Mahasiswa pun Bisa Menjadi Jurnalis


0

Saat ini dunia teknologi semakin berkembang. Perkembangan teknologi tersebut juga memengaruhi perkembangan jurnalistik. Dulu, hanya jurnalis professional-lah yang dapat melakukan kegiatan jurnalistik. Kegiatan jurnalistik yang dimaksud adalah mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaporkan berita kepada masyarakat luas. Sekarang, dengan ditemukannya teknologi internet, kegiatan jurnalistik tidak hanya dapat dilakukan oleh jurnalis professional. Setiap orang bisa melakukan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaporkan berita kepada masyarakat luas. Istilah yang digunakan untuk perkembangan jurnalistik tersebut disebut dengan citizen journalism.

Citizen journalism atau jurnalisme warga merupakan suatu konsep bagi anggota publik yang memainkan peran aktif dalam mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, serta menyebarluaskan berita dan informasi (Bowman dan Willis, 2003). Maksud dari anggota publik di sini adalah setiap orang tanpa memandang latar belakang pendidikan dan keahlian. Mahasiswa masuk ke dalam kriteria tersebut. Kehadiran citizen journalism mendorong setiap orang untuk berani menulis dan melaporkan informasi/berita kepada banyak orang tanpa memerlukan label atau status jurnalis profesional.

Walaupun yang berperan besar dalam citizen journalism adalah warga (bukan jurnalis profesional), prinsip-prinsip jurnalisme tetap harus dipegang ketika sedang melakukan kegiatan jurnalistik. Prinsip-prinsip jurnalisme tersebut antara lain kebenaran, akurasi, objektivitas (cover both side), berimbang, verifikasi, dan lain-lain. Prinsip-prinsip tersebut harus dilaksanakan karena informasi yang disajikan adalah untuk dibaca dan diketahui oleh publik. Jangan sampai publik menerima informasi yang salah setelah membaca artikel atau tulisan produk citizen journalism.

Salah satu media yang banyak digunakan untuk kegiatan citizen journalism adalah internet. Melalui internet, orang-orang akan mudah untuk melaporkan suatu informasi kepada banyak orang dengan cepat. Tidak heran jika citizen journalism sangat berkembang di media online (internet). Keuntungan lain yang ditawarkan media online adalah menyediakan fungsi multimedia sehingga produk citizen journalism tidak hanya berupa teks/tulisan, tetapi juga dapat berupa foto, video, audio, grafik, dan lain-lain.

anakUI.com adalah salah satu situs citizen journalism dimana para penulisnya berasal dari mahasiswa dan alumni Universitas Indonesia (UI). Para penulis adalah “warga bebas” atau bukan berstatus sebagai jurnalis profesional, pengecualian untuk alumni UI yang memang berprofesi sebagai jurnalis dan aktif menulis di anakUI.com. Situs anakUI.com berfungsi sebagai wadah informasi mengenai kegiatan dan segala hal yang terjadi di UI sehingga orang-orang di luar UI yang ingin mengetahui berita tentang UI dapat mencari melalui situs anakUI.com.

Di situs anakUI.com, mahasiswa dapat belajar menjadi citizen journalist yang tetap berpedoman pada prinsip-prinsip jurnalisme. Mahasiswa dituntut untuk sekreatif mungkin dalam memberitakan informasi mengenai UI serta segala peristiwa dan kegiatannya. Mahasiswa UI tidak perlu lagi bingung ataupun takut untuk melaporkan informasi/berita kepada banyak orang karena melalui anakUI.com yang notabene berada di media online, berita akan dengan cepat tersebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Oleh karena itu, perlu adanya social awareness bagi alumini dan khususnya mahasiswa UI agar menggunakan anakUI.com sebagai wadah informasi UI dan sebagai bentuk upaya pengembangan citizen journalism di tengah-tengah lingkungan mahasiswa.

 

Referensi:

Laporan Seminar We Media: How Audiences are Shaping the Future of News and Information.

 

Lomba anakUI.com berhadiah tiket Jakarta FantastiKpop ini didukung oleh Plasa.com. Informasi tentang konser dan pembelian tiket konser Jakarta FantastiKpop bisa dilihat di website ini: http://ticket.plasa.com/fantastikpop. Ayo ajak teman-temanmu penggemar KPOP buat nonton bareng!

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
astridleona

8 Comments

Leave a Reply

  1. Semua warga UI termasuk mahasiswa dapat berperan dalam citizen journalism khususnya anakUI.com
    Opini-mu membuka lebih dalam tentang hal itu
    Good job
    Semangat!!

  2. paragraf terakhirnya bagus nih

    Oleh karena itu, perlu adanya social awareness bagi alumini dan khususnya mahasiswa UI agar menggunakan anakUI.com sebagai wadah informasi UI dan sebagai bentuk upaya pengembangan citizen journalism di tengah-tengah lingkungan mahasiswa.

    ada usulan gimana biar mahasiswa dan alumni pada aware buat mosting di anakUI.com ga ya?

    soalnya ini yg dari dulu selalu kita usahakan, biar banyak yg posting di anakUI.com 🙂

    1. selama ini saya lihat usaha dari anakUI.com sudah cukup baik.
      Mungkin kalo saya bisa kasi beberapa solusi, anakUI.com bisa mengadakan pelatihan atau training menulis bagi mahasiswa dan alumni UI (khususnya mahasiswa). Di training tersebut, diselipkan 1 sesi khusus untuk mem”promosikan” situs anakUI.com dimana mahasiswa UI bs jd penulisnya disana.
      Solusis lain:
      selama ini saya lihat anakUI.com sering menjadi media partner acar2 di UI. Kenapa tidak meminta sedikit waktu kepada panitia acara2 tersebut agar memberikan sesi khusus untuk sounding ke peserta acara2 yg ada di UI ttg anakUI.com? Sesi khusus ini berisikan apa itu anak UI.com, minta mereka mem follow twitter anakUi.com, dan mengajak peserta2 acara2 yg di media partner-in itu (jika pesertanya memang anak UI) utk join dan aktif menulis di anakUI.com.

      1. iya tuh sarannya astrid boleh juga, yang minta waktu ke panitia acara untuk sounding anakUI.com. mungkin khususnya di acara yg berbau jurnalistik juga, kayak Journalist Days di FE (pas tahun 2009 kmrn, mereka kebetulan bahas citizen journalism juga). temenku soalnya masih banyak yg belum aware juga klo di anakUI.com tuh ada account-ny, bisa posting tulisan. selama ini mereka sekadar baca info aja.

        1. setuju sama ester. apalagi yg ikut journalist day adalah semua mahasiswa ui (gak hanya FE). jadi mereka bs aware sm situs anakui.com.
          Atau bisa juga di acara Pekan Komunikasi. ada sesi workshop jurnalistik. mungkin anakui.com bisa sounding di situ.