Lomba Keilmuan Teknik Industri (LKTI)

poster

Lomba Keilmuan Teknik Industri (LKTI) merupakan lomba rutin tahunan yang dilakukan oleh Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (IMTI) UI. LKTI bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menjawab problema industri di dunia nyata. LKTI bukan hanya sekedar diskusi dan forum sharing pengetahuan, tetapi juga wadah untuk mengimplementasikan konsep dari teknik industri di dunia nyata. LKTI merupakan pelopor kompetisi di bidang teknik industri di Indonesia sejak tahun 2001. Pada LKTI yang ke – 14  ini kami mengangkat tema “Welcoming 2015 ASEAN Open Sky : Escalating Nation’s Airlines Competitiveness through Services Management”. Tema ini dipilih karena mengingat kebijakan ASEAN Open Sky yang akan diterapkan pada tahun 2015 mendatang yang akan mempengaruhi Industri Penerbangan di Indonesia.

LKTI mengundang seluruh universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Industri. Pada tahun ini, LKTI juga mengundang beberapa jurusan Teknik Industri dari universitas mancanegara seperti Singapore, Jerman, Jepang, dan sebagainya. Dari beberapa tim universitas yang telah mendaftar dan mengikuti preliminary stage, dipilih menjadi 25 tim terbaik untuk mengikuti Main Stage pada tanggal 9 – 13 Maret 2014 di lingkungan Kampus UI Depok.

Main Stage LKTI terdiri dari tiga stage.  Stage pertama merupakan IEQ  Test, yaitu tes yang dilakukan untuk menguji pengetahuan dasar peserta mengenai keilmuan Teknik Industri. Stage kedua merupakan Simulation Gaming dimana peserta akan diberikan simulation model dari airline traffic dan menentukan strategi yang paling tepat untuk dipilih. Berdasarkan hasil dari stage pertama dan kedua, akan dipilih 5 tim terbaik untuk maju ke stage ketiga atau final stage. Pada final stage ini, kelima tim akan diberikan Real Case Study mengenai Indonesia’s Airline Services Management dan peserta harus menentukan problem solving dari case tersebut.

Teaser LKTI 2014

twitter: @LKTI_UI
web : http://lkti.ie.ui.ac.id
e – mail : lkti@ie.ui.ac.id

Leave a Comment