Ini Nih Sisi Positif dan Negatif Jualan di Kampus Dikelilingi Mahasiswa

Hal yang bagus banget sebenarnya kalau ada mahasiswa yang jualan di kampus. Anggep aja melatih kamu sebelum jadi entrepreuner. Tapu tau gak sih kalau ada sisi positif dan negatifnya nih kalau kamu jualan di kampus dikelilingi sama mahasiswa.


0
Mahasiswa Hyperactive via cottonladysis

Ada kalanya ketika mahasiswa iseng bengong di kantin karena diusir dari kelas sama dosen gegara telat sampe 45 menit, mahasiswa itu memikirkan hal-hal yang gak penting. Misalnya, makan apa yang enak tapi murah dan ngenyangin plus sehat? Akhirnya setelah sadar bahwa gak ada makanan yang kaya begitu, mulailah berpikir kalau misalnya jadi pedagang mau jualan apaan dan gimana kalau jualan di kampus? Kan seru banyak mahasiswa. Eits, tapi tentu saja jualan di kampus dikelilingi mahasiswa ada sisi positif dan negatifnya. Apa aja tuh?

BACA JUGA: Tambah Uang Sakumu dengan 7 Peluang Bisnis Jasa Sederhana Ini

 

Mahasiswa Ngutang

Mahasiswa Ngutang via rinaldimunir
Mahasiswa Ngutang via rinaldimunir

Ya, wajar sewajar orang idup butuh napas. Bukan untuk menunjukkan bahwa mahasiswa idupnya melarat gegara tabungan plus uang jajan ludes dibeliin iPhone 6 dan layarnya retak padahal baru seminggu pake, tapi emang beberapa mahasiswa ada yang udah dari sononya demen ngutang. Entah males ngeluarin dompet atau emang punya dompet tapi gak ada isinya. Bisa juga karena pengaruh tinggal di negara yang emang punya banyak utang dan suka menghindar ketika disuruh bayar. Yang jelas ini salah satu gak enaknya jualan di kampus dan ini real. Ada mahasiswa yang ngutang ke tukang minuman di kantin fakultasnya sampe Rp300 ribu. Kacau gak tuh?

 

Mahasiswa Tuker Duit

Pagi-pagi udah nuker duit aja, Neng via nongkrongmen
Pagi-pagi udah nuker duit aja, Neng via nongkrongmen

Hayo, siapa yang gak pernah? Dari emak-emak sampe mahasiswa yang udah jadi emak juga pernah melakukan ini. Ya, gak enak loh, tiap hari harus ngumpulin receh supaya ada kembalian besok pagi, karena ada mahasiswa yang tiap hari tuker duit dan itu gak cuma satu. Katakan empat mahasiswa beli Aqua gelas pake duit seratus ribu. Dan minta kembaliannya langsung, gak mau ngutang dulu. Kan rese.

 

Mahasiswa Jajan Berpola

Mahasiswa Jajan Berpola via batikimono
Mahasiswa Jajan Berpola via batikimono

Ini antara sisi positif dan negatif, sih. Ada mahasiswa yang jajannya itu-itu doang. Bagus kalau emang jajannya itu itu aja dan kebetulan barangnya ada. Lah, kalo dia suka iseng ngeborong dan yang lain jadi gak bisa beli atau ini mahasiswa gak mau beli kalau bukan yang dia mau?

Terus saking berpolanya, ini mahasiswa pesenannya sama persis tiap hari tapi ribetnya gak ketulungan. Mau mie rebus pake dua telor mata sapi tapi yang satu matanya harus ngedip. Just, what is that and how to make that?

 

Mahasiswa Hyperactive

Mahasiswa Hyperactive via cottonladysis
Mahasiswa Hyperactive via cottonladysis

Ini jarang terjadi tapi legendaris. Alkisah ada mahasiswi yang baik hati cantik dan kadang suka sombong, sering jajan di sebuah counter di kantin fakultas. Dia pesen sesuatu yang gak ada di menu, tapi merupakan kombinasi dari apa yang ada di menu. Nah, ini mahasiswi sangat perfeksionis, dan apa yang dibikinin buat dia gak pernah perfect, sampai akhirnya si mahasiswi ini request untuk bikin sendiri makanannya. Si pedagang, terkesan sama baik dan hyperactivenya si mahasiswi, akhirnya menamai makanan itu dengan namanya hingga kini. Menguntungkan, karena si mahasiswi ini selalu beli menu itu. Setia, ceritanya. Atau narsis?

 

Mahasiswa Gaul

Mahasiswa gaul via campredodellaconcetta
Mahasiswa gaul via campredodellaconcetta

Nah, ini salah satu serunya jualan di kampus, karena such thing jarang banget terjadi di restoran di luar kampus. Ketika ada mahasiswa terlalu gaul dan begitu friendly, ia kenalan sama yang jaga kantin. Terus, mereka kenalan dan sering ngobrol sampe-sampe si mahasiswa ini bikin temen-temennya sering beli juga dagangan si penjaga kantin. Saking deketnya, si penjaga kantin ini sampe kenal sama mantannya si mahasiswa dan ngeledekin mereka berdua kalau si cewek beli dagangannya. Seru abis. Asal gak malu-maluin aja.

 

Hem, ada lagi yang perlu ditambahin? Skenario kalau kamu dagang di kampus? Ayo share tulisan ini via Facebook, twitter dan Line!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

One Comment

Leave a Reply

  1. Yuk datang ke Konter KAYAMANAN yang ada di “KANCIL” Kantin Psikologi Universitas Indonesia Depok. Tersedia makanan dan minuman untuk mahasiswa dengan rasa yang enak lidah, kenyang di perut, dan harga yang ramah di kantong.