Akhir-akhir ini, di media sosial lagi viral tren Virtual Photoshoot. Apa itu? Virtual Photosoot adalah aktivitas pemotretan yang dilakukan secara virtual. Caranya, fotografer dan model yang akan difoto melakukan panggilan video, lalu fotografer memotret pose dan gaya modelnya melalui panggilan video tersebut.

Kelihatannya memang mudah, tapi tahu nggak, sih? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil fotonya bagus dan ciamik. Anak UI sudah merangkumnya khusus buat kamu, nih. Yuk, disimak tips dan trik berikut

1. Pastikan Siapa Fotografer atau Modelnya

Sumber gambar: pixabay.com

Kelihatannya sepele, tapi hal ini penting untuk diperhatikan. Buat kamu yang punya hobi di bidang fotografi dan ingin mencoba virtual photoshoot, pastikan kamu punya objek atau model yang akan difoto, ya. Kamu bisa membuat janji terlebih dahulu dengan teman, pacar, atau keluarga kalian untuk melakukan panggilan video dan akan memfoto mereka. Jangan sampai kamu dadakan dalam menentukan model karena belum tentu setiap orang mau dipotret melalui panggilan video.

advertisement

Nah, buat kamu yang hobi berpose dan difoto, kamu bisa mengajak teman kamu yang punya hobi di bidang fotografi untuk melakukan virtual photoshoot. Siapa tau, dia belum tahu tren ini, kan? Kamu bisa memberikan referensi hasil virtual photoshoot pada si fotografer, sehingga dia bisa yakin untuk memotretmu.

BACA JUGA: Beberapa Tempat di Kompleks UI yang Cocok Buat Lokasi Syuting

2. Pastikan Kamera dan Aplikasi yang Digunakan Memadai

Sumber gambar: pixabay.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, virtual photoshoot ini mengandalkan panggilan video untuk melakukannya. Nah, pastikan gawai yang kamu gunakan memiliki kualitas kamera yang memadai. Kamu bisa menggunakan kamera laptop atau ponsel. Atur sedemikian rupa agar mendapat cahaya yang cukup, ya.

advertisement

Selain kamera, aplikasi yang digunakan untuk melakukan panggilan video juga harus diperhatikan. Sebenarnya, kalian bisa menggunakan aplikasi apa saja, seperti Zoom, Skype, Google Hangout, dan lain-lain. Kalian tinggal pilih mana yang lebih mudah dan bagus aja. Pastikan juga versi dari gawai kamu mendukung penggunaan aplikasi tersebut, ya.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Ponsel Pintar yang Maba UI Harus Punya!

3. Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Sumber gambar: pixabay.com

Karena virtual photoshoot menggunakan media panggilan video, koneksi internet kamu harus cepat dan stabil. Agar lebih aman, lebih baik kamu menggunakan data selular dari gawai. Jika menggunakan jaringan wifi (apalagi wifi rumah), kemungkinan sinyal hilang akan terjadi karena koneksinya juga digunakan oleh orang lain. Jangan sampai, di tengah-tengah pemotretan koneksinya melambat dan menjadi lemot. Kan, nggak seru kalau pas modelnya lagi berpose tapi internetnya nggak jalan, hehe.

advertisement

BACA JUGA: Mahasiswa Universitas Indonesia Menuju Era Internet

4. Tambahkan Properti untuk Mempercantik Penampilanmu.

Sumber gambar: pexels.com

Selain make up dan outfit yang kece, kamu yang jadi modelnya bisa menambahkan properti agar fotonya jadi lebih ciamik. Kamu bisa membawa bunga, memakai kacamata hitam, topi, atau properti lain yang mendukung penampilan kamu.

Oh iya, kamu juga harus menentukan latar foto yang tepat, ya. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan korden berwarna polos yang dipasang di jendela. Selain menambah kesan estetik, kalian akan mendapatkan cahaya yang lebih dari jendela tersebut.

advertisement

Buat fotografernya, kamu bisa meletakkan gelas bening kosong di dekat kamera laptop atau ponsel yang kamu gunakan. Gelas ini akan memberikan efek blur pada hasil fotomu nanti. Kebayang kan, gimana kerennya hasil fotomu nanti?

BACA JUGA: Wajah Kamu Jadi Kusam dan Breakout Selama #DiRumahAja? Simak Tips ini!

5. Edit Sedikit Hasil Fotomu

Sumber gambar: pixabay.com

Pemotretan jarak dekat aja kadang hasilnya kurang memuaskan, apalagi jarak jauh. Nah, untuk menyempurnakan hasil virtual photoshoot-mu, kamu bisa mengeditnya dengan berbagai aplikasi, seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, VSCO, dan lain-lain. Kamu bisa menyesuaikan efeknya dengan mood dari foto tersebut. Setelah selesai diedit, tinggal unggah di media sosial kamu, deh.

BACA JUGA: Generasi Latah Indonesia, Apakah Kamu Salah Satunya?

***

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk melakukan virtual photoshoot. Aktivitas ini nggak cuma buat main-main loh, tapi bisa juga untuk menambah skill-mu dalam fotografi, menambah hasil portofoliomu, dan yang paling penting menambah stok foto bagi si model. Walaupun di rumah aja, tetap bisa mengunggah foto yang estetik, deh.

Sumber gambar header: androidpit.com