini atau tidak. Setelahnya, itu terserah kamu mau jalan terus atau masih bolak-balik nengok ke belakang.

 Mumpung 2012 belum berjalan terlalu jauh, ayo sekali aja liat rencana kamu, pastikan kamu memilih hal, kegiatan, atau apapun yang akan membuat kamu (dan kalau bisa, lebih banyak orang lain) merasa bahagia dan juga menjadi lebih baik.

Belum buat pilihan apa-apa? Percaya deh sama kata orang bijak yang bilang kalau “New year is God’s way of saying: “No matter where you’ve been or what you’ve been through, you can always start fresh.” Yuk mulai dari sekarang!

advertisement

Sincerely yours,

Clarissa Rizky



advertisement