Mega Proyek Universitas Indonesia


0

Selain perpustakaan pusat baru yang megah, kabarnya UI juga akan segera membangun stasiun kereta termegah yang tergabung ke dalam rangkaian UI Mega Proyek. *Wah, bakal saingan sama proyek-proyek terbesar dan termegah di Jakarta nih!*

Mau tau diubah seperti apa? Ini ada senarainya :

UI STATION 1 and UI STATION 2, University of Indonesia


Luas kedua stasiun ini (Stasiun UI & Pondok Cina) mencapai 70,400 meter persegi (luas bangunan dan tanah) dengan spesifikasinya masing-masing menempati tanah sebesar 3,250 meter persegi

Rencananya, akan dibuat pintu keluar masuk sebanyak 2 lantai seperti shelter busway. Tinggi bangunannya mencapai 14 meter loh

 

 

 

Bahan bangunannya pun dipercaya akan mengandung bahan-bahan alam yang ramah lingkungan. Hal ini terkait dengan konsep Green Campus-nya UI.

Ada juga barrier pepohonan yang akan memsiahkan antara stasiun UI dengan Pondok Cina.

Dikabarkan proyeknya akan berjalan dari tahun 2009 ini tepat setelah perpustakaan megah selesai dibangun dan proyek ini akan berakhir pada tahun 2010.

Oh iya, ini ada juga senarai proyek-proyek di UI yang tergabung dalam MEGA PROYEK UI selama masa kepemimpinan Pak Gumilar. Beberapa sudah terealisasi tapi ada juga yang belum :

Mega Proyek UI 2007 — 2012 menuju Word Class University (Top Asia University)
– Jalur Sepeda UI (selesai 2009) –sudah
– Perpus pusat terbesar dan termodern (selesai 2009) –sedang
– Stasiun KRL Modern (selesai 2010)
– Memperbarui Stadiun UI –sedang
– Science Park –sudah
– Peleburan Vokasi UI dengan PNJ (UI College) –sudah
– Bikin Rumah Sakit di UI Depok
– FK dan FKG pindah ke UI Depok (yang di Salemba khusus untuk penelitian dan pascasarjana, kabarnya 2012)
– Dibikin akses jalan tol ke UI Depok
– Akan dibangun gedung Departemen Perkapalan UI di Tanjung Priok
– Dsbnya. (mungkin ada yang bersedia nambahin??)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
emier

24 Comments

Leave a Reply

  1. hhmm.. pantes aja uang kuliah di UI tambah mahhaaaL T_T

    tapi klo apa yang didapet sesuai.. ya boleh laaaa…
    btw.. jangan2 selesainya pas gw uda wisuda.. euuuh

  2. bwuuuiiihhh..dahsyat deh kampus qt,uda kayak negara dalam kota..haha

    tp bener kata bang ilman,jgn2 ni cuma kabar burung hantu aja..hehe

  3. @ilman & ryan
    Lupa..
    sebenernya pas acara wisuda semester genap kemarin ada beberapa maket yang dipamerkan dalam slide-slide di balairung..terus, saya lakukan selidik demi selidik, saya pikir rencana ini main-main dan masih jauh, akhirnya saya diam saja…

    Nhaaaa, gak taunya begitu ada pembangunan perpus termegah saya langsung percaya bahwa UI tidak main-main!! saya tanya sana sini yang punya informasi, baik dosen saya yang kerja di rektorat ataupun kenalan temen-temen saya yang punya dosen kerja di rektorat juga..

    Ehh di rektorat masih ada foto-foto maket-nya, kalo gak salah design itu hasil sayembara yang diadakan beberapa tahun lalu. Lalu mengenai FK dan FKG ke kampus Depok, temen saya anak FK angkatan 08 namanya yunus *dulu fasilkom loh ada yg kenal?* pas lagi belajar dosennya nyeletuk katanya FK dan FKG mau pindah tahun 2012 gitu..

    jadiii..yang mau liat maketnya ada di rektorat~ (lantai dasar yaa!)

  4. FK dan FKG pindah ke depok tahun 2012?
    saya sih ga yakin terealisasi..

    dari sejak saya masuk Fasilkom tahun 2005, ada gembar-gembor Fasilkom bakal dibuatin gedung baru di samping MIPA tahun 2009 atau 2010.. tapi ga ada tanda2nya sekarang..

    anyway, semangatlah buat pak Rektor!
    asal tujuannya baik, caranya halal dan legal, saya dukung selalu lah..

  5. he? fasilkom dipindah? itu saya baru denger.
    yang selama ini didenger sih FK-FKG dipindah ke depok, bikin research hospital dlsb, semenjak saya masuk psiko 05

    sepakat, semoga pembangunan bisa bikin civitas UI jadi lebih baik, dan biaya kuliah engga mahal2 amat

  6. @sompret boy:
    Kalo berani ayo sini face to face langsung. Tunjukkan siapa diri lu. Buktinya langsung ngacir gitu kan. Maling mah bisanya cuma teriak maling. Kalo ketahuan malah kabur.

    @iLm@n:
    Maap bang kalo pesen saya juga rada hatred gini. Hehehe.

  7. btw, saya liat isi blognya kacau banget -_-” horor..

    yang sabarlah, jangan mudah terprovokasi..

    Ehem..btw lagi, saya masih bingung, dana proyek ini asal muasalnya dari mana ya? Bangun perpus 100M, belum stasiun, rumah sakit, dll..mungkin ada yg punya pendapat? (biar stay on topic)

  8. Banyak banget rencananya. Yang bikin tol itu apa g terlalu ambisius? Kan tol itu kan b’hubungan sama pemerintah juga. Apa iy masyarakat juga butuh?
    Yah, pertanyaan yang sama juga berlaku untuk rencana2 lain sih.

  9. Itu datanya dari mana ya. Apakah gambar-gambar itu memang rencana sebenarnya? Oh ya untuk perpus saya setujua aja. Tapi kalau stasiun? Urgensinya apa ya, lagipula itu kan tugas pemda dan pemerintah???

  10. 1. Apa hubungan stasiun megah & jalan tol ama World Class University ?
    2. Rumah Sakit UI yang mau dibangun di Depok statusnya bakal milik sapa? Negarakah? UI kah?

  11. yaaah… saya sebagai pengguna kereta yg tiap hari pulang pergi bogor depok merasa ga perlu stasiun yang mewah kaya rencana ini.. kalo sistem kereta apinya sendiri belum diperbaiki sih percuma aja. lagipula apa ga cepet rusak mengingat tangan orang sini yg suka iseng merusak fasilitas umum? kan jadi buang2 duit aja…

  12. SUBHANALLAH, LUAR BIASA INDONESIA PUNYA KAMPUS YANG MEMBANGGAKAN BANGSA. DOSEN & MAHASISWANYA JUGA HARUS MEMBANGGAKAN. MUDAH2AN ANAK SAYA BISA KULIAH DI UI NANTI. TAPI BIAYA KULIAH NYA HARUS TERJANGKAU JUGA.
    USUL SAYA UI HARUSNYA JUGA MEMBUAT TEMPAT TINGGAL / APARTEMEN /ASRAMA YANG MURAH SEWANYA BAGI MAHASISWA YANG RUMAHNYA JAUH DI LUAR KOTA ATAU JARAK RUMAH NYA JAUH DARI KAMPUS.

  13. Subhanallah . .
    terima kasih
    semoga UI menjadi pusat prodi ungulan dunia
    terbaik & inovatif dalam iptek & imtaq
    adil dalam pemerataan kesempatan belajar.
    amin.

  14. Pingback: Darvocet.