‘Mabog’ yang Gersang, Panas, dan Gerah di FKM

Pemanasan global makin parah, apakah harus diperparah lagi???


0

Hari ini (Jumat, 26 Februari 2010) saya mengerjakan tugas di FKM bersama teman-teman saya. Kami mengerjakan tugas di area yang kami sebut ‘Mabog’. Apa maksud dari ‘Mabog’?

Seperti yang telah diketahui, kini di FKM ada perubahan (cukup) besar di antara gedung A dan B. Yaitu hilangnya taman bougenville, digantikan oleh semacam kanopi dari triplek plastik seluas area ini, bertujuan agar area ini tetap dapat dimanfaatkan walaupun hujan sedang turun.

Tetapi manfaat baik yang diharapkan muncul setelah konstruksi ini selesai tidak terlalu sesuai dengan kenyataan. Kini, area yang dulu sangat sejuk dinaungi bougenville yang telah merambat di atas area ini sepenuhnya, telah musnah. Tergantikan oleh plastik-plastik yang membuat area ini gersang, panas, gerah, dan apa pun sebutan lain yang tidak nyaman. Area ini kami namakan ‘Mabog’, yaitu singkatan dari ‘Mantan Bougenville’, karena dulunya area ini terlindung oleh bougenville yang merambat di atas kami, memberikan kesejukan walau sinar matahari sangat terik.

Beberapa tampak masih merasa enggan untuk melakukan kegiatan di sini. Padahal sudah disediakan banyak kursi dan meja, colokan listrik, agar dapat dimanfaatkan ketika mengerjakan tugas mereka. Banyak yang mengeluhkan hal ini, termasuk saya. Memang, ketika angin berhembus, hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Tetapi ketika cuaca benar-benar panas, sinar matahari yang terik itu ‘memanggang’ kami yang sedang berada di ‘Mabog’ ini.

Kami tetap bertahan di sini, bukan karena kami merasa nyaman, tapi kami melakukan itu dengan terpaksa, karena fasilitas di sini memang sudah bagus dan menunjang kegiatan kami mengerjakan tugas. Belum lagi kalau hujan. Sepertinya ada kekurangan dalam penyusunan konstruksi, karena air hujan masih dapat menetes ke dalam melalui celah-celah kanopi.

Sangat menyedihkan melihat perkembangan ‘fakultas terhijau di UI’ ini. Perlahan beberapa area hijau berkurang akibat konstruksi-konstruksi yang dipandang kurang bagus efeknya bagi lingkungan. Seandainya kegiatan ini dibarengi dengan solusi lingkungan yang baik, misalnya saja memperkuat kaki-kaki kanopi dan membuat ‘taman’ di atas kanopi ini untuk mencegah sinar matahari berlebihan. Kalau seperti ini, sih, sama saja mendukung pemanasan global.

Saya masih berharap tidak ada lagi konstruksi aneh-aneh yang membuat FKM makin gersang, begitu pun dengan fakultas lain. Kalau mau membuat bangunan, buatlah yang ramah lingkungan… Apalagi proyek boulevard UI yang nanti akan menghilangkan gedung BNI itu, akan lebih baik lagi bila di pinggir dan di antara dua jalur boulevard itu terdapat pohon-pohon besar yang bisa ‘mengantarkan’ para pengunjung yang masuk dan keluar UI dalam kerindangan. Tak maukah kita bila hal baik itu ada di UI? Syukur-syukur UI bisa menjadi ‘World’s Greenest University’!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

102 Comments

Leave a Reply

  1. Iya..bener, panas banget sekarang disana.
    Memang sepertinya sebelum melakukan perubahan perlu mempertimbangkan masak2 akibatnya nanti.

  2. Menurut aku sih, kampus ungu makin hijau dan ‘cantik’. Sabar aja.. Toh bougenvillenya dibiarin tumbuh lagi kan. Ntar jg nutupin ‘kanopi’ yg bikin gerah itu.

  3. yah…. begitu deh mahasiswa. Dulu aja pada minta hotspot + colokan listrik, eh giliran udah ada gak pernah merasa puas, merasa panas dengan konstruksi yang ada.

    comment langsung dong, ke sms hotlinenya pak dekan. biar bisa dia tau. belum tentu kan dia baca disini.

  4. @ tonon: kenapa pake ngebalik2 Id gue segala? Lo udah tau kan keluhan ini? Lo aja yg sms langsung kesana.

  5. #4 yang lebih lucu lagi, pas bikunnya masih lama pada protes, ee.. pas dibeliin malah protes juga, ada kok tulisannya di sini

    Ni mahasiswa kritis apa dah ngerasa jadi raja sih??????????

  6. hadohh… nih gw tau bgt anak FKM 2 org yang lg komen2an..

    gw sebagai duta anakui.com perwakilan FKM (ngaku2) sangat menyarankan untuk pake nama asli / nama panggilan yang familiar…

    jangan nge SPAM doank di komentar sini..

  7. @ Pro tonon: Lah gue nggak ngelarang lo mau ngomong apa..gue cuma nanya. Lo lagi ngomongin bikun ape mabog?

    @ Kak Bule: bukan nge-SPAM si pro tonon ngomongnya keras ya saya juga keras.

  8. @ all :
    mahasiswa memang harus kritis, jadi nggak ada salahnya apa bila si penulis mengkritisi apa yang terjadi di kampusnya. Pun tidak salah juga buat tonon yang juga punya pandangan. toh bener kata adew, gue juga ngeliat tuh pohon bougenville tumbuh lagi, dan memang akan di pelihara lagi. dan juga di situ juga di tambahkan pohon-pohon penghijau tambahan (yang ada di pot). Tampaknya pihak fakultas juga sadar kalau kampus perlu dijaga agar tetap “hijau” dan fasilitas kamus harus senantiasa diperbaiki.

    bahkan sekarang gue ngeliat, makin banyak mahasiswa yang memanfaatkan meja2 diskusi dan colokan listrik serta hotspot yang ada. nggak peduli itu pagi, siang, sore atau malem. Tiap Gue lewat pasti ada aja yang lagi memanfaatkan tuh fasilitas.

    yang perlu loe2 pada (termasuk gue) rubah tuh , ternyata banyak mahasiswa di fkm kalau abis pake meja diskusi pasti pada ninggalin sampah sembarangan dan seenaknya (kayak bukan mahasiswa) ….. parah kan!!!
    + oh iya … gue kadang terganggu juga dengan yang suka nyanyi kenceng2 dengan gitar, padahal di sekitarnya banyak mahasiswa yang lagi belajar / diskusi serius.

    dan buat masalah…nulis comment gak pake nama asli, menurut gue gak masalah selama masih dalam norma kesantunan & gak OOT. Buat “kak” bule kayaknya komen loe juga OOT deh. (hahaha)

  9. oh iya ya yang main gitar sambil pada nyanyi kenceng2 itu… cukup mengganggu juga sih. Tapi… cukup jadi hiburan 8D *loh??* lebih bagus lagi kalau mereka bener2 aktif dan mau ngisi acara sebagai penyanyi beneran, hehehe

  10. Ga usah muter2 lah, jawab dulu pertanyaan gw, apa ada yang berhak melarang orang ngomong di sini????

  11. eh hardiani,,ngomong aja langsung ke bu ririn selaku manajer fasilitas kampus.

    untuk kebenaran gw ajah berani ngomong langsung ke beliau masalah tukang nge-las di bogenvil kmrn,

    masa lo gak berani..

  12. o iya lupa,,bu ririn ada di dept KL, gedung C lnt 2.

    asal lo tau, dulu FKM jauh lebih tidak terfasilitasi..
    dulu ga ada BKM, taman kantin, hotspot BPM doang (mana lambat), banyak anjing, kantin blm ada jaring2 lalernya, lapangan jelek bgt, lobi A masih jelek, ruang BEM cuma 3X2 meter (bayangin boy)..

    sekarang uda kaya gini LO MASIH PROTES!! TANPA TAU GIMANA HARUS BERSYUKUR!! gw aja yang udah kuliah di sini 3 tahun ga pernah ngeluh ampe nulis2 gini di baca sm SELURUH anak UI..MALU-MALUIN FKM lo!! begini nih OKK lembek hasilnya

  13. @ Jamsoy: Yeaahh…senioritas mulai main..
    Senioritas mulai main, senior selalu benar…ya kan bang jamsoy?

  14. Gw ga nyuruh lo push up, lari keliling lap, atau telanjang kliling kampus..gw cm ngsh lo sesuatu agar lo bs bersukur..
    Kl lo msh kurang puas atw msh mo brdebat ktmu gw aja langsung ya.cape gw d sini..ktmu abg yg kbykan nuntut dbanding berkorbannya..

  15. nonot = nyolot !!!

    kita berdebat secara intelektual apakah artinya itu senioritas ..??

    MAKLUM AJAH SOI MABA !!!!!
    SIAPA SIH PO OKK LO…?

    Ohhh si *** PANTES !!!!

  16. @ Jamsoy: Jadi kritisi yg ditulis si hardiani ini salah? Bung..lo bebas berpendapat seperti halnya omongan lo yang bilang kalo maba itu lembek dan segala macemnya, jadi dia juga bebas berpendapat atau pun nulis menurut gue, seenggaknya tulisan dia nggak sampe ngejelek-jelekin banget. Dia cuma memang ngasih fakta kalo Mabog sekarang tuh panas.

    Lagipula yang pertama kali bawa2 senioritas siape? Lo kan? yang nyinggung2 OKK segala.

  17. anjenk ga ada sopannya lo.. besok gw stand by abis solat jumat..gw akan jelasin semua..tempat dan waktu silakan atur!

    sori, lo ga salah dengan pendapat lo..TAPI CARA NYAMPEINNYA YANG GA BECUS!! langsung aja lo ke bu ririn..knp?takut?ga kenal?sini gw anterin.

    lo pikir bugenvil di benerin bukan tanpa alesan?lo pikir fakultas punya duit banyak?emang tempat hotspot cuma di bugenvil??

    gerah gw ngeliat manusia indonesia sekarang yang kebanyakan nuntut dibanding kerja!apalagi generasi muda yang masih punya banyak energi..

    mau nuntut apalagi lo sekarang?bikun pake tv kabel?kantin AC?lapangan indoor?

    gw ga akan bawa senioritas..gw ga akan nyiksa lo..tapi gw membawa referensi retrospektif bahwa kita perlu bersyukur..pendek banget pikiran lo!! DANGKAL!!

  18. udah laahh,, hal yang gak perlu dibesar2kan gak usah dibikin ribet…

    kalau memang masih belum bs terima knapa bugenvil direnovasi,, minta kejelasan aja dulu…

    sbenernya masalahnya apa ya?? jadi melebar gni…??

  19. saya mau nuntut kak jamsoy….bisa g lulus g usah pake skripsi, kompre dan magang gini?!saya udah kuliah disini hampir 4tahun dengan fasilitas FKM yang berbagai macam…

  20. maaf sebelumnya..
    sebagai mahasiswa, kita harus bisa memandang masalah dari berbagai sudut pandang. jangan langsung emosi..
    kita satu Ikatan Mahasiswa FKM UI..
    jangan malah berantem donk..

    pertama, kayaknya menurut gue si anda gak maksud buat ngejelekin nama FKM. dia hanya nyoba menyalurkan aspirasinya yang sebagai MABA, kemungkinan belum tau gimana dan ke siapa dia harus menyalurkan aspirasi. jadi jangan terlalu nyalahin anda juga. kasihan andanya. lagian bukannya kita boleh nulis di anakui.com yaa?

    kedua, si nonot juga bukan gak bersyukur kayaknya. dia hanya berpendapat, dengan harapan, FKM jadi lebih baik lagi. seandainya dari dulu kita diem ajaa,kan mungkin FKM masih seperti yang dibilang tadi.

    ketiga, tadi dibilang apa?mempermalukan yaa?yang (mungkin) mempermalukan itu adalah tindakan kayak yang terjadi senin kemarin di stasiun UI. prihatin gue liatnya. kurang mencerminkan intelektualitas sebagai mahasiswa.

    jadi jangan salahin anda mulu (gue bukan anda yaa.ntar dikira anda bela diri sendiri lagi). kasian juga anda. setau gue kata-kata anda gak ada yang gak sopan deh. kebebasan berpendapat dijamin oleh UU lho..

    pesan gue yang terakhir, Try To Think positive everytime and everywhere.jangan langsung cari apa yang salah. tapi cari positive nya dulu.

    seingat saya anda juga menyebutkan nilai2 positive dari pembuatan kanopi-kanopi itu kok.

    *kalau gue salah ngomong, maaf yaa.

  21. jamsoy:
    Ckckckk,sabar soy…
    kn lo blg,postingan ini buat malu fkm..
    lah,klo pda brantem gni jg bkn malu kan…

    bule:
    jgn bwa org2 yg blm tntu salah lah.. =)

    eja:
    haha,krjain ajalah tuh skripsi.. =D

    buat yg lain:
    jujur,gw jg awalnya smpet ga suka bugen jd panas kyk gtu..tp lama2 udah mulai adem kok..

    bnr kata jamsoy,klo dbndg dlu…
    fasilitas yg ada skrg tuh SANGAT jauh lbh baik…lgian proses pmbngunan fkm msh brlanjut kan??n’ yg ngurusin ini jg bkn org smbrangan,tp dosen qta sndiri,n’ yg pasti jg udah brpngalaman..

    jd,jgn kbyakan protes dlu ya..
    smua hal punya sisi positifnya kok.. =)

  22. kalau menurut gw,emg awalnya bugen jadi panas,tp kan jg ntar numbuh lagi…
    lagian ini masi dlm proses penghijauan FKM kita tercinta…liat aja di sepanjang lorong itu udah makin banyak tanaman dan emang disusun sedemikian rupa jadi cantik desain tamannya…

    Dan buat nonot ataupun maba yang baru di FKM,yang ga tau gimana FKM dulu,ini jauh lebih baik lhooo,dan menurut gw akan semakin baik untuk tahun-tahun selanjutnya…
    bener kata indra n bekha…

    Dan ga ada maksud senioritas atau apapun..tapi menurut gw ini mempermalukan kampus kita sendiri..jadi nonot dan maba,didengar juga lahhh ya kakak2 kelas mu,bukan krn senioritas tp karena kami memang sdh tahu keadaan FKM sblm kamu masuk jd mahasiswa..
    kakak kelas itu perlu lho,g cm pas d kampus,tp sampe ntar lu tamat…Ok

    @ka eja:hahaha,lulus ga pake skripsi n kompre,skalian aja masuk ui ga usah pake tes yak,hihihi…hayo hayoo kerjain skripsi lu ka,hehe

  23. haduuh, ini ada apa ya ribut2? malu tau dibaca orang2 se-UI

    buat nonot dan maba: tau kondisi bogen yg sebelumnya kan? kalo hujan becek bgt, licin trus gak bisa dijadiin tempat neduh, apalagi dijadiin tempat buat hotspotan yg nyaman… sabar aja deh nunggu sampe pohonnya tumbuh lebat

    buat ka jamsoy: sabar.. sabaaaarr

  24. coba donk not,,lo jgn make nama alias.pake nama asli,tunjukin jati diri lo.

    gw kenal jamsoi/indra, gw yakin kalo diajak berdebat make otak dia lebih seneng.

    kalo ga berani tunjukin identitas, mati aja lo karena gw yakin lo bukan anak FKM!!!

    gw nugraha K3 reguler 2007

  25. ahaha..iya deh buat semua, buat kak nug kak indra..gini gue bukan si hardiani kok. Cuma gue heran aja, si Hardiani kan nulis ini bukan berarti dia nggak bersyukur…dia cuma mengkritisi aja. Gue makin gerah pas Jamsoy udah bawa2 nama hasil OKK lembek. Emang ni gue kommen begini artinya lembek?

    Lo kan bilang kalo postingan si hardiani malu2in FKM. Bagi gue sih nggak…biasa aja, justru yang malu2in itu postingan..maap ya, hehe. Postingan abang2 yang tiba2 jadi marah2 begini…pake bawa nama PO OKK pula…saya sebagai maba cuma bengong aja jadinya ngeliat kalian jadi marah2 begini.

    Lucu..haha.

  26. Oh, iya bang jamsoy..satu lagi nih. Lo ngomong seolah olah gw yg nulis ni artikel. Maap banget bukan gue yang nulis. Lagian ini bukan berarti nggak bersyukur si hardiani-nya. Tapi dia cuma nulis aja, that`s it.

    Gue bingung aja kok kommen di tulisan ini tiba2 ngejudge kalo kita2 nggak bersyukur? hoalaah.

  27. cih,,penakut, pengecut..

    sebut nama asli aja ga brani….

    MANA JARGON LO????
    JARGON ANGKATAN LO “BERANI” KAN???

  28. “Kami semua di anakUI.com sangat menghargai apabila kamu bersikap seperti mahasiswa, yaitu dewasa dan bertanggung jawab dengan mencantumkan identitas asli (nama, email, dan asal fakultas) kamu. ”
    udh pada baca ini kn?
    ^^
    jadi tolong d terapin ya yg sudah berlaku.

    kita liat jangan dari hasil yang sekarang.
    coba lihat kenapa dibuat taman ini dlu.
    kn ini dibuat karena mahasiswa mengeluh banjir d A.
    terus karena terbatasnya tempat untuk colokan sama tempat untuk buat tugas makanya d buat ini.

    terus kalau mau ngaseh tanggepan coba deh buat kasih solusi.
    karena kalau cuma ngaseh tanggepan gk ada solusi itu berarti hanya ingin menjatuhkan satu pihak aja.
    terus kita mendingan ngeliatnya out of the box ya suatu masalah.
    πŸ™‚
    bener kata jamsoy dan kawan2 lainnya bahwa kita harus bersyukur karena dibuatkan ini semua.
    kalau masih mau yag lebih lebih baik kita berdiskusi untuk menentukan solusidari masalah ini bukan malah berkelahi tentag maslah ini.
    πŸ™‚
    dan solusi itu pun yang tida aneh2.
    terima kasih.

  29. Hwaaaaa,,, Senengnya gw =, akhirnya kampus gw rame juga, gw pikir harus gw bakar dulu nih kampus biar rame!!!
    Hey, hey.. Kagum banget gw dengan anak-anak baru ini yang jago banget ngkritisi apa yang ada di kampus kita. Tapi kok bisanya kriti dan cari2 masalah yang ada doang dong, katanya intelek, tapi bisanya cuma nyecar tanpa ngasi solusi..
    Mana yang katanya Intelek!! Mana yang Katanya Solutif!! Bener kata bule, mungkin salah di didikannya nih. Bagi temen-temen yang keberatan tuh taman bogen di ubah jadi begitu, solusi juga dong mas!! Atau Mbak!! Au dah gw, siapa tuh banci yg gak berani nyebut nama aslinya…

  30. @ PRO Jamsoy: OOhh..jadi gitu bang? Sori ya..flamming lo ga bakal kena sama gw…lagian dari komen2 yang ada kan keliatan siapa yang ga bisa ngontrol emosi…at least ternyata umur emang nggak ngaruh sama kedewasaan.

  31. @ Ridwan, gini ya bang…masalahnya mulai ada dari kommen si Jamsoy yg nyinggung2 OKK, dan angkatan…dan itu nggak banget. Kalo kommen2 panas sebelumnya si menurut gw biasa aja, tapi mohon banget jangan nyinggung2 ankatan. Itu sensitif banget. Lucu aja si..gimana FKM mo maju kalo antar angkatan aja kayak begini hubungannya, seandainya kaga ada yang nyinggung2 OKK dan PO OKK segala macem ni perdebatan kaga bakal lanjut jadi kemana mana kaya gini.

  32. udah udah udah soi, ndra, nug, wan, nit, cipa, beka, dkk FKM lainnya…

    gw ats nama temen2 gw minta maaf kalo kami kasar sama adek2 2009, klo kami keras berpendapat bukan karena kami jagoan. tapi memberi pengertian. bukan kami merendahkan tapi kami memberikan pelajaran.

    jangan ribut2 lagi okey.. malu ama admin.. masa sesama FKM berantem siih..

    Maaf kak ilman, maaf kak doni, maaf kak rizky amelia.. heheheh kita jadi heboh sendiri dibanding postingan tetangga ttg Century ahahahha harap maklum kakak2 yaaa sama kami.. πŸ™‚

    udh yaakk.. sesama anak FKM jangan pada ribut2 lagi, apalagi sampe anarkis.. xixixi.. gw yang malu nanti kalo ada kumpul anakui.com lagi nanti..

    perwakilan FKM yang dikenal kan selama ini salah satunya gw, yg iklanin anakui.com di FKM juga salah satu nya gw.. jadi tolong jaga nama baik FKM okeeyyy..

    Salam perdamaian untuk Indonesia aman damai dan tentram..

    visit us :
    forumkatiga2007.blogspot.com

  33. Kak Bule..ya udah si kak, aye juga minta maap kalo menurut kakak2 aye orgnya nyolot. Bukannya ape2, kalo udah nyinggung2 menyangkut angkatan siapa pun juga pasti nggak suka termasuk aye.

    Maap ya kakak2, pisss
    πŸ˜€

    Kalo pun salah itu bukan salah angkatan 2009 tapi emang beneran salah saya seorang diri. Jadi kalo mau marah..marah lah dengan saya, bukan dengan 2009.

  34. #41 buL
    hahaha.. oke..
    buat pelajaran aja, buat siapapun,
    lain kali, jangan bawa2 urusan “dapur” sendiri ke luar ya.. gimana pun juga, ini kaya ngebuka aib FKM ke luar..
    udah OOT semua, dari ngomongin Mabog jadinya ngebuka aib πŸ™‚

    sangat appreciate bwt yg nulis tulisan ini atas keberaniannya nulis tentang hal ini..
    susah loh, bisa nulis kaya gini.. banyakan kan yg bisa komen aja, tp ga ikutan nulis πŸ™‚

    cheers!

    fasilkom 2005

  35. kok udahan sih?? *hahhaha lgsg di-hammer

    oke2, mohon maaf lahir batin ya semuanya kalo ada kata2 yang agak gak enak dibaca, tp ‘diskusi’ ini seru bgt loh…hohoho

    eh btw, penulisnya kenapa gak muncul ya?

  36. @sipa : gw gk tau loh org yg nulis ini mukanya kyak gimana.
    –”
    tooeng.
    @ all :lbh bagus kn di diskusiin yg ngasih solusi bukan cuma ngeritik aja
    πŸ™‚
    hehehehee.
    piss.

  37. oke gw minta maaf buat semuanya kalo menyinggung perasaan lo..pas pertama-tama emang gw kira si nonot itu hardiani juga gw minta maaf..

    buat nonot, alesan gw begitu vokal komen di sini adalah keprihatinan gw waktu ada orang yang ga menghargai jerih payah bu ririn dkk dalam memperbaiki smua fasilitas kampus..

    yang kedua, gw hanya ga abis pikir dengan maba yang sekarang..terus terang turun banget kualitasnya, militansinya, dan naik kenyolotannya..dulu, seenggaknya gw sadar lah kalo mau nyolot ke senior mesti ada yang gw korbankan buat kampus, entah apa itu kepanitiaan atau yang lain..

    gw masih pengen ngobrol sm lo kalo boleh..nyali lo boleh juga dan kalo di arahin ke sesuatu yang baik bakal lebih bagus..tapi kalo ga match dan jadinya gw pengen tampol muka lo ya apa boleh buat…hahahahaha

    senangnya fkm rame..meskipun nyampah

  38. hahaha
    ya ampunnnn
    se-ui jd tau,ckckck

    solusi : nonot dan jamsoy ketemu di tempat yg kt nya mabog itu y?! (*tp gw lbh sk tetep nyebut taman bugen)
    hehe

    yahhh damai utk semua lahhhh
    g da yg nm nya senioritas…

    bwt nonot:udahh lu cb ngobrol2 sm jamsoy dkk (sm senior),suatu saat lu sgt membutuhkan snior,slh satunya bwt link lu,jd jgn ribut2 deh..saling mendengar aja…rugi musuhan sm kakak kelas…trust me…. πŸ™‚

  39. wah wah wah, berdamai juga..
    alhamdulillah, mari2 kita bertemu d bugen, gw jg pgn kenalan sm nonot dan hardiani, hehe.
    dan klo bs ketemu bu ririrn yuk kita sharing.. hehe

  40. @ Bang Jamsoy:

    Oke deh bang, sbenernya si Hardiani kaga ada sangkut pautnya..maap aye aja yg nyolot.

    Maap ya bang Jamsoy..
    saya Noti

  41. @ Bang Jamsoy:

    Oke deh bang, sbenernya si Hardiani kaga ada sangkut pautnya..maap aye aja yg nyolot.

    Maap ya bang Jamsoy..
    saya Noti
    Gizi 2009

  42. ya ampun, baru liat, *telat

    saran gw c, kita semua yang merasa kurang nyaman sama keadaan mabog kumpul dlu aja bareng-bareng, rumusin solusinya, terus baru deh ketemu bu Ririn buat minta penjelasan mengenai keadaan mabog, kalau beliau udah punya rencana kedepan, ya bagus, tapi kalau belum, kita kasih solusi yang kita udah rumusin bersama tadi.

    udahlah, gak usah bawa2 angkatan, kalau udah di forum, kita semua sejajar, tapi ya mohonlah di jaga etikanya, kalau ngomong sama yang lebih tua itu gimana, dan yang tua juga hargai pendapat yang lebih muda, maklum mereka juga butuh pengarahan kan?, sorry kalau ada yang merasa tersinggung

  43. Mari Berdiskusi
    Sebelum berdiskusi, sebaiknya teman-teman memperhatikan hal-hal berikut ini:

    1. Kami semua di anakUI.com sangat menghargai apabila kamu bersikap seperti mahasiswa, yaitu dewasa dan bertanggung jawab dengan mencantumkan identitas asli (nama, email, dan asal fakultas) kamu.
    2. Pendapat kamu hanya kami (penulis dan pembaca anakUI.com) anggap serius apabila mencantumkan identitas asli.
    3. Perhatikan dasar-dasar netiket: KATA-KATA DALAM HURUF BESAR artinya berteriak, jangan menulis tulisan s3PeRt1 tULi5aN 4BG atau dsngkt-sngkt sprt SMS, bersikaplah sopan seperti di dunia nyata, dan jangan OOT (out of topic)
    4. anakUI.com tidak akan mengedit, mensensor atau menghapus diskusi yang ada, kecuali informasi tersebut bersifat: fitnah terhadap personal, menyinggung SARA, atau mengandung kata-kata kasar (tidak senonoh)
    5. Komentar yang masuk adalah tanggung jawab penulis komentar. anakUI.com dan penulis tulisan tidak bertanggung jawab atas komentar-komentar tersebut dan tidak dapat dituntut atas terjadinya tindakan hukum atas komentar yang terjadi
    6. Jika kamu sudah gabung di anakUI.com, sebaiknya login dulu
    7. Komentar yang masuk adalah tanggung jawab penulis komentar. anakUI.com dan penulis tulisan tidak bertanggung jawab atas komentar-komentar tersebut dan tidak dapat dituntut atas terjadinya tindakan hukum atas komentar yang terjadi

  44. Oh Noti Sudahono anak Medianya Ricky…
    udah gw duga…
    soalnya nick nonot mirip ama 2 orang yang gw kenal. yang satu Noti,,satu lagi Norman yang sering dipanggil North…
    *lagi jadi “L” Death Note,ahahaha :hammer

  45. O iye gw ngerti knp bule mau damai,,soalnya lagi seneng tuh abis berduaan ama Iwan di Pulau Tidung,,hahahaha

  46. #58 itu BUKAN ADMIN ASLI yang nulis..

    orang itu ajah dia gak pake nama aslinya …
    kak ilman? kak doni? ama kak rizky?

    komentar 58 cuma copas dari kotak yang ada ada diatas ini.

  47. bukan gitu nug… gw cuma mau nama baik FKM tidak tercemar ajah.. gara maba ribut ama jamsoy…

    kenapa masih gw sebut maba? karena mereka kan belom punya adek kelas… jadi status maba itu 1 tahun.. kalo nanti 2010 udah dateng baru lah si maba nya 2010.. hohoho

    lagian juga males gw ngeladeninnya..

  48. kalo gw kagak ajak damai mana mao tuh anak ngaku dirinya siapa… akhirnya sekarang ketauan kan siapa tuh anak yang ******* kita semua wahahaha

    kena jebakan gw dia.. ahahah kalo udah ketauan siapa orangnya kan enak kita nya… mo ribut-ribut silahkan dah soi… heiheiehiehi gw dukung lo kalo ada maba-maba yang nyolot2 gtu…

    tapi kami cinta kedamaian kok.. enggk maen pukul memukul paling gebrak meja doank buat nurunin mental lo…

    makanya jangan songong jadi maba, bukan senioritas tapi manusia yang lebih tua secara naluriah butuh dihormati..

    sama juga nanti 3 tahun kemudian lo dengan maba 2013. kalo maba 2013 nyolot ama lo apakah lo gak sewot…???

    welcome to the jungle

  49. hahaha LIKE bul…

    lagian nyolot seh,cewe lagi (bnr kan ya noti cwe?!)
    ya ampunnn berani amat,jgn suka nyolot yaaa…..

    peace n love,hehe

  50. akhirna berdamai juga πŸ™‚

    iyalah ngapain juga adu komen d sn,emgna tu mslh bs kelar klo pk cr gni,tu mabog jg gk bakal sesuai harapan tmn2 klo kalian malah mslhin na d sn.

    @nonot : salam kenal sblmna bwt de’ nonot,makasih anda ud bs mengkritik,tp next time jgn bs na mengkritik aj yaa,stdkna lo ad ks solusi yg real yg bs djalanin msalna lo tny k qt2 gmn carana nyampein aspirasi lo soal mabog,mgkin tdna lo blm tw org d balik layar pembuatan mabog itu sp,klo lo tny ky gtu kn qt bs kstw&pstina jg ngbantu lo kok.
    Maafin tmn2 g yg mnrt lo ngajakin berantem d sn,ya qt hny manusia biasa,tak luput dr ksalahan krn yg sempurna hnyalah milik-Nya.

    @jamsoi: thx ud mw brdamai sm nonot,akhirna kelar jg ya,haha. .oia,bantu dy u/ktm bu ririn gih soi,kali aj harapan dy bs cpt dikabulin sm beliau.hehe. .
    ya minimal aspirasina nyampelah ke telinga beliau.

    @bwt hardiani,next time klo nulis ky gn,lo sampein jg harapan lo saat nulis ini,misalna lo gk pgn ad perselisihan komen d sn dan brharap jg klo tulisan ini hny isi hati lo yg ingin dituangkan d situs ini.ya spt itulah.ok bro πŸ™‚

    @bwt yg lainnya: klo bs,kalian jgn jd penyulut api yaa(provokator),klo disulut trus ya apina makin gd bro,nti susah dipademinnya,oke.Pesan g,bersikaplah dewasa saat berkomentar,qt jg pny etika dlm bertutur kata terutama dlm menyalurkan aspirasi,oke,gtu aj ya dri g πŸ™‚

  51. hooo, noti anak media, salam kenal yaaaaa..
    gw dlu anak media bem fkm 2009 looh, hehe..

    every cloud has a silver lining, semoga kejadian ini membuat kita semakin mengenal satu sama lain antar angkatan dan bahu membahu membangun fkm yg lebih baik.. hoho

  52. nah nah….
    buat yang masih belum puas dan mau berantem…
    mending emosinya disalurin ke latin TaeKwondo FKM UI…

    kita latihan setiap hari jumat jam 5 sore lho….
    di lapangan futsal.. (atau di BKM lt. 1 -kalo lap. lg dipake-)

    kalian juga bisa ikutan olimpiade UI nantinya…

    selain sehat,, bermanfaat juga kan tuh buat nyalurin emosi ke arah yang lebih baik,, melatih mental juga lho…
    hheheheee….

    buat yang mau ikut…
    niy CPnya :
    ote K3 06 (085694046007)
    eka irdianty a.k.a ei KL 08 (08988921409)

    ditunggu yaaa…..
    kita butuh regenerasi biar TaeKwonDo FKM gak mati…
    ocheee….. =)

  53. @Bul: Wah, ternyata lo emang nggak pernah nangkep esensi senioritas yang gue maksud ya? Di sini yang gue nyoloitin itu emang bener..jadi istilahnya bukan nyolot juga. Ternyata terbukti kalo lo masih belom bisa ngilangin kultur senioritas lo. Ya ampuuun udah gede juga masak kagak ngarti maksud gue yang katanya masih anak kecil?
    Pake sok2 ngaku ngejebak saya lagi…

    OOOhh..jadi yang namanya senior yang baik itu adalah senior yang bisa ngejebak adik-nya dan mengandalkan keberuntungan-nya yang hidup 2 tahun lebih lama daripada saya di FKM.

    Wah saya kira kakak Bul ini emang punya niat yang tulus mau baikan, begini ya kak senior2 kami itu?

  54. @ All:

    Komen saya yang di atas khusus buat kak Bul doang, bukan maksud mau berantem sama kakak2 yang lain. Saya cuma mau meng-clear-kan kenyolotan yang saya maksud ini sama kak Bule aja.

    Jadi mohon yang naggepin cuma kak Bul. O iya kak Bul, saya nggak masalah kalo ada adik2 saya yang nyolot kemudian hari. Saya justru bangga karena kalo begitu artinya mereka anak2 yang berani. Dan saya bangga punya adik2 yang berani.

  55. O..iya kak Bul. Bukan nyolot..maksudnya kritis..
    Karena ini bukanlah nyolot..tapi kritis..berani berpendapat tanpa harus marah2 dan merendahkan adik2nya.

  56. O iya kak Bule, daripda ntar trit ini rusuh lagi karena kakak nanggapin komen saya, saya pingin banget ketemu sama kakak. Buat nyelesaiin masalah sebenernya, karena ini bukan tentang masalah taman bogenvil lagi. Tapi udah out of topic banget.

    Nomor saya: 085287901484

    saya boleh minta nomor kakak?
    Tapi tergantung kakak Bule lagi. Apa emang mau nyelesaiin masalah ini apa nggak dengan saya.

    Salam hangat!
    Noti
    πŸ˜€

  57. masih berlanjut ya?
    kok solusi yang gw tawarin ga ada yang nanggepin ya?
    apa pada ga setuju, dan lebih milih cara ini, berharap para pembuat kebijakan di kampus melihat artikel ini?

    terus menanggapi komen2 yang ada disini, setelah gw perhatikan, ini bermula dari kesalahpahaman, menurut gw semua punya porsi kesalahan masing-masing, jadi ya berbesar hatilah buat mengakuinya (kalo pada merasa udah pada dewasa). coba deh dilihat dari komen nomor

    #19,
    “LO MASIH PROTES!! TANPA TAU GIMANA HARUS BERSYUKUR!! gw aja yang udah kuliah di sini 3 tahun ga pernah ngeluh ampe nulis2 gini di baca sm SELURUH anak UI..MALU-MALUIN FKM lo!! begini nih OKK lembek hasilnya”

    disini mungkin maksud Jamsoi tuh untuk bersyukur dengan keadaan yang ada, dan kalaupun ada keluhan, disampaikan juga ke pihak yang terkait, bukan di forum aja, biar ada feedbacknya.
    Disini pemakaian katanya yang perlu diperhatikan oleh Jamsoi, dengan pemilihan kata seperti itu, Noti mungkin jadi salah tangkap dengan kata2 “3 tahun”, dia merasa Jamsoi menunjukan kesenioritasannya. Dan Noti pun juga seharusnya bisa lebih berfikir positif dulu dengan komen2 yang ada, coz gw liat, dikepala Noti, udah ada asumsi “Senioritas-Junioritas”.

    jadi next time, temen2 bisa lebih jaga emosinya masing2, apalagi ini di forum terbuka, yang semua anak ui bisa baca, kan akhirnya nama FKM juga yang kebawa.
    Ayo kita semua ketemuan aja yuk buat nge-clearin masalah ini, biar gak berlanjut lebih jauh.

  58. @ Nyit2-anita 2007: Buat kakak ini juga saya pingin banget ketemu. Wah, kakak orangnya sangat memandang jender ya? Ternyata di era emansipasi begini masih ada orang yang mandang sebelah mata dengan cewek.

    Saya juga heran..nick kakak kan kayaknya cewek. Kok sama sesama wanita tanggapan kamu begitu ya?

    Salam hangat!
    Noti
    πŸ˜€

  59. @ Kak Untoro: Makasih banget kak. Sifat seperti kakak inilah yang sangat saya rindukan, bijaksana..o Iya kak. Saya sudah ngasih nomor hape saya kok buat ketemu. Jadi kita bisa sharing bareng2 kalo misalkan mau

    πŸ˜€

    Saya salut banget dengan kak Untoro,
    πŸ˜€

  60. @ Bul: O iya kak bul, satu lagi..senioritas bukan sekedar main fisik dengan gebrak2 meja lho. Mengintimidasi dengan kata2 yang nyakitin seperti kata2 : “SONGONG” juga merupakan bentuk senioritas.

    Salam Hangat!
    Noti
    πŸ˜€

  61. @ Bul: lagi2 juga, kalo kakak mau dihormatinpa harus mengerasi saya dulu dengan ngomong songong dan sebagainya? Wah, saya mikir2 dulu kak mau ngehormati org yang seperti itu.

    Liat deh kak Untoro..tanpa harus ngomong2 kasar dia malah berlaku bijaksana, nggak pake ngejebak jebak saya. Dan saya sangat menghormatinya. Jadi nggak susah sih kalo kakak pingin dihormatin. Cukup berlaku bijaksana aja seperti kak Untoro. Toh dari awal saya juga nggak adaberkata kata kasar dengan kakak kan? saya nggak ada teriak2 dengan kakak pake nulis huruf kapital kan?

  62. @ Bul: lagi2 juga, kalo kakak mau dihormatin, apa harus mengerasi saya dulu dengan ngomong songong dan sebagainya? Wah, saya mikir2 dulu kak mau ngehormati org yang seperti itu.

    Liat deh kak Untoro..tanpa harus ngomong2 kasar dia malah berlaku bijaksana, nggak pake ngejebak jebak saya. Dan saya sangat menghormatinya. Jadi nggak susah sih kalo kakak pingin dihormatin. Cukup berlaku bijaksana aja seperti kak Untoro. Toh dari awal saya juga nggak adaberkata kata kasar dengan kakak kan? saya nggak ada teriak2 dengan kakak pake nulis huruf kapital kan?

  63. duh duh…
    jadi panas ya suasana..???

    buat noti,, salut sama keberaniannya =)
    tapi bagus lagi kalo jangan kebawa emosi,,
    keliatannya noti juga mulai kebawa emosi nih ngeliat tulisan dari kakak2nya..
    heheheee

    buat kakak2 yang lain,, coba lebih introspeksi diri,,
    jangan salahkan OKK,, jangan salahkan maba,, jangan salahkan pihak2 tertentu,,

    balik lagi kayak ilmu k3,, semua loss itu timbul karena ada suatu proses yang menyebabkan terjadinya loss itu sendiri..
    jadi loss gak mungkin berdiri sendiri..
    kalau loss itu terjadi di angkatan FKM atau dimanapun,, ya berarti kita semua,, termasuk ote juga, dalam hal ini harus bertanggung jawab…

    tapi baiknya gak perlu pake emosi laahh…

    kita sama2 udah gede..
    cara menasihati gak perlu marah…
    nah,, yang dinasihati juga jangan makin memicu timbulnya kemarahan… =)

    mungkin karena media yang diambil adalah tulisan,, banyak orang yang memiliki pengertian dan pemikiran sendiri dengan tulisan…
    nah dari situ jadi deh salah paham..
    salah paham jadi debat…
    debat jadi emosi…
    emosi jadi perpecahan…
    gak ada untungnya kan?? =)

    jadi lebih enak kalo pendekatan langsung aja secara personal yaa…
    saling diskusi ajaa….

  64. @ Bang Ote: Iya bang, saya pingin banget ketemu..udah sampe saya bela2in nulis nomor hape saya tuh. Tapi belom ada tanggapan kayaknya dari Bul sama Nyit2-anita 2007.

    Kapan ya saya bisa ketemu mereka? Apalagi kak Bul yang selama ini saya kenal aktif banget nulis di anakui.com

    Saya kira dia bisa bersikap bijak sebijak tulisan2nya yang di-posting di anakui.com…tapi ternyata……….

    Ironis banget, Allahu akbar!!! Allah Maha besar, segala kesempurnaan hanya milik-Nya.

  65. ternyata apa???

    hayoo hayoo,, belum kenal sama bule kaannn???
    jangan bikin keputusan dulu =P

    oiya…
    lupa aye nyebut gender…
    aye cewek neng….
    bukan cowok…

    tapi emang kayak cowok sih…

    hhahahahaaa…..

  66. iyaaa cewek…

    hehe… add fesbuk ote dunk,, biar ada bukti kalo cewek…
    hohoh…
    aku.othe [at] gmail.com =D

    yadah,, kenalan dulu yaa sm bule,, sm anita,, sm kakak2 yg lain juga…
    supaya penilaian noti sm tmen2 2009 yang lain gak salah… =)

  67. @ Kak Ote: Udah sy add FB kakak πŸ˜€
    Iya kak saya pengeeen banget ketemu sama mereka. Saya udah baca status FB salah satu dari kakak2 itu, komen-nya seakan saya nyolot banget, padahal mereka belom tau sebenernya apa yang saya perjuangkan(klo bahasa dia nyolot).

    Ingin sekali saya ketemu dengan mereka kak..Sumpah.

  68. iya,, selesaikan dengan baik2 yaa…
    gak usah berfikir siapa yang salah,, atau siapa yang paling benar…
    yang penting jalin silaturahmi aja…

    anggep aja,, ini proses untuk kita saling kenal dan mudah2an bisa deket satu sama lain… =D

  69. @ Kak Ote: Amiin πŸ˜€

    Padahal saya nunggu banget respon dari Bul sama Nyit2 lho kak..penasarann T_T.
    Banyak yg mau saya jelasin T_T

  70. heyyy noti gw pindah k fb aja ya..lu kan udh add gw tuh…hehe

    heloooo,mksdnya gw bukan bw jender dek…
    gw amazing aja,lu cwe gt,yg laen ribut2 jamsoy bule kan cwo,udh d bentak gt,masi brani…gt lhoo mksd gw…g prnh kepikiran bw2 gender soalnya dri awal juga mahhh…
    soalnya klo gw jd lu,mgkn udh ngeri duluan,hahaha

    udh ahh,pndh fb aja,malu di baca se ui,udh makin pjgggggggggg,hehe

  71. @ Kak Nyit2: Iya kak..maap dah, tp sy udah baca si komen2 kakak di FB kak Indra ttg saya, yaa saya pingin ketemu aja dgn kakak. Pingin nyari titik temu.
    Biar kata saya dibentak-bentak, saya akan hadapi klo memang ada sesuatu atau pun sistem yg salah..(dlm konteks ini bukan taman bogenvil-nya yg saya masalahin ya kak)

    πŸ˜€

  72. Jiaaahhhh… Kok forumnya pindah ke FB??
    Aggghh, gk asik nih,. Masa’ gantung gini ceritanya,. Tema utama kita tentang “mabog” koq gk ada solusinya yaaa? Hmmppf”‘.. >.<

    Hoi, hoi, kamu yang gk setuju taman bogen di ubah jadi mabog, siapa tuh namanya, noti ya?
    Oke dah, kalo emng mw nyari titik temu tentang masalah yg udah OTT ntuh, di FB gak napa2 dah.

    Tapi yang tentang Mabog ini, maneeee solusinya??? Itu yang lu maksud tentang "KRITIS"? Cuma bisa nyari masalah tanpa ada satupun kalimat solusi dari lu.

  73. hehehe,dasar lu wan…
    udh pjg ne wan,malu ahh,hihi
    d fb aja..haha
    tp klo mw lanjut dsni,hmm trsrh deng…
    gw tetep stay tune,hahhaha ;p

  74. @ Bang Ridwan: Ajegile bang, ni yg mo aye bahas bukan si bugenpil lagi bang.
    Lagian abang pernah baca surat pembaca di koran2 yg ngeluh ttg suatu fasilitas kagak? Klo pernah liat deh, nggak semua surat pembaca itu nawarin solusi juga kan. Ada juga yg bemang cuma mengkritisi. Seperti itulah kira2 isi tulisan si hardiani ini, eh lupa..dia juga udah ngasih solusi kok bang. Katanya kan perlu dikasih tanaman lebih banyak lagi di bogenfil..itu aja ye bang.

  75. O iye bang ridwan : satu lagi, abang bisa bantuin aye kagak solusi bagusnye mabog diapain…?
    Kalo aye maunya si diatap nya ditanamin tanaman rambat gitu bang. Kayaknya bakalan keren…

  76. @ Bang Ridwan:

    “Seandainya kegiatan ini dibarengi dengan solusi lingkungan yang baik, misalnya saja memperkuat kaki-kaki kanopi dan membuat β€˜taman’ di atas kanopi ini untuk mencegah sinar matahari berlebihan.”

    Ntu bang ridwan, ada kok ditulis sama si hardiani di postingan-nya ini. Jadi salah besar kalo abang bilang si Hardiani cuma sekedar nulis tanpa ngasih solusi. Coba deh abang baca lagi postingan si hardiani di atas.

    πŸ˜€

  77. @ Bang Ridwan: Ni bang ridwan yg pinter main biola itu kan? lupa sama aye ya bang? Bang mau nampil buat CC FKM Cup nggak bag? mau ya ya ya? Pliis >_<

  78. back to mabog: gw akuin emang mabog itu hawanya panas banget, tapi menurut gw itu gak ada apa2nya dibanding manfaat yang didapet sama mahasiswa, misalnya, hotspotan, diskusi, ngerjain tugas bareng, atau sekedar duduk2 ngobrol aja
    solusi yang dikasih anda oke juga, tapi lebih oke lagi kalo disampaikan langsung ke bu ririn…. kalo mau, gw bersedia kok nganter ke bu ririn

    salam damai ^^

  79. eh eh tggu deh noti..
    klo gw g slh dgr emang nanti bakal ada tanaman lagi bukan di bugen..ya itu td,nunggu bugen nya gede…
    lagian sabar atuhh neng,klo d kasi tanaman rambat skrg,kan jg butuh waktu biar bisa nutupin semua kanopi…
    jd sama aja mnrt gw,hehehe…tu bugen kan bakal numbuh lagi….
    *hmm katanya bukan ngomongin bugen lg,tp koq masi bahas tumbuhan rambat seh?!hehehe

    eh ada sipaaaa,hehe
    jd inget pelajaran kita td mlm yak,hihihi πŸ˜›

  80. eh ada ka nitaaaaaaa…. yoi, pelajaran kita td malem oke bgt, gak nyangka bisa menghasilkan ‘sesuatu’ juga… hahaha *maap OOT

    setujuuuu bgt, mau dikasih tanaman merambat, ditambahin tanaman apapun di atas kanopi atau dikasih tanaman lagi di bugen, intinya kan mesti nunggu itu tanaman gede dulu baru deh bisa bener2 adem