Mengenal UI Innovation War. Halo warga UI, pasti kamu nggak asing kan dengan proker BEM UI seperti Olimpiade UI, Olimpiade Ilmiah Mahasiswa UI, UI ArtX, UI Art War, dan masih banyak lagi progam kerja lainnya. Sayangnya, seiring dengan berkembangnya kasus covid-19 di Indonesia, beberapa program kerja yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya harus ditiadakan untuk tahun ini.

Eits Tapi tenang aja, karena masih banyak program kerja lainnya, yang dapat kamu ikuti untuk mengisi waktu luang selama di rumah aja.

Walaupun banyak program kerja yang akan dilaksanakan secara daring tentunya hal tersebut tidak akan mengurangi ilmu dan pengalaman kamu yang mengikutinya. Nah, salah satu program kerja dari BEM UI yang tetap berjalan selama masa pandemi ini adalah UI Innovation War, yuk ketahui lebih lanjut mengenai UI Innovation war!

advertisement

UIIW (UI Inovation War)

Acara UI Innovation War (UIIW) ini hadir sebagai program kerja flagship dari Departemen Pemberdayaan dan Inovasi Mahasiswa (PIM) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia, dengan misi untuk menemukan inovator-inovator muda di Indonesia yang masih kesulitan untuk merealisasikan ide-idenya yang mungkin belum terealisasi atau masih belum mencapai potensi maksimalnya.

Tujuan diadakannya acara UI Innovation War adalah mengumpulkan innovator-inovator dalam sebuah wadah dimana mereka bisa menguji viabilitas inovasi mereka diantara innovator-inovator lainnya.

Seperti apa kegiatan acara UIIW?

Kegiatan acara ini terdiri dari pre-event dan event utama. Pre-event berisi webinar inovatif yang berfungsi untuk membangun antusiasme terhadap main event acara ini, sekaligus memberikan ilmu-ilmu inovasi kepada para peserta secara umum. Sedangkan main event dari acara UIIW adalah kompetisi perang inovasi antara para peserta.

advertisement

Harapannya, setelah acara ini selesai, bagi para pemenang tentunya akan diberikan cash incentive sebagai dorongan untuk mengembangkan lagi inovasi mereka kedepannya. Bagi para peserta yang belum menang juga akan diberikan feedback-feedback berharga dari para juri yang dapat digunakan untuk merevisi/memperbaiki inovasi mereka agar lebih baik lagi.

BACA JUGA: Kalian Maba UI yang Suka Musik? Wajib Ikut UKM dan Komunitas Ini!

Keunggulan UIIW?

Keunggulan acara UIIW adalah penyelenggaraannya yang berlangsung sepenuhnya secara online. Semua peserta dari seluruh Indonesia bisa dengan mudah mengikuti rangkaian acara tanpa harus memikirkan biaya transportasi dan akomodasi. Selain itu ada juga kerjasama antara UI Innovation War dengan program kerja dari departemen PIM lainya, yaitu innovare, dimana pemenang dari kompetisi UIIW akan diberikan kesempatan untuk menjadi panelis di salah satu event innovare itu sendiri.

advertisement

Logo UI Innovation War 2020

Tahun ini tahun pertama!

Tahun ini adalah tahun pertama dari UI Innovation War, dengan mengusung tema “Inventions to serve and sustain” diharapkan Inovasi yang dibawa oleh peserta mampu memecahkan sebuah permasalahan serta mampu memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat, selain itu Inovasi yang dibawa setiap tim mampu bertahan dalam jangka panjang dan tentunya memiliki ruang untuk dikembangkan pada masa mendatang. UI Innovation War pada tahun ini memberikan peserta kebebasan untuk mengembangkan inovasinya di berbagai kategori, seperti pendidikan, kewirausahaan, medis, lingkungan, agrikultur, industri, kuliner, energi, sosial, keuangan, komunikasi, transportasi, industri kreatif dan lain sebagainya.

pRAcara ini turut mengundang CEO dari beberapa perusahaan rintisan sebagai pembicara dan juga praktisi-praktisi handal sebagai juri dalam kompetisinya, dan lagi acara ini terbuka bagi umum, jadi bagi mahasiswa dari universitas lain yang tertarik untuk mengikuti kompetisinya bisa banget ikut berkontribusi dan meramaikan acaranya. Untuk kabar terupdate dan informasi mengenai acaranya bisa kamu lihat di akun instagram @ui.innovationwar.

Untuk kamu yang berencana untuk tetap produktif dan mengisi waktu disela-sela kuliah online, bisa banget untuk mengikuti kompetisi UIIW ini.

advertisement

BACA JUGA: Selain UI Cantik, 9 Akun Sosmed Bikinan Mahasiswa UI Ini Wajib Kamu Ikuti