Mahasiswa FEUI “Sapu Bersih” Gelar Juara di LKTI National Economics Events (NEts) 2010, Unsoed

Pada tanggal 11 Juni 2010 lalu, diumumkan siapa saja para finalis LKTI NEts 2010 yang berkesempatan mempresentasikan karya tulis ilmiah mereka di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Lomba Karya Tulis Ilmiah NEts (National Economics Events) 2010 ini mengusung tema ”Menjadikan Indonesia Surga Investasi : Babak Baru Memasuki Regional Free Trade Area (R-FTA)”. Dari 14 tim yang berasal dari Fakultas Ekonomi berbagai Universitas di Pulau Jawa, terpilih 5 tim sebagai finalis LKTI NEts 2010. Adapun kelima tim tersebut adalah 3 tim dari FEUI, 1 tim dari FEB UGM, dan 1 tim dari FE Unair. Namun, dikarenakan jadwal presentasi yang bentrok dengan Ujian Akhir Semester, finalis dari Universitas Gajah Mada mengundurkan diri. Sehingga, finalis yang mempresentasikan KTI nya pada tanggal 14 Juni 2010 di Purwokerto hanya berjumlah 4 tim.

Setelah menempuh perjalanan panjang dari Depok menuju Purwokerto menggunakan kereta, akhirnya finalis dari FEUI tiba pada 13 Juni 2010. Kedatangan tim FEUI disambut hangat oleh panitia NEts 2010. Awalnya tim dari FEUI diajak bersilaturahmi ke sekretariat Himesbang FE Unsoed. Himesbang FE Unsoed merupakan himpunan mahasiswa ekonomi studi pembangunan FE Unsoed dan NEts 2010 ini merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah naungannya. Setelah bersilaturahmi, tim FEUI pun dipersilahkan mengistirahatkan diri di Hotel Anggrek (penginapan yang telah disediakan panitia).

Malam harinya, setelah seluruh finalis tiba di Purwokerto, acara pun dimulai. Pukul 08.30, kegiatan yang dilakukan adalah sharing dengan Himesbang FE Unsoed, dilanjutkan dengan Technical Meeting untuk presentasi karya tulis keesokan harinya. Pada Technical Meeting ini, selain dijelaskan mengenai teknis presentasi, juga dijelaskan mengenai keadaan finalis dari UGM serta diberitahukan terdapat delegasi non-LKTI yang turut menghadiri rangkaian acara NEts 2010 yaitu sebanyak 6 orang dari UPN Veteran Yogyakarta.

Keesokan harinya, presentasi pun dimulai pada pukul 9 pagi, dengan ketentuan 15 menit presentasi dan 15 menit tanya jawab. Sesuai urutan yang telah diundi pada Technical Meeting, para finalis mepresentasikan karya tulis nya di depan 3 juri yang merupakan dosen-dosen FE Unsoed, secara bergantian. Sekitar pukul 10.30, ditengah presentasi kedua yaitu dari tim Unair, aliran listrik terputus. Sempat terjadi kepanikan khususnya dari tim presenter, namun dapat segera ditangani dengan sigap oleh panitia. Setelah itu, dengan tanggap panitia segera memindahkan ruangan acara ke Gedung Roedhiro yang memiliki fasilitas genset. Setelah melakukan berbagai persiapan, acara pun dapat dilanjutkan kembali pada pukul 11.30. Acara dapat terselesaikan pukul 12.30 dan ditutup dengan penyerahan plakat kepada dewan juri.

Setelah melalui proses presentasi yang menegangkan, seluruh delegasi diajak berwisata ke objek wisata Baturraden yang hanya berjarak sekitar 15 menit dari kampus Universitas Jenderal Soedirman. Di kaki gunung selamet ini, terdapat pancuran air hangat, pemandangannya pun sangat asri dan udara juga sejuk. Menjelang maghrib, delegasi pun diperkenankan untuk kembali ke penginapan agar dapat beristirahat.

Keesokan harinya, 15 Juni 2010, rangkaian acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional. Seminar ini berlangsung dari pukul 09.00-13.00 WIB dan diakhiri dengan pengumuman pemenang LKTI NEts 2010. Terpilihlah Rully Prasetya (Akuntansi FEUI ’07) sebagai juara 1 dengan judul KTI “Perubahan Struktur Capital Inflow Indonesia menjadi Foreign Direct Investment Inflow Dominated melalui Penerapan Capital Control Policy: Sebuah Gagasan Pemikiran“, kemudian terpilih pula tim FEUI yang terdiri dari Minda Putri Dwinanda (Ilmu Ekonomi FEUI ’08), Widi Laras Sari (Ilmu Ekonomi FEUI ’08), dan Michelle Andrina (Ilmu Ekonomi FEUI ’08) dengan judul KTI “Peluang dan Tantangan Investasi Sovereign Wealth Fund setelah Memasuki ASEAN Free Trade Area: Studi Kasus antara Singapura dengan Industri Perbankan serta Telekomunikasi di Indonesiasebagai juara 2, dan sebagai juara 3 lagi-lagi tim FEUI yang terdiri dari Dwinda Andaninggar (Ilmu Ekonomi FEUI ’07), Suhaimi Ibnu Hajar (Ilmu Ekonomi FEUI ’08), dan Direta Wonahausi (Ilmu Ekonomi FEUI ’07) dengan judul KTI “Kebijakan Strategis dalam Menangkap Peluang Penanaman Modal Asing di Sektor Pertanian Indonesia“. Sungguh prestasi yang luar biasa, seluruh juara LKTI NEts 2010 ini direbut oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Dengan pengumuman pemenang ini, berakhirlah seluruh rangkaian acara NEts 2010. Delegasi FEUI pun dapat kembali ke rumah masing-masing dan tentunya dengan kebanggaan tersendiri atas ilmu, pengalaman dan prestasi yang telah mereka dapatkan

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA