Membiarkannya atau Mengubahnya?


0

Apa yang akan kamu lakukan apabila ada sesuatu yang bertolak belakang dengan prinsip hidup kamu? Ada dua jawaban untuk pertanyaan ini. Yang pertama adalah membiarkannya. Orang dengan tipe ini cenderung untuk membiarkan suatu hal yang bertolak belakang dengan prinsipnya. Ada beberapa kemungkinan mengapa orang ini cenderung membiarkannya, bisa karena memang dia cuek atau tidak peduli, bisa juga karena takut untuk menegur atau mengubahnya. Namun, hati-hati saja, terkadang karena takut untuk menegur atau mengubahnya, orang dengan tipe ini cenderung untuk menurut saja, tidak mau “melawan”.

Sedangkan jawaban yang kedua, jawaban yang bertolak belakang dengan jawaban yang pertama, yaitu berani untuk menegur, menolak, atau mengubahnya. Orang dengan tipe ini cenderung berani untuk “menolak” sesuatu yang tidak sesuai dengan prinsip hidup. Dia pun berusaha untuk mengubah hal tersebut dengan caranya sendiri, yang pasti menuju ke hasil yang lebih baik.

Jadi, pada dasarnya kembali pada diri kita masing-masing. Tergantung dari hal apa yang bertolak belakang dengan prinsip hidup kita. Kalau masih tidak melampaui batas, masih bisa ditolerir. Namun, kalau sudah melampaui batas, ada baiknya kita berusaha untuk mengubahnya menjadi suatu hal yang lebih baik.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
kadek

6 Comments

Leave a Reply

  1. ketika suatu permasalahan dihadapkan pd hati nurani qt memang akan membuahkan suatu kebimbangan. Namun, inget fungsi dr hati nurani qt sndr yaitu pengarah hidup qt. Jd, ktk qt dihadapan mslh td ikuti hati nurani qt dan jgn lp slalu minta petunjuk pada-Nya!

  2. semuanya memang pasti back to ourself.
    pada prinsipnya, hati nurani manusia pasti berpihak pada kebaikan, hanya kadang kala manusia masih dikalahkan oleh hawa nafsunya, dan tidak mengindahkan hati nuraninya. Padahal orang yang terlalu mengikuti hawa nafsunya, seperti terbutakan oleh kenikmatan duniawi didepan mata, yang telihat menjanjikan, padahal itu hanya sementara,,, sama saja menghianati diri kita sendiri, untuk mengambil keputusan sendiri memang hanya diri kita sendiri yang tahu. so, jaga diri kita baik-baik.

  3. iya yang terpenting itu emang qt harus punya prinsip yang jelas, dan bersifat universal. prinsip itu kan berdasarkan nilai2 hidup yang qt hargai sepenuhnya. jadi kalo qt udah tau pasti apa prinsip qt, sebaiknya dijaga dan dipertahankan, dalam kata lain, harus konsisten. ok

  4. hmmm… ada yg setuju dengan saya tidak???

    kalo menurut saya, kita mahasiswa harus lebih cerdas! maka, kembalikan segalanya, pertanyakan segalanya, kaji segalanya, kerjakan segalanya, dengan akal pikiran dan hati nurani kita!!!
    tapi yg saya temukan akhir2 ini, kita cenderung terbawa emosi. kita bisa bilang bekerja dengan akal & hati, tapi ternyata juga terbawa emosi. maka, kontrollah emosi kita!!! 😉

  5. setuju..
    kita sebagai mahasiswa harus bisa lebih kritis, jangan menggunakan emosi yg berlebihan dalam menghadapi suatu masalah…
    kita juga harus konsisten.

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals