Menggunakan Tabung LPG yang Aman & Makin Nyaman, Bagaimana Caranya Sih?


0

Teman-teman, sebagai mahasiswa, kita pasti tahu dong tentang program pemerintah di akhir masa kabinet SBY – JK 2004-2009 kemarin tentang konversi minyak tanah ke tabung gas LPG3 Kg? Naah, apa aja sih sebenernya yang udah dilakukan oleh Pemerintah khususnya Pertamina untuk mensosialisasikan penggunaan LPG 3 Kg yang baik, benar, dan aman?

Pertama nih, kita mungkin belum banyak yang tahu, kalo Pertamina itu memilih yang namanya Duta Elpiji di 16 propinsi di seluruh Indonesia. Ada 450 Duta Elpiji yang diangkat di seluruh Indonesia, hasil seleksi dari 1.500 orang kandidat. Duta Elpiji ini diambil dari tokoh masyarakat setempat, yaitu Ketua RW atau dusun.

Apa aja tugas Duta Elpiji? Sebagai bagian dari masyarakat, Duta Elpiji bertugas untuk mensosialisasikan cara menggunakan tabung LPG 3 Kg yang aman, mendorong masyarakat untuk beralih ke tabung LPG 3 Kg dan mensosialisasikan keuntungan-keuntungannya dibanding menggunakan minyak tanah. Siapa aja Duta-duta Elpiji di seluruh Indonesia itu dan apa aja yang udah mereka lakukan? Lihat di sini ya.

Kedua, Pertamina juga ngadain lomba memasak aman. Selain untuk ajang silaturahim dan seru-seruan antar warga, lomba masak ini juga sebagai bentuk sosialisasi memasak yang aman dan nyaman menggunakan tabung LPG 3 Kg. Kalo ngeliat cerita-ceritanya di sini, seru-seru banget ya acaranya.

Ketiga, ada juga talkshow santai dan menghibur lewat siaran radio di kota-kota besar di 16 propinsi itu. Para Duta Elpiji itu yang bakal jadi narasumber, didampingi sama Sales Representative-nya Pertamina juga.  Semua kegiatan mereka itu bisa kita lihat di yang namanya bungijo.com.

Ternyata, make tabung LPG 3 Kg itu aman, cepet, dan nyaman kok, nggak gimana-gimana seperti yang orang-orang sering bilang. Asal, kita emang ngerti bagaimana cara makenya yang benar.

Ini beberapa tips dasar make tabung dan kompor gas LPG yang aman:

  1. Gunakan peralatan LPG (tabung, kompor, regulator dan selang) sesuai dengan SNI. Standar mulai berlaku pada akhir 2008.
  2. Kompor dan tabung ElPIJI ditempatkan di tempat yang datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  3. Idealnya ventilasi dapur berada di dinding bagian bawah dan mengarah ke tempat aman mengingat berat jenis LPG lebih berat dari udara maka apabila terjadi kebocoran LPG akan berada di bagian bawah atau pintu dapur terbuka.
  4. Selang harus terpasang erat dengan klem pada regulator maupun kompor.
  5. Tabung elpiji diletakkan menjauh dari kompornya atau sumber api lainnya dan harus diupayakan tidak terpapar panas.
  6. Pasang regulator pada katup tabung ELPIJI (posisi knob regulator mengarah ke bawah). Pastikan regulator tak dapat terlepas dari katup tabung ELPIJI.
  7. Pastikan selang tidak tertindrh atau tertekuk.
  8. Periksa kemungkinan kebocoran gas dan tabung, kompor, selang , maupun regulatornya dengan cara membasuh dengan air sabun pada bagian-bagian rawan kebocoran (sambungan regulator valve tabung, sambungan selang ke regulator dan kompor). Apabila terjadi kebocoran akan terjadi gelembung-gelembung udara pada air sabun dan tercium bau khas ELPIJI.

Tips khusus bagi ruang dapur yang menjadi satu dengan ruang makan atau ruang tidur dan tak mempunyai ventilasi atau sirkulasi udara yang baik, perhatikan hal-hal berikut:

  1. Pada dini hari setelah bangun tidur dan akan menghidupkan kompor, harus diyakinkan bahwa tak ada akumulasi gas dalam ruangan dengan cara membuka pintu/jendela terlebih dahulu. Bau gas ELPIJI tak akan tercium apabila kita sedang pilek dan penciuman kita akan mengalami imun terhadap bau apabila kita sudah terpapar bau tersebut dalam waktu yang cukup lama.
  2. Bila ruangan tertutup ditinggal dalam waktu lama, pada saat membuka pintu harus diyakinkan bahwa dalam ruang tersebut tak terjadi akumulasi ELPIJI akibat kebocoran sebelum menyalakan listrik dan sumber api lain.
  3. Jangan mencolok-colok valve tabung apabila ELPIJI tak keluar dari tabung, tukarkan dengan penjual atau agen terdekat.
  4. Jangan menggunakan kompor gas dan kompor minyak tanah secara bersamaan dalam satu ruangan.
  5. Jangan menghidupkan kompor jika tercium bau ELPIJI yang bocor.
  6. Apabila terjadi kebocoran dan akumulasi LPG sudah terlalu banyak, segera evakuasi penghuni rumah dan tetangga sekitar, serta matikan sumber api seperti kompor, listrik, dll. Tunggu beberapa saat hingga bau khas ELPIJI hilang.

Jadi, buat kita-kita yang masak sendiri di kosan atau kontrakan, atau yang dimasakin sama orang tua atau mbaknya di rumah, yuk kasih tahu mereka cara menggunakan LPG yang baik dan benar yaa.. Baca-baca juga bungijo.com untuk tips-tips aman lainnya menggunakan LPG. Selamat memasak teman-teman semua 😉

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

2 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals