MWA UM Sebagai Shortcut Informasi ke-UI-an

http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/186064_100001967469284_5793634_n.jpg
Sebagai mahasiswa UI tentunya kita tidak ingin dikatakan sebagai mahasiswa yang apatis, dan tentunya kita ingin selalu tahu tentang perkembangan dunia politik sosial serta teknologi modern. Lalu apakah kita sudah memahami tentang universitas kita sendiri, tentang kebijakan-kebijakannya, tentang lembaga-lembaganya, tentang segala seluk-beluk dan isu seputar universitas tercinta kita ini. Tentunya tidak semua mahasiswa telah memahami semua itu, mungkin untuk lebih mudah mengetahui semuanya kita hanya cukup mengenal dan mengetahui tentang lembaga yang mengatur dan membahas semua seluk-beluk dari apa yang kita bahas tadi dan lembaga itu bernama Forum MWA UI.

MWA UI adalah lembaga tertinggi di UI, secara sederhana adalah sebuah lembaga yang bertugas memutuskan kebijakan strategis dan keputusan tertinggi di UI serta bertugas mengawasi dan menentukan rektor tempat menyelesaikan masalah-masalah yang ada di UI, serta didalamnya juga membahas tentang isu-isu yang sedang berkembang di UI. Lembaga ini terdiri dari 21 orang yang terdiri dari berbagi unsur(diantaranya: unsur kementrian pendidikan Nasional, unsur masyarakat, unsur pegawai rektorat, unsur senat akademik, unsur mahasiswa).

Salah satunya Anggota MWAA adalah dari unsur mahasiswa yang pada tahun ini diwakili oleh Andreas Senjaya dari Fasilkom 2007. Sebagai perwakilan dari seluruh mahasiswa UI sejumlah kurang lebih 40ribu mahsiswa di dalam Forum MWA itu sendiri. Adapun MWA UM ini nantinya akan mewadahi aspirasi, sudut pandang serta pandangan dari segenap mahasiswa UI baik dari S1, S2 maupun S3 dan Vokasi terhadap isu-isu yang ada di UI. Yang nantinya masukan-masukan tersebut akan disampaikan didalam Forum MWA tersebut. MWA UI UM juga memiliki berbagai kewenangan seperti, mampu berkomunikasi langsung secara personal kepada pihak-pihak yang berkecimpung di rektorat guna membahas isu-isu yang terjadi di UI.

Mengingat besarnya potensi MWA UI UM tersebut, maka dibentuklah Badan Kelengkapan MWA UM yang berfungsi sebagai pihak yang memiliki berbagai macam divisi dan biro yang tujuannya adalah untuk membantu serta memudahkan dalam pengoptimalan peran MWA UI UM itu sendiri sebagai perwakilan mahasiswa di dalam forum MWA. Adapun divisi dan biro dari Badan Kelengkapan MWA UM, diantaranya: Divisi Media, Humas yang fungsinya menjaring informasi serta aspirasi yang terkait dengan isu-isu ke-UI-an yang nantinya akan dipublikasikan kembali kepada segenap mahasiswa UI.

Kemudian ada Divisi kajian kebijakan publik dan kajian kebijakan keuangan yang fungsinya menentukan dan memberikan rekomendasi serta memberikan saran terhadap sikap serta dasar argumantasi yang akan disamapaikan oleh MWA UM didalam Forum MWA. Ada juga biro Litbang yang berfungsi sebagai pengumpul data dan informasi yang terkait dengan informasi actual dan factual yang terjadi di lapangan sehingga dapat digunakan oleh MWA UM dalam Forum MWA sebagai argumentasi data guna menunjang kredibilitas dari argumentasi MWA UM itu sendiri. Kemudian ada biro kesekretariatan dan biro danus yang berfungsi mengurusi internal BK MWA UI UM itu sendiri, untuk bisa menghidupi kegiatan-kegiatan internal dari BK MWA serta dapat mengatur segala permasalahan administrasi di dalam internal BK MWA.

Serta yang penting dan wajib diketahui oleh seluruh mahasiswa UI adalah tentang adanya suatu wadah jaringan Aspirasi yang khusus diadakan oleh MWA UM dalam upaya mengumpulkan aspirasi mahasiswa UI yaitu “Jay Aspirasi”. Dimana “jay Aspirasi” ini nantinya akan siap menampung serta menanggapi aspirasi serta informasi dari seluruh mahasiswa UI terkait isu-isu yang terjadi seputar UI. Adapun sarana ini terdiri dari berbagai chanel, bisa lewat handphone (sms only: 086215616000) atau ke berbagai media online lainnya seperti: Facebook(Mwa Ui Um), Twitter(@jay_mwaui), maupun email(mwaui2011@gmail.com) serta website(http://mwaui-um.org/) dan terakhir BK MWA UM juga memiliki media cetak yang sebelumnya terbit pada bulan mei lalu bertemakan pendidikan Indonesia.

cover majalah BK MWA terbitan Mei

Mungkin dengan kita mengenal dan ikut berpartisipasi dalam program Jay Aspirasi yang difasilitasi oleh BK MWA UI UM ini kita akan seperti mendapatkan shortcut langsung untuk mengetahui seluk-beluk tentang perkembangan kebijakan, keuangan di dalam rektorat bahkan isu-isu terkini yang sedang berkembang di Universita Indonesia ini.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA