Mahasiswa UI Ciptakan Edufia, Platform Belajar Olimpiade Sains

Edufia ini mempertemukan para mahasiswa berprestasi selaku mentor dengan para siswa dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Keren!


0

Sekumpulan mahasiswa Universitas Indonesia lintas disiplin ilmu ini melakukan kolaborasi guna mengembangkan Edufia, sebuah startup pendidikan yang menyajikan materi belajar dalam menghadapi olimpiade pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) di tingkat SMA/MA/Sederajat.

Diinisiasi oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) angkatan 2018, Arya Lukmana, dibawah bimbingan dosen Departemen Fisika Kedokteran atau Klaster Medical Technology IMERI, Fakultas Kedokteran UI, Prasandhya A. Yusuf, S.Si, M.T., Ph.D, Edufia resmi diluncurkan pada Sabtu (31/10) secara daring.

Peluncuran ini pun turut dihadiri oleh Direktur Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) UI, Ahmad Gamal. Dalam peluncurannya, DITSP UI sangat mengapresiasi kontribusi mahasiswa dan mendukung semangat kewirausahaan sivitas akademika UI dalam memberikan kemudahan akses pembelajaran bagi anak-anak bangsa. Melalui Edufia, nantinya para siswa akan memperoleh materi dan latihan soal terbaru dan orisinal sesuai bidang masing-masing.

Pada perilisan pertama, Edufia menyajikan tiga mata pelajaran yaitu Astronomi, Kimia, dan Ekonomi, dari total sembilan mata pelajaran yang terdapat dalam Kompetisi Sains Nasional. Materi tersebut dikemas dengan metode gamifikasi yang memacu pengguna untuk mempelajari dan menyelesaikan materi olimpiade.

Selain menyediakan materi belajar KSN premium, Edufia juga memfasilitasi uji kemampuan dengan mengadakan kuis dan soal terkait Kompetisi Sains Nasional. Soal tersebut disusun oleh mentor berprestasi di bidangnya, baik mahasiswa atau alumni UI maupun perguruan tinggi lainnya, yang sudah membawa nama baik Indonesia di kancah internasional di bidang olimpiade sains.

Edufia juga memiliki forum tanya jawab yang berfungsi untuk menciptakan iklim pembelajaran yang positif melalui partisipasi aktif antar pejuang olimpiade. Melalui forum tersebut, pengguna Edufia dapat bertukar ilmu dan menyelesaikan berbagai soal. Materi yang disajikan pun berkualitas tinggi serta dijamin orisinalitasnya dan dapat diakses dengan harga terjangkau bagi siswa-siswi Indonesia.

Anggota tim dibalik Edufia adalah Amrisandha P. Prasetyo dari Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) 2018, Ratna Fitranti Lanasiwi dari Fakultas Kedokteran UI 2018, Widyanto Hadi Nugroho dari Fakultas Ilmu Komputer UI 2019, Dara Ariqah Jibril dari FKUI 2018, Alifia Zahratul Ilmi (juara olimpiade sains), dan M. Ridwan Satria (juara olimpiade sains).

Sementara itu, Blog Edufia yang memuat artikel keilmuan maupun kisah inspiratif dari peraih medali di ajang Kompetisi Sains Nasional dipandu oleh Fasya Rizkiaputri (FKUI 2018), Ghayda Nafisa Assakura (FKUI 2019), dan M. Surya Siddiq (juara olimpiade sains).

Dengan adanya Edufia, Arya selaku inisiator berharap, Edufia dapat membuka akses pembelajaran yang terjangkau guna membantu siswa-siswi Indonesia untuk terus berprestasi di ajang kompetisi sains nasional maupun internasional.  Selain itu, pengguna diharapkan mendapatkan pemahaman yang mendalam terkait bidang yang dipilih, dan dapat mencetak generasi masa depan gemilang.

“Melalui Edufia, harapannya, kami dapat berpartisipasi dalam mencerdaskan segenap anak bangsa, khususnya dengan mempertemukan para mahasiswa berprestasi selaku mentor dengan para siswa dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi,” ungkap Arya Lukmana.

Nah, Anak UI, bila kamu tertarik untuk mengakses materi dan Latihan soal, kamu bisa mengunjungiwebsite dengan laman https://www.edufia.net, https://learn.edufia.net, https://blog.edufia.net, serta akun instagram @edufianet ya!

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply