Review Maingear Turbo, Performa Luar Biasa yang Kompak!

anakui.com – PC gaming Maingear ini adalah raksasa kompak yang tidak mengeluarkan biaya. Maingear Turbo mengemas komponen top-of-the-line ke dalam case kompak yang indah. Sobat bisa mendapatkan performa luar biasa dari titan kecil ini, tetapi bersiaplah untuk membayar hak istimewanya.

Spesifikasi Maingear Turbo

Spesifikasi
VR Siap: Ya
Prosesor: hingga AMD Ryzen 9 5950X
RAM: hingga 16GB
Kartu Grafis: hingga Nvidia GeForce RTX 3090
Penyimpanan: Hingga 2TB SSD x 3
Aksesoris: tidak ada

Kelebihan

  • + Performa luar biasa dalam tapak kecil
  • + Bisikan-tenang bahkan di bawah beban berat
  • + Desain bagus, terlihat bagus di meja Anda.

Kekurangan

  • – Kemampuan upgrade terbatas
  • – Bisa sangat mahal bahkan untuk peralatan game

Maingear Turbo adalah raksasa. Kecepatan luar biasa yang sesuai dengan namanya ditambah dengan label harga yang memusingkan, karena vendor PC khusus telah mengemas sistem tunggal ini dengan beberapa perangkat keras paling kuat dan mahal yang tersedia.

Tapi Maingear telah melangkah lebih jauh dan mengemas komponen-komponen terbaik ke dalam sasis kompak yang secara diam-diam memberikan kinerja di sebagian kecil ruang. Kami ngotot untuk pendekatan DIY dan saya jelas bukan target audiens untuk pengalaman yang ditawarkan di sini, tapi Turbo hanya itu.

Bahkan detail yang tidak bisa tidak terkesan. Jika mampu membelinya, ini adalah salah satu PC gaming terbaik yang dapat dibeli saat ini. Terutama jika menginginkan mesin kecil dan senyap yang dapat menangani game-game terbaru dengan pengaturan maksimal tanpa kesulitan.

Harga dan Ketersediaan

  • Harapkan untuk membayar minimal Rp. 31 jutaan
  • Opsi penyesuaian yang mendalam, tetapi perkirakan waktu tunggu 2-3 bulan

PC game ini dapat dikonfigurasi dan dibeli langsung dari situs web Maingear dengan harga mulai lebih dari Rp. 30 jutaan, tetapi dengan cepat meningkat saat dikonfigurasi dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3060, CPU AMD Ryzen 5, dan susunan awal 8 atau lebih. RAM GB, SSD 512 GB, dan sistem pendingin cair 240mm.

Contoh kasus: Unit tinjauan Maingear Turbo kami, dilengkapi dengan komponen kelas atas dan sistem pendingin APEX kustom Maingear, berharga Rp. 107 jutaan sesuai konfigurasi.

Itu jumlah yang sangat besar untuk membayar PC, tetapi model ini lebih merupakan barang pameran daripada yang dibutuhkan rata-rata orang untuk menjalankan game terbaru dan terhebat secara penuh.

Sasis faktor bentuk kecil menampilkan pendinginan loop terbuka APEX Maingear dan menggabungkan pendinginan GPU dan CPU (dengan penyimpanan) dalam tapak kecil.

16-core AMD Ryzen 9 5950X dipasangkan dengan RAM DDR4 64GB pada motherboard ROG Strix X570-I Gaming mini-ITX, dengan NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti memimpin visual. Ini juga terdiri dari 1TB Samsung 980 PRO M.2 Gen 4 NVMe untuk menampung sistem operasi dan 2TB Samsung 860 Pro SSD untuk penyimpanan umum.

Konfigurator Maingear memungkinkan untuk melengkapi sepenuhnya opsi penyimpanan dan menambahkan beberapa periferal dan karya seni khusus dengan harga lebih tinggi. Waktu pengiriman akan bervariasi tergantung pada penyesuaian yang dipilih. Pada saat publikasi, Maingear memperkirakan 7-9 minggu untuk sistem APEX.

Desain Maingear Turbo

  • Kasingnya ringkas dan menarik, tetapi menyisakan sedikit ruang untuk modifikasi.
  • Bisikan-tenang, bahkan di bawah beban berat

Maingear Turbo hampir sangat menakjubkan. Cat mobil (dalam hal ini Hellcat Red) menarik perhatian dan dilengkapi dengan cairan pendingin merah tembus pandang yang dipompa melalui sistem pendingin putaran terbuka APEX. Kabel (juga merah) biasanya tidak terlihat dengan rapi kecuali sobat bekerja di dalam mesin.

Tidak suka warna merah? Tidak masalah. Ada beberapa opsi untuk dipilih, atau sobat dapat bekerja dengan Maingear untuk memilih warna dan gambar khusus yang diinginkan untuk sentuhan pribadi.

Turbo juga merupakan desktop dalam pengertian tradisional, dengan kekuatan mentah yang dikemas di dalamnya mengambil jejak kecil yang luar biasa. Ukurannya 14,4 x 6,7 x 12,3 inci dan beratnya sekitar 35 pon.  Meja penuh dengan tiga monitor dan peralatan simulator penerbangan luar angkasa.

Tetapi jika ruang sendiri lebih nyaman, Turbo dapat dengan mudah menemukan tempat duduk di sebelahnya untuk menikmati pancaran pencahayaan RGB, yang harus dilihat untuk PC game modern. Sistem pendinginan adalah kunci untuk ukuran alat berat.

Reservoir cairan pendingin terletak di bagian depan sasis, dan jaringan pembuluh darah dalam tabung yang kaku mengarahkan cairan ke kartu grafis, prosesor, dan radiator 240 mm di bagian atas casing. Saat cairan pendingin dipompa melalui sasis, cairan pendingin memindahkan panas dari komponen ke radiator, di mana cairan tersebut dibuang oleh kipas besar.

Mesin tidak bersuara. Pendinginan cair yang ringkas dengan waterblock untuk GPU dan CPU mengurangi kebisingan, aliran udara, dan kebutuhan ruang untuk kipas besar. Saat aplikasi dan game mulai mendorong CPU, Anda dapat mendengar dengungan kipas, tetapi hampir tidak terdengar.

Penyimpanan flash semakin mengurangi kebutuhan ruang dan Maingear secara efisien memanfaatkan setiap inci ruang itu. Ini terbatas jika sobat adalah tipe yang mengutak-atik, tetapi hasilnya mengesankan.

Port dan Upgrade

  • Pilihan port yang murah hati
  • Tidak banyak ruang untuk ditingkatkan

Kami ragu menyebutnya sebagai varian APEX dari Maingear Turbo yang dapat diupgrade. Satu sekrup memudahkan akses ke bagian dalam alat berat, tetapi sistem pendinginan loop terbuka menggunakan ruang bebas sasis paling banyak. Mencoba perawatan apa pun akan membutuhkan pengurasan cairan pendingin dan pembongkaran tabung.

SSD penyimpanan berada di bagian belakang sasis dan kabel SATA melewatinya sehingga sobat dapat mengemas lebih banyak penyimpanan nanti. Tetapi jangan berencana untuk mengutak-atik perangkat keras terlalu banyak kecuali berpengalaman dalam bekerja dengan penyiapan loop terbuka.

Ini kemungkinan besar bukan masalah langsung. Tetapi jika memilih lebih sedikit perangkat keras, memiliki masalah teknis, atau mempertahankan sistem selama beberapa tahun, sobat akan merasakan tekanannya. Konon, pemilihan port Turbo sangat murah hati.

Ada HDMI 2.0b, DisplayPort 1.4, satu USB-C, empat USB 3, tiga USB 3.1, port Gigabit Ethernet di bagian belakang, dan sepasang port USB 3 di samping dan depan. NVIDIA GeForce 3080 Ti menawarkan trio port DisplayPort dan HDMI lainnya.

Kami pribadi benci mengandalkan Wi-Fi untuk desktop, tetapi motherboard mendukung Wi-Fi 6 dan mesin menyertakan antena jika ingin / perlu pergi ke rute itu atau mencari konektivitas Bluetooth.

Performa Game

  • Unit ulasan terbaik dengan kinerja terbaik
  • Bahkan game yang paling menuntut pun jarang turun di bawah 30 fps.

Performa gaming sangat kuat mengingat kaliber perangkat keras yang dipamerkan di sini. Kami menghabiskan banyak waktu menguji Turbo dengan Forza Horizon 5 pada layar HDR 1440p dengan semua pengaturan dialihkan ke Extreme.

Frame rate hampir tidak turun di bawah rata-rata sekitar 110 frame per detik. Beta multipemain Halo Infinite bekerja dengan cara yang sama, dan dengan frekuensi gambar tiga digit, kami tidak punya alasan untuk menyalahkan kinerja yang buruk.

Cyberpunk 2077 terbukti lebih menuntut, turun menjadi 82 frame per detik di lingkungan yang kompleks. Mungkin saat bermain Cyberpunk, kami akhirnya bisa mendengar kipas radiator Turbo 240mm. Meski hampir lupa menjaga suhu.

Mengingat masalah kinerja dan pengoptimalan yang sering dilaporkan dari judul tersebut dan fakta bahwa ini adalah satu-satunya judul yang memberi masalah, kami merasa nyaman menyerahkan ini ke perangkat lunak daripada perangkat keras.

Satu-satunya judul yang menjatuhkan mesin di bawah 60 frame per detik dalam tolok ukur permainan 4K kami adalah Assassin’s Creed Valhalla (55 frame per detik) dan Metro Exodus (35 frame per detik saat diputar ke Ekstrim).

Kinerja Keseluruhan

  • Kekuatan yang cukup untuk menangani semua yang perlu dilakukan
  • Overclocking yang mudah untuk tenaga lebih

Skor tes kinerja juga tidak mengejutkan, karena PC ini dilengkapi dengan beberapa perangkat keras paling kuat yang dapat dibeli dengan uang. Maingear Turbo mencetak 15.794 pada benchmark multi-core GeekBench 5.4.

Tes penyandian video Handbrake selesai dalam 4 menit dan 2 detik, dan tes penyalinan file 25 GB mengonfirmasi kecepatan transfer 2.004 MB/dtk. Ini adalah hasil yang sangat besar.

Pesaing terdekat Turbo adalah Origin PC Millennium dan Ryzen 9 5900X (12 core dan 24 thread, 16 core dan 32 thread) dengan GPU NVIDIA yang sama tetapi setengah dari RAM (32GB, 64GB). ).

Milenium mencetak 14.041 pada GeekBench 5.4, menyelesaikan tes Handbrake dalam 4 menit dan 11 detik, dan memiliki kecepatan transfer 954MB/s pada tes penyalinan file 25GB. Itu tidak jauh lebih rendah dari label harganya yang jauh lebih rendah (perbaikan mudah dengan peningkatan ke arah yang benar).

Catu daya yang disediakan di sini tentunya cocok untuk lebih dari sekedar gaming. Alur kerja pribadi kami berputar di sekitar pengeditan gambar menggunakan gambar RAW 50 megapiksel di Adobe Lightroom Classic dan Photoshop 2022.

Lightroom Classic bukanlah aplikasi tercepat, tetapi perangkat keras Turbo melakukan semua yang disajikan, mulai dari pengeditan sehari-hari hingga membuat pratinjau 1:1 dari ratusan foto, dalam waktu singkat yang biasa dilakukan peralatan sendiri.

Membuka file dan melakukan pengeditan dasar di Photoshop sama cepatnya, dan sementara kedua aplikasi membiarkan kipas case bersenandung selama beberapa detik saat memulai tugas besar, sistem pendingin APEX dengan cepat memperbaiki masalah.

Fitur yang ditawarkan pasti berlebihan untuk kebutuhan kami. Tetapi pembuat konten yang perlu melakukan streaming atau berurusan dengan banyak foto dan video beresolusi tinggi saat bermain game akan menghargai lingkungan kerja yang tenang dan menghemat waktu.

Jika power-on display tidak cukup, turbo mudah di-overclock karena sistem pendingin terus memeriksa suhunya. Mesin menganggur sekitar 41 derajat Celcius (sekitar 106 F) dan naik menjadi sekitar 72 derajat (sekitar 162 F) saat berada di bawah tekanan.

Itu tetap relatif tenang sepanjang (kecuali saat bermain Cyberpunk 2077 atau saat memulai pekerjaan besar di Adobe Lightroom Classic), dan jika kecepatan kipas terlalu keras, sobat dapat dengan mudah mengubahnya menggunakan alat perangkat lunak yang dibundel. Tergantung selera, atau jika merasa perlu lebih banyak pendinginan.

Software Maingear Turbo

  • Hampir tidak ada bloatware pra-instal
  • Perangkat lunak manajemen Aura Sync RBG Asus menyenangkan untuk digunakan.

Sebagaimana layaknya mesin dalam kisaran harga ini, Maingear Turbo hadir dengan sangat sedikit perangkat keras pra-instal. Armory Crate ASUS disertakan untuk memantau dan mengelola motherboard, dan memiliki alat yang diperlukan untuk memeriksa kecepatan jam dan suhu atau memperbarui driver.

Beberapa fitur menonjol termasuk Aura Sync, yang dapat digunakan untuk mengontrol lampu pada sasis (jika tidak ingin menggunakan remote yang disertakan), dan profil skenario yang memungkinkan menghubungkan tingkat suara dan lampu sasis ke aplikasi tertentu.

Peralatan ASUS ROG yang lengkap diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari Aura Sync, tetapi komponen internal Turbo kompatibel dan dapat dimodifikasi.

Jika merasa kreatif, sobat dapat menggunakan ASUS Aura Creator untuk membawa lightscape ke level berikutnya dengan membuat light loop individual dengan efek berbeda untuk motherboard, RAM, dan strip LED internal.

Aura Sync juga kompatibel dengan pencahayaan Philips Hue, sehingga sobat dapat bersenang-senang di seluruh ruangan. Hal seperti ini biasanya hilang pada kami. Kami menyetelnya ke warna statis (biasanya hijau dingin) dan memindahkannya.

Kesimpulan

Jangan terlalu memperhatikan kecepatan turbo. Ini diharapkan saat sobat menjejalkan perangkat keras yang paling mampu ke PC. Jika uang bukan masalah dan hanya mencari kekuatan, Millennium di Origin PC bisa dibilang merupakan “nilai yang lebih baik”. Pernyataan aneh mengingat label harga seperti itu.

Maingear juga memiliki sejumlah jalur untuk dipilih, dengan casing yang lebih besar yang seharusnya menyediakan lebih banyak ruang pengoperasian bahkan jika memilih pendinginan APEX. Kisah nyata di sini adalah keahlian Maingear.

Sistem pendingin APEX adalah desain menakjubkan yang sulit ditiru. Selain mendorong daya ke dalam kotak untuk memberi alat berat yang benar-benar terasa unik, terutama jika menggunakan opsi penyesuaian sepenuhnya.

Sobat bisa mendapatkan kinerja ini jauh lebih murah di tempat lain, tetapi Maingear Turbo benar-benar mengasyikkan. Secara alami, itu semua sangat subyektif. Melihat opsi lain atau menunggu hingga ketersediaan komponen menjadi normal dan membuat sendiri mungkin memberi nilai uang yang lebih baik.

Tapi Maingear Turbo mengilhami kami untuk melihat kembali aspirasi pendinginan loop terbuka yang sudah lama tidak aktif. Dan mesin yang membuat kami bersemangat mengutak-atik adalah pemenang dalam daftar ini.

Leave a Comment