Mapala UI selenggarakan bakti sosial “Peduli Bandealit”


0

Setelah melakukan perjalanan panjang selama 8 hari di Taman Nasional Meru Betiri, Mapala UI menyelenggaraan bakti sosial bertajuk “Peduli Bandealit” di SDN 03 Andongrejo, Dusun Bandealit, Desa Andongrejo, Kabupaten Jember (5/7). Bakti sosial yang disponsori oleh Bank Mandiri ini terdiri dari serangkaian acara, yaitu penyelenggaraan perbaikan perpustakaan sekolah, donasi peralatan sekolah, penyuluhan dan periksa gigi gratis, serta lomba cinta lingkungan.

Menurut penelitian Universitas Gajah Mada (2006), dari 5.497 jiwa yang hidup di Andongrejo, hanya terdapat lima orang yang berhasil menyelesaikan pendidikan di bangku universitas. Rendahnya kualitas pendidikan di desa seluas 263,8 km2 ini dipicu oleh rendahnya pendapatan perkapita masyarakat desa tersebut. Masih menurut data yang sama, penghasilan perkapita pertahun masyarakat Desa Andongrejo adalah sebesar Rp 803.528,- atau sekitar Rp 67.000,- perbulannya.

Melalui penyelenggaraan beberapa kegiatan sosial ini, Mapala Ui dan Bank Mandiri bekerjasama membantu mengatasi permasalahan tersebut. Baksos diawali dengan perbaikan perpustakaan SDN 03 Andongrejo yang meliputi pemberian 609 buku untuk perpustakaan, tata ulang dan perbaikan sistem perpustakaan.  Pada kesempatan tersebut juga diserahkan 100 paket peralatan sekolah bagi siswa SD dan SMP yang berprestasi. Selain itu ada juga penyuluhan mengenai pentingnya kesehatan gigi bagi 100 siswa SDN 03 Andongrejo, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi gratis bagi masyarakat Dusun Bandealit. Kegiatan ini didukung oleh tim dokter gigi dari Universitas Indonesia dan Universitas Jember.

Sebagai desa penyangga dari Taman Nasional Meru Betiri, kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan pada masyarakat dusun tersebut. Berangkat dari kondisi ini, maka diadakan Lomba Cinta Lingkungan bagi siswa SD yang terdiri dari lomba mewarnai, mengarang, dan menghias tong sampah.

Di samping mengadakan rangkaian bakti sosial tersebut, seluruh para anggota Mapala UI ini juga melakukan perjalanan ke Taman Nasional Meru Betiri, yang juga terletak di Jember-Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka menjelajahi taman nasional terbesar di Pulau Jawa tersebut selama delapan hari dan menempuh jarak sejauh 58 km. Kegiatan ini juga didukung oleh Mahapena (Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Ekonomi Universitas Jember) dan Pemda Jember.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
sanny

2 Comments

Leave a Reply

  1. Mapala UI, kau Ajari Kami mencintai Almamater
    Kau Teguhkan Kami Dalam Kebersamaan dalam Banyak Perbedaan..
    Kau Ajak Kami Dekat Dengan Alam
    Kau Ajari Kami Mengenal Bumi Pertiwi agar mencintainya dengan murni.

    Rugi rasanya tak mengenalmu lebih jauh.

    Salute..