2 - Foto Saat Welcoming Dinner

Tim UI dengan team host dan pembimbing saat welcoming dinner

Universitas Indonesia telah mengirimkan empat orang mahasiswa terpilih guna berpartisipasi dalam perhelatan uji intelektualitasberskala internasional, Copenhagen Business School (CBS) Case Competition 2014 di Denmark. Ahmad Adi Suhendra dan Amadea Novia Ferty yang berasal dari program studi S1 Manajemen angkatan 2010, serta Jayu Pramudya dan Mardhatila Amalia yang berasal dari program studi S1 Akuntansi angkatan 2010 dihadapkan pada tantangan memformulasikan rencana bisnis komprehensif bagi Copenhagen Zoo, yang tengah dihadapkan pada ancaman stagnansi pertumbuhan basis konsumen dan tuntutan memposisikan diri sebagai entitas bisnis yang memiliki karakter terdiferensiasi. Bersaing dengan delegasi 11 perguruan tinggi finalis yang telah lolos seleksi tahap awal, Delegasi UI ditantang mensinkronisasikan pengetahuan akademis dan pengalaman professional yang dimiliki guna membentuk kerangka pemecahan masalah yang solutif dan inovatif. Disediakannya waktu yang amat terbatas, 32 jam terhitung sejak kasus dirilis hingga penyerahan hasil analisis memunculkan tekanan tersendiri bagi Delegasi UI untuk mampu berpikir secara efektif sekaligus efisien.

Sejak tanggal 22 Februari hingga 1 Maret 2014 lalu, Delegasi UI yang didampingi oleh Bapak Ebi Junaidi ini telah memberikan upaya terbaiknya, namun di Fase Grup telah dipaksa mengakui keunggulan delegasi yang sebelumnya menjadi juara bertahan selama 3 tahun berturut-turut, National University of Singapore (NUS) yang menjadi pemenang di grup ini untuk maju ke Fase Final. Saat Fase Final, NUS bertanding dengan pemenang dari grup lain, yaitutuan rumah Copenhagen Business School dan Wharton School The University of Pennsylvania. Namun, akhirnya Wharton SchoolThe University of Pensylvania yang akhirnya keluar sebagai juara CBS Case Competition 2014.

Ketidakberhasilan tersebut tidaklah mengurangi makna keikutsertaan Delegasi UI, mengingat bahwa dalam tahun pertama keikutsertaan ini Delegasi UI mampu mengenali lebih dalam karakteristik kompetisi dan merancang strategi guna memenuhi ekspektasi dewan juri. Pengalaman ini dapat dikelola menjadi keunggulan kompetitif, selama dapat didiseminasikan secara menyeluruh kepada Delegasi UI di tahun mendatang. Maka bukan tidak mungkin bahwa pada keikutsertaan di tahun 2015 kelak, Delegasi UI akan mampu mengukir prestasi yang lebih membanggakan dan memunculkan diri sebagai kekuatan yang disegani di panggung CBS Case Competition.

advertisement

1 - Foto dengan Team Host

Foto Tim UI dengan spanduk dari sponsor partner co-funding, Tanoto Foundation

Pada akhirnya, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya tidaklah lupa disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu keberhasilan Delegasi UI dalam keikutsertaan pertama kalinya pada CBS Case Competition 2014, khususnya kepada otoritas-otoritas UI (Dekanat FEUI, Direktorat Kemahasiswaan UI, serta Persatuan Orangtua Mahasiswa (POM) FEUI) dan pihak ketiga seperti Tanoto Foundation sebagai sponsor yang telah terlibat sebagai mitra co-funding.

5 - Foto Seluruh Peserta dan Panitia

Seluruh peserta dan panitia CBS Case Competition 2014

3 - Foto dengan Prince Joachim of Denmark dan Kedutaan Besar Indonesia untuk Denmark

Foto dengan Prince Joachim of Denmark dan Bapak Kedutaan Besar Indonesia

6 - Foto di Kedutaan Besar Indonesia untuk Denmark

Foto dengan Bapak Kedutaan Besar Indonesia untuk Denmark

12 Tim terpilih CBS Case Competition 2014:

1. Universitas Indonesia, Indonesia
2. Stockholm School of Economics, Sweden
3. University of Porto, Portugal
4. University of British Columbia, Canada
5. Wharton School of Business, USA
6. University of North Carolina, USA
7. Fundação Getulio Vargas, Brazil
8. University of Melbourne, Australia
9. Shantou University, China
10. Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong
11. National University of Singapore, Singapore
12. Copenhagen Business School, Denmark (host)

advertisement

 



advertisement