Mudahnya Menulis di Jurnal UI untuk Bangsa

Ketika mendengar kata ‘jurnal ilmiah’, mungkin hal pertama yang terlintas di benak Anda adalah sesuatu yang ‘berat’, terkesan serius, dan sulit dilakukan. Namun ternyata, hal-hal sederhana yang terjadi di sekitar kita bisa menjadi topik utama sebuah jurnal ilmiah lho! Berikut ini kami tampilkan beberapa tips dan trik untuk memulai penulisan sebuah jurnal ilmiah:

  1. Carilah fenomena atau isu-isu hangat yang sedang terjadi di sekitar kita. Fenomena dan isu tersebut bisa berasal dari berbagai ranah seperti sosial, kesehatan. ekonomi, hiburan, dan lain sebagainya. Misalnya, fenomena ledakan tabung gas 3 kg.
  2. Tentukan beberapa poin utama yang ingin Anda bahas dalam jurnal tersebut, contohnya peran pemerintah dalam mengurangi jumlah terjadinya kasus ledakan tabung gas 3 kg. Poin tersebut dapat menjadi fokus utama pembahasan dalam jurnal ilmiah yang Anda tulis.
  3. Carilah data-data atau teori pendukung dalam penulisan jurnal ilmiah Anda. Data dan teori ini dapat berasal dari buku teks, hasil penelitian, jurnal, atau sumber dari internet yang terpercaya kebenarannya. Setelah itu, analisislah hasil pemikiran Anda dengan data-data dan teori tersebut sehingga hasil pemikiran Anda memiliki dasar ilmiah yang jelas.

Nah, ternyata tidak sulit bukan membuat sebuah jurnal ilmiah? Semoga tips dan trik di atas dapat membantu Anda dalam membuat jurnal ilmiah UI Untuk Bangsa 2010.

Selamat mencoba!

Add acount facebook kami dengan klik http://www.facebook.com/uiuntukbangsa

Atau follow twitter @uiuntukbangsa

Sumber: www.uiuntukbangsa.co.cc

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA