[Lomba Foto dan Film] KrimOgraphy! “Capturing Women and Violence Phenomenon” [Deadline 30 Oktober 2009]


0

“The emotional, sexual, and psychological stereotyping of females begins when the doctor says: It’s a girl.” – Shirley Chisholm—

Isu perempuan adalah isu sosial yang tidak lepas dari kehidupan sosial masyarakat. Perempuan seringkali digambarkan sebagai manusia yang lemah dan diposisikan sebagai masyarakat kelas dua. Sebagai pelaku kejahatan perempuan seringkali mendapat perlakuan yang bias gender, dengan memandang perempuan yang melanggar hukum sebagai penyimpang ganda, pertama karena ia perempuan yang secara sosial tidak diharapkan melakukan pelanggaran dan yang kedua karena pelanggaran itu sendiri. Berbagai fenomena dan problematika yang dialami oleh perempuan ini terdapat di masyarakat dan diperjelas oleh media massa.

Beranjak dari hal tersebut Himpunan Mahasiswa Kriminologi bermaksud mengadakan kegiatan bertajuk “Perempuan dalam Realita”. Dengan mengangkat tema tentang problematika perempuan serta realitanya dalam kehidupan sehari-hari yang terekam oleh lensa sebagai media yang merupakan sumber fakta untuk berbagai kepentingan, baik sebagai bukti maupun informasi.

Ketentuan dan Persyaratan Lomba:
A. Ketentuan Umum

  • Tema Lomba Foto dan Film: “Capturing Women and Violence Phenomenon”
  • Foto dan film merupakan kejadian yang sebenarnya atau rekayasa tergantung pada kreatifitas pemotret.
  • Foto dan film yang diterima panitia akan dipamerkan selama satu minggu di area FISIP, UI. Pada tanggal 16-20 November 2009.
  • Deadline pengumpulan foto dan film adalah tanggal 30 Oktober 2009.
  • Setiap foto dan film merupakan karya asli dan isinya menjadi tanggung jawab peserta lomba. Hak cipta merupakan milik peserta lomba, panitia acara hanya akan menggunakannya dalam rangkain acara dan yang tidak berhubungan dengan komersil.
  • Setiap karya yang masuk tidak pernah memenangkan atau sedang diikutkan dalam perlombaan.
  • Perlombaan ini terbuka untuk umum dalam ataupun luar negeri (kecuali panitia dan seluruh mahasiswa Kriminologi FISIP UI)
  • Setiap peserta wajib menggunakan nama asli sesuai dengan identitas resmi (KTP/SIM/Paspor) dan melampirkan fotocopy identitas, dan mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  • Panitia berhak mendiskualifikasi peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap melakukan kecurangan.
  • Keputusan Dewan Juri sah dan tidak dapat diganggu gugat.

B. Lomba Fotografi

Hadiah

Juara 1 Rp. 2.000.000,- + Plus Piagam
Juara 2 Rp. 1.500.000,- + Plus Piagam
Juara 3 Rp. 1.000.000,- + Plus Piagam
Persyaratan

  • Karya foto yang dikirimkan dapat berupa foto berwarna atau hitam putih.
  • Pemotretan dapat dilakukan dengan media film ataupun digital.
  • Olah digital hanya diperbolehkan sebatas Basic Editing (photoshop brightness/contrast, levels, hue/saturation, cropping tidak diijinkan lebih dari 30% foto asli dan framing)
  • Foto dikirimkan dalam bentuk hardcopy satu (1) rangkap ukuran 12R (30×40 cm) dan softcopy dalam satu CD. Foto analog di-scan terlebih dahulu agar dapat ditaruh di dalam CD.
  • Peserta berhak mengumpulkan maksimal 5 karya.
  • Caption ditulis dalam selembar kertas dengan maksimal 100 kata.
  • Data kamera dan foto sebaiknya dilampirkan (untuk share pembelajaran); jenis kamera, diafragma, shutter speed, jenis lensa (optional), serta informasi lain jika ada.
  • Peserta wajib untuk membayar uang pendaftaran sebesar Rp35.000/karya.

C. Lomba Film
Hadiah

Juara 1 Rp. 3.000.000,- + Plus Piagam
Juara 2 Rp. 2.000.000,- + Plus Piagam
Juara 3 Rp. 1.500.000,- + Plus Piagam
Persyaratan

  • Film dapat berupa film dokumenter, film pendek, feature, asalkan masih sesuai dengan tema.
  • Tim beranggotakan maksimal 2-5 orang
  • Durasi film maksimal 20 (dua puluh) menit, termasuk opening dan credit title.
  • Peserta diharuskan mengumpulkan film dokumenter dalam format MPEG2 dalam DVD atau MPEG dalam CD (3 keping)
  • Peserta berhak mengumpulkan maksimal 3 karya.
  • Sinopsis ditulis dalam kertas (diketik rapi) dengan maksimal 200 kata.
  • Peserta wajib untuk membayar uang pendaftaran sebesar Rp75.000/karya.

D.PenerimaanKarya

Himpunan MahasiswaKriminologi
Up: Panitia Krimography
Departemen Kriminologi
Gedung B Lantai 1, Kampus FISIP UI
Depok 16424

E. Pembayaran
Langsung ke Himpunan Mahasiswa Kriminologi FISIP UI
Atau transfer ke BNI Cabang UI, Depok
0162521858 atas nama Elvira
Konfirmasi transfer sms ke (021)93073935 (sdr.Anya) dengan mencantumkan No Rekening dan nama. Bukti transfer dikirimkan
Bukti transfer dikirimkan bersamaan karya.

F. Keterangan Lebih Lanjut

ANYA (021)93073935 – OBETH (021)94011830 – ADJE (085693001102)
Email: krimography@yahoo.com
www.krimography.blogspot.com/


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
crliquid

Seorang mahasiswa yang mencari jati diri. Mencari kebenaran dalam kegelapan.

20 Comments

Leave a Reply

  1. Pada latar belakang :
    “Dengan mengangkat tema tentang problematika perempuan serta realitanya dalam kehidupan sehari-hari yang terekam oleh lensa sebagai media yang merupakan sumber FAKTA untuk berbagai kepentingan, baik sebagai bukti maupun informasi.”

    Pada ketentuan umum:
    “Foto dan film merupakan kejadian yang sebenarnya atau REKAYASA tergantung pada kreatifitas pemotret.”

    Jadi FAKTA atau REKAYASA?

  2. Inti dari lomba ini adalah mengkampanyekan tentang kesetaraan perempuan di bidang apapun. Jadi hasil karya yang diberikan atau dilombakan bagaimana dapat membawa nilai-nilai tersebut.

    Fakta atau rekayasa bukan merupakan sebuah penilaian dalam lomba ini. Namun kekuatan pesan dan unsur-unsur fotografy atau film menjadi folus terhadap penilaian

  3. bagaimanakah cara pengiriman yang berada diluar kota. contohnya saya yang berada dimakassar yang ingin ikut lomba. terima kasih.

  4. Saya andi, dari Surabaya…
    saya berminat untuk ikutan lomba fotografi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kriminologi UI. namun ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, yakni:

    1. Batas akhir pendaftaran itu tanggal 30 Oktober cap pos ataukah tanggal 30 harus sudah masuk di meja panitia ?
    2. Pengumuman pemenangnya itu kapan ?
    3. Juri lomba foto siapa saja dan berapa orang mbak/mas ??

    terima kasih sebelumnya, semoga pertanyaan ini bisa membantu saya untuk lebih mengetahui kriteria yang telah ditetapkan panitia. semoga sukses…

  5. Oia satu lagi,,,,, kenapa kok even sekelas nasional hadiahnya kok terkesan masih regional yah ?? apalagi ada biaya pendaftaran per karya sebesar Rp. 35.000.

    Kita sebagai fotografer amatir ya sedikit keberatan dengan sistem itu. Cuz misalkan saya mengirimkan 2 karya foto, harga cetak foto untuk 12R katakanlah 20ribu plus pendaftaran 2 karya 70ribu plus biaya pengiriman 20ribu. Jadi total pengeluaran untuk karya tersebut sebesar 130ribu !! harga yang sedikit (bahkan sangat) mahal untuk fotografer amatir seperti saya.

    Yahh…. mungkin ini sebagai saran aja ke panitia, semoga acaranya berjalan dengan sukses !! trims..

  6. Sekalian tanya juga mas/mbak panitia… apakah peserta yang mengirimkan lebih dari satu karya juga bisa menang lebih dari satu ?? seperti misalkan si Z mengirimkan dua karya dan penilaian si Juri juga mendukung kalo karya Z ini menang semua (misalnya) jadi juara 1 dan 3.

    ataukah peserta hanya “berhak” untuk menang satu kali aja ??

    Oia satu lagi,,,,, kenapa kok even sekelas nasional hadiahnya kok terkesan masih regional yah ?? apalagi ada biaya pendaftaran per karya sebesar Rp. 35.000.

    Kita sebagai fotografer amatir ya sedikit keberatan dengan sistem itu. Cuz misalkan saya mengirimkan 2 karya foto, harga cetak foto untuk 12R katakanlah 20ribu plus pendaftaran 2 karya 70ribu plus biaya pengiriman 20ribu. Jadi total pengeluaran untuk karya tersebut sebesar 130ribu !! harga yang sedikit (bahkan sangat) mahal untuk fotografer amatir seperti saya.

    Yahh…. mungkin ini sebagai saran aja ke panitia, semoga acaranya berjalan dengan sukses !! trims..

  7. Kepada Sdr.Andi
    Tanggal akhir pengumpulan karya max. 30 oktober di meja panitia. namun apabila satu dan lain hal kami masih bisa menerima tenggang waktu max.4 hari asal di konfirmasikan terlebih dahulu.

    Untuk pemenang lomba akan diumumkan di seminar “Perempuan dan Media dalam Kajian Kriminologis” pada tanggal 19 November 2009. (kami akan informasikan lebih lanjut lagi).

    Juri lomba foto/film berjumlah masing 3 orang yang merupakan praktisi foto/film yang berkompeten dan dari bidang akademis (dosen departemen kriminologi).

    Untuk kemungkinan menang, setiap karya yang masuk berkesempatan untuk menang. Jadi kemungkinan untuk satu orang menang lebih dari 1 kali ada. Karena kami menilai berdasarkan karyanya.

    terimakasih telah berpastisipasi dalam acara kami!

    Panitia.

  8. PEMENANG KOMPETISI FILM PENDEK DAN FOTOGRAFI CAPTURING WOMEN AND VIOLENCE PHENOMENON

    KOMPETISI FILM PENDEK

    Juara I : Timoti Tirtha & Moh.Adiartha – Tanda Jasa Pahlawan Devisa

    Juara Favorit*
    Bati Production – Renunganku
    Kita-Kita Production – Perempuan?
    Kita-Kita Production – Sebelum Titik

    KOMPETISI FOTOGRAFI

    Juara I : Andi Sahrial – Antri Memilih
    Juara II : Wawan Wahjudianto – Apa Yang Kau Lihat?
    Juara III : Yogi Nalendra Modjo – Please, Release Me

    Selamat Bagi Para Pemenang dan Terimakasih Atas Partisipasinya.

    * Juara favorit diadakan dikarenakan adanya kesamaan nilai setelah dilakukan penjurian.

  9. Alhamdulilahhhh……
    Ternyata namaku nongol juga di daftar pemenang.
    ^_^v

    trus sekarang gimana ambil hadiahnya yah ?? prosedurnya ?? apakah dikirim ato yak apa ??

    hehehehehehehehe……
    Maklum kawan, luar kota nih !!

    Btw Selamat juga buat temen2 yang laen, teruslah dan jangan berhenti berkarya !!

  10. udah di hub mbak.. tapi kok belum dikirim2 ya hadiahnya?… rekening n alamat udah dikirim ni dari seminggu lalu..

  11. Setuju dengan Rezha..Pengen liat foto-fotonya… syukur kalau dikasih liat juga yang nominasi… belajar dan belajar…
    @Bondan : kita senasib kayaknya… mungkin masih menunggu Kepala departemen mereka yang belum kembali dari luar kota.. (copy paste dari Rima, panitia, sms 25 Nov. 2009)

  12. oh.. makasih yaa.. hadiah nya udah sampe.. tinggal yang sertifikat.. wah ternyata banyak ya yg dari luar kota.. o iya tuh.. bener juga, kalo bisa filmnya di upload di yotube sama foto2nya.. belajar.. belajar..

  13. Alhamdulilah hadiahnya uda kekirim, btw setuju banget mbak/mas jika foto-fotonya di tampilin di internet. cuz kita2 yang dari luar kota juga bisa sharing2 n menimba ilmu dari temen2 yang lain.

    semoga usul temen temen ini berkenan di panitia.
    amiinn…. ^_^v

  14. pagi mbak/mas,,,

    cuman mau tanya nih, sebelumnya terima kasih cuz hadiah nya yang berupa uang udah ter transfer n saya nerima itu.

    tetapi maaf sebelumnya, untuk sertifikat, piala, n yang lain kok masih belum dikirimkan ??

    Sertifikat itu saya butuhkan untuk tambahan referensi buat kerja. n juga sebagai kenang-kenangan. jadi tolong mas untuk bisa mengirimkan sertifikat n yang lainnya.

    Kalo memang ada masalah dengan ongkir pos nya, biar saya yang nanggung. ga masalah kok. asalkan bisa nyampe ke tujuan.

    cuz mulai dari akhir november 2009 n sampai sekarang saya tunggu belom datang juga. khawatirnya mungkin takut kelupaan atau apa.

    mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, maaf kalo memang ada salah2 kata, tak lain untuk kemajuan kita semua. hehehehehe…

    salam

    Andi Sahrial