Review Monitor Gaming Dell S3220DGF

anakui.com – Monitor gaming Dell S3220DGF menghadirkan permainan yang imersif dengan harga terjangkau. Dengan warna cerah dan lekukan yang menarik, monitor gaming Dell S3220DGF bekerja dengan baik, tetapi mungkin terlalu besar dan mahal bagi banyak gamer.

Spesifikasi Dell S3220DGF

Spesifikasi
Dimensi: 28,0 x 18,5 x 9,8 inci
Ukuran layar: 32 inci
Resolusi: 2560x1440
Kecepatan Refresh: 165Hz
Input: DisplayPort, HDMI, USB, audio 3,5mm
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: TN
Berat: 16,8 pound

Kelebihan

  • + Layar cerah dan penuh warna
  • + Preset yang berguna
  • + Mudah dipasang dan dibongkar

Kekurangan

  • – Mahal
  • – Memakan banyak ruang.

Monitor gaming Dell S3220DGF tidak menjawab pertanyaan apakah benar-benar membutuhkan monitor gaming 32 inci. Tapi itu argumen yang bagus bahwa proposisi memiliki beberapa nilai. Layar melengkung yang cerah dan berwarna-warni ini adalah aksesori yang layak untuk setiap PC dengan output quad HD.

Pengaturan yang mudah dan beberapa metode koneksi memudahkan untuk menghubungkan Dell S3220DGF ke desktop. Asalkan dapat mengakomodasi lekukan besar dan dudukan layar yang berat, dan beralih di antara preset untuk genre permainan yang berbeda sama mudahnya.

Menavigasi menu bisa jadi sulit, tetapi ada banyak opsi yang dapat digunakan, meskipun pengaturan default cepat membuat mata lelah. Dell S3220DGF mahal dan menghabiskan banyak ruang, jadi ini belum tentu merupakan monitor gaming terbaik untuk setiap gamer PC.

Tetapi jika tertarik pada monitor melengkung quad HD yang besar, setidaknya itu adalah tempat yang baik untuk memulai. Baca ulasan lengkap monitor game Dell 3220DGF kami.

Harga dan Ketersediaan

Monitor gaming Dell S3220DGF berharga Rp. 6 jutaan dan tersedia melalui Best Buy dan situs web resmi Dell. Sobat juga bisa mencari di beberapa pengecer yang tersedia untuk mendapatkan harga terbaik.

Desain Monitor Gaming Dell S3220DGF

Kami memiliki dua pemikiran tentang desain fisik Dell S3220DGF. Di satu sisi, tampilannya bersahaja dan agak elegan. Dengan sasis hitam polos, kurva santai (1800R) dan dudukan layar yang mencerminkan kelengkungan layar.

Di sisi lain, ini membutuhkan banyak ruang (28 x 19 x 10 inci), dan dengan berat 34 pound, ini adalah salah satu monitor yang lebih berat yang pernah kami ulas. Jika memiliki meja murah, monitor ini akan membebani meja seiring waktu.

Kami yakin beberapa gamer akan menyukai atau membenci monitor 32 inci. Tetapi kami harus menyertakan beberapa potensi pro dan kontra bagi mereka yang ragu. Layar besar dan lekukan ramping Dell S3220DGF membuat game tertentu lebih imersif karena menempati seluruh bidang pandang.

Di sisi lain, kecuali meja sangat dalam, sobat mungkin tidak dapat fokus pada seluruh layar sekaligus. Ini tidak praktis untuk banyak game dan mematikan produktivitas. Layar 32 inci tidak memerlukan monitor kedua, tetapi ada banyak ruang vertikal yang tidak terpakai, yang membuat mata sangat lelah di penghujung hari.

Satu argumen yang menentang monitor 32 inci adalah sobat membutuhkannya untuk mendapatkan hasil maksimal dari resolusi 4K. Tetapi Dell S3220DGF adalah monitor 1440p, jadi tidak berlaku di sini. Menurut pengalaman, Dell S3220DGF tidak menangani resolusi quad HD lebih baik daripada monitor 27 inci. Jarak tempuh sobat mungkin berbeda.

Selain itu, S3220DGF kaya akan port, termasuk satu DisplayPort, dua port HDMI, tiga port USB, dan jack audio 3,5 mm untuk line-in dan line-out. Mencapai port adalah rasa sakit yang luar biasa karena monitor tidak banyak miring ke arah mana pun.

Namun, port dapat berguna jika memiliki banyak kabel yang tidak ingin  diputuskan secara teratur.

Tampilan Monitor Gaming Dell S3220DGF

Dengan asumsi  menginginkan layar quad HD 32 inci, monitor gaming Dell S3220DGF menawarkan yang bagus. Sobat mendapatkan kecerahan 322 nits dalam mode normal, 442 nits dengan HDR diaktifkan, 133% spektrum warna sRGB, dan akurasi warna Delta-E 0,2 (lebih rendah lebih baik).

Dari semua monitor gaming yang telah kami uji selama berbulan-bulan, kecerahan dan spektrum S3220DGF menjadikannya salah satu pesaing terbaik. Akurasi warna adalah yang terbaik. Secara kualitatif, kecerahan sebenarnya menghadirkan sedikit masalah.

Pada pengaturan default (75%), layarnya sangat terang sehingga membuat mata sakit, terutama di malam hari. Bahkan jika kecerahan diturunkan, ada banyak layar untuk dilihat sekaligus, dan kursi harus diletakkan cukup tinggi agar kepala berada di tengah.

Sebagian besar preset dioptimalkan untuk bermain game dan memiliki kebiasaan buruk mengaburkan teks. Namun saat berada di antara aplikasi, sobat dapat dengan mudah beralih di antara aplikasi tersebut.

Performa Gaming

Air terjun yang mengalir dan gua yang menakutkan terasa nyata dan langsung dengan cara yang sulit dibuat ulang di monitor layar datar. Monitor game Dell S3220DGF bekerja cukup baik untuk beberapa game dan berfungsi dengan baik untuk yang lain.

Untuk menguji perangkat, kami menjalankannya melalui Age of Empires III: Definitive Edition (Beta), Doom Eternal, Shadow of the Tomb Raider, dan Final Fantasy XIV. Terlepas dari genrenya, grafiknya terlihat bagus pada 1440p dan kecepatan frame mulus (hingga 165 frame per detik).

Karena memiliki komputer lama dengan kartu Nvidia, kami tidak dapat memanfaatkan fitur AMD FreeSync monitor atau mendapatkan kecepatan frame 100+. Namun, gamer dengan sistem AMD yang kuat seharusnya tidak memiliki masalah dalam memanfaatkan keduanya.

S3220DGF juga menawarkan berbagai preset untuk genre seperti MOBA/RTS, FPS, dan RPG. Semua ini terlihat cukup bagus dalam game, tetapi sangat buruk di Windows. Melawan unit di ruang yang begitu besar di Age of Empires III agak sulit, tetapi S3220DGF benar-benar muncul dengan sendirinya di Shadow of the Tomb Raider.

Di sini, air terjun yang mengalir dan gua yang menakutkan terasa nyata dan langsung dengan cara yang sulit ditiru pada monitor layar datar, dan Lara yang tinggi dan halus menjadi pusat perhatian di setiap layar. Ini adalah salah satu tampilan game terbaik yang pernah kami lihat sejauh ini, dan kembali ke monitor yang lebih kecil dan lebih datar akan sedikit mengecewakan.

Antarmuka Dell S3220DGF

Seperti banyak perangkat lain dalam kategori ini, monitor gaming Dell S3220DGF memiliki antarmuka yang membosankan dan berantakan, tetapi tetap dapat melakukan banyak hal menarik. Memunculkan menu saja bisa merepotkan.

Ada enam tombol navigasi di monitor, tetapi tidak ada yang menampilkan menu saat pertama kali menekannya. Sobat harus menekan dua kali untuk mendapatkan di mana saja. Beralih di antara prasetel cukup mudah, tetapi untuk memodifikasi opsi menu yang lebih kompleks (ketajaman, pintasan, pengatur waktu, dll.)

Sobat harus menemukan jalan melalui delapan menu berbeda dengan empat dari enam tombol. Sisihkan satu atau dua jam untuk menyesuaikan seluruh pengalaman monitor, mulai dari prasetel hingga opsi permainan.

Kesimpulan

Jika tidak mengambil apa pun dari ulasan Dell S3220DGF kami, ingat: Ini bukan untuk menjadi lemah hati. Ini adalah monitor besar dan berat yang akan menghabiskan banyak ruang di meja dan mengeluarkan Rp. 6 jutaan dari dompet.

Sobat bisa mendapatkan monitor QHD non-melengkung dengan ukuran ini hanya dengan Rp. 1,5 jutaan lebih murah, dan model melengkung tertentujuga tersedia. Tentu, Dell S3220DGF adalah sistem yang bagus, dan silsilah monitor perusahaan sudah terkenal. Apakah itu layak biaya premium terserah sobat.

Meskipun mengapresiasi performa S3220DGF yang halus dan layar yang mendetail, kami ingin berkemas dan menukarnya dengan sesuatu yang lebih kecil, lebih ramping, dan lebih mudah digunakan di bidang penglihatan.

Tetapi jika tahu bahwa monitor quad HD 32 inci adalah yang sobat cari, Dell S2330DGF adalah pilihan tepat yang menawarkan beberapa fasilitas berguna.

Leave a Comment