Review NuraTrue Pro: Earbud Terbaik Peredam Kebisingan

anakui.com – Dengan dukungan audio lossless aptX, earbud NuraTrue Pro terdengar seperti earbud terbaik yang pernah kami dengar tahun ini. Earbud ANC andalan Nura membawa audio berkualitas tinggi dan suara khusus ke level selanjutnya, tetapi harganya mahal.

Spesifikasi NuraTrue Pro

Spesifikasi
Ukuran: 1x1x1 inci
Berat: 0,3 ons
Masa pakai baterai (nilai): 8 jam (ANC aktif); 32 jam (casing pengisi daya dengan ANC aktif)
Jangkauan Bluetooth: > 10 kaki
ANC: ya
Tahan air: Ya (IPX4)

Kelebihan

  • + Suara khusus yang luar biasa
  • + Mendukung codec audio lossless AptX
  • +Masa pakai baterai lebih baik daripada AirPods Pro 2

Kekurangan

  • – Performa ANC biasa-biasa saja dibandingkan kompetitor
  • – Harga tinggi dibandingkan dengan pesaing ANC

Sebelum ulasan ini, kami baru mengenal merek Nura, dan menghargai meluangkan waktu untuk mengenal peluncuran earbud pembatalan kebisingan aktif andalan perusahaan Australia, NuraTrue Pro. Earbud ini diluncurkan setelah kampanye crowdfunding yang sukses di Kickstarter awal tahun ini.

Perusahaan telah mengambil pendekatan crowdfunding untuk peluncuran headphone sebelumnya. Terutama sebagai alat untuk mengelola pre-order, dan mendapat kesempatan awal untuk mendengarkan model praproduksi menjelang kampanye Kickstarter awal tahun ini.

Sejak itu kami telah menerima versi produksi lengkap sehingga dapat menyelesaikan ulasan lengkap ini. NuraTrue Pro menawarkan penyetelan suara khusus yang sama yang ditampilkan pada produk sebelumnya termasuk NuraPhone, NuraLoop, dan NuraTrue.

Kami terkesan dengan kemampuan suara khusus Nura di masa lalu dan bahkan dapat membuat earbud nirkabel terbaik berkeringat. Tetapi kami mengalami beberapa masalah konektivitas dengan model awal.

Konektivitas Bluetooth 5.3 yang kuat adalah salah satu fitur utama dari model ‘pro’ baru, dan earbud nirkabel NuraTrue Pro adalah yang pertama memanfaatkan dukungan konektivitas multipoint generasi berikutnya, serta codec audio lossless Qualcomm aptX. Didukung.

Ingin tahu bagaimana fitur-fitur baru ini digunakan sehari-hari dan bagaimana NuraTrue Pro andalan baru terdengar di telinga? Gulir ke bawah untuk membaca ulasan lengkap NuraTrue Pro kami di bawah ini.

Harga dan Ketersediaan

Earbud NuraTrue Pro dihargai Rp. 5,1 jutaan. Ini tersedia melalui situs web Nura atau melalui pengecer online termasuk Amazon dan selesai dalam warna hitam saja.

Kenaikan harga NuraTrue Pros, yang harganya lebih mahal daripada earbud NuraTrue, yang juga merupakan model peredam bising aktif. Memposisikan flagship baru sebagai salah satu perangkat earbud yang lebih mahal di segmennya, dan berikut adalah poin harga Nura yang menarik: bertujuan

NuraTrue Pro berharga Rp. 3,8 jutaan lebih mahal daripada Apple AirPods Pro 2 dan Rp. 3,5 jutaan lebih mahal daripada Samsung Galaxy Buds 2 Pro. Jauh lebih tinggi daripada Bose QuietComfort Earbuds 2 (model teratas dalam panduan kami untuk membeli earbud peredam bising terbaik).

Jadi NuraTrue Pro keluar dari jalur untuk bersaing dengan performa ANC terbaik untuk harganya.

Desain dan Kenyamanan NuraTrue Pro

  • Tahan air mirip dengan AirPods Pro 2
  • Sedikit besar tapi pas aman dengan tingkat kenyamanan yang baik
  • Memilih Eartip yang Baik

NuraTrue Pro terlihat sangat mirip dengan Nura True. Tetapi hadir dengan rangkaian fitur yang disempurnakan yang mencakup pengisian daya nirkabel dan cepat, peredam bising adaptif, peningkatan kualitas panggilan, dan dukungan audio spasial.

Namun, fitur unggulan dan yang membedakannya dari yang lain adalah dukungan untuk audio lossless Bluetooth. Menjadikan NuraTrue Pro yang pertama menawarkan audio lossless berkualitas CD. Disk bundar earbud yang besar (26mm) terlihat seperti aksesori fesyen dibandingkan kebanyakan desain earbud.

Selesai dalam warna hitam matte dengan aksen branding keramik hitam di tengah. Cocok dengan cincin luar yang mengkilap memberikan detail yang menarik. Kualitas akhir sempurna dan earbud terlihat sangat bagus. Meski desain berbentuk cakram besar terlihat terlalu besar untuk telinga.

Permukaan disk yang lebih besar memfasilitasi kontrol sentuh. Area permukaan yang lebih besar juga memberikan manfaat kontrol pemutaran, tetapi lebih lanjut tentang ini nanti.

Ketahanan air sama baiknya dengan AirPods Pro 2, dengan peringkat IPX4 earbud, dan keringat serta hujan mengalir deras tanpa hambatan. Kasing pengisi daya sama dengan versi yang disertakan dengan NuraTrue dan sangat ringan namun kokoh.

Lapisan hitam matte casingnya mudah tergores, tetapi memberikan banyak perlindungan untuk kuncup yang dipegang erat di dalamnya. Ada port USB-C di bagian belakang casing untuk mengisi daya baterai, dan tiga lampu di bagian depan casing menunjukkan status pengisian daya.

Earbud NuraTrue Pro dirancang untuk dimasukkan ke dalam saluran telinga dan bagian luar yang lebar menutupi telinga luar secara substansial. Area permukaan yang lebih besar di bagian luar cakram membuat Nuras agak besar dibandingkan dengan saingannya dan terasa lebih rumit saat memasang earbud.

Retapi gerakan memutar membuatnya tetap di tempatnya agar pas dan aman. Kiat disediakan untuk keamanan fit tambahan jika merasa perlu. Bahkan dengan ujung sayap terpasang, ‘tunas’ dapat ditempatkan di wadah pengisi daya berkat lekukan pada setiap dudukan pengisi daya.

Dilengkapi dengan 4 pasang ujung telinga silikon dan sepasang ujung busa untuk segel terbaik di telinga.

Kontrol dan Asisten Digital

  • Kontrol responsif
  • Deteksi keausan yang efektif
  • Suara personalisasi generasi berikutnya

Nura telah menyempurnakan skema kontrol Pro dibandingkan dengan yang kami temukan di NuraTrue, tetapi tetap membuatnya sederhana. Setiap earbud menampilkan perintah ketuk tunggal, ganda, dan tiga kali yang dapat dengan cepat ditetapkan ke daftar kontrol.

Opsi default mencakup putar/jeda, jawab dan tutup panggilan, alihkan mode sosial dan imersif, lewati trek, dan aktifkan asisten suara. Tetapi opsi ini dapat dengan mudah dikonfigurasi ulang dengan pilihan kontrol ketuk pribadi, serta ketuk dua kali dan tahan masukan.

Dilengkapi dengan fungsi deteksi keausan, ini bekerja secara efektif. Jeda otomatis dimulai saat melepas satu earbud dan segera melanjutkan pemutaran saat memasangnya kembali ke telinga.

Ini adalah fitur yang sangat berguna, terutama berguna untuk percakapan dadakan dengan sesama penumpang dalam perjalanan sehari-hari. Yang secara naluriah melepas satu earbud untuk mendengar apa yang mereka katakan alih-alih mengetuk untuk menjeda pemutaran.

Sobat dapat mengubah tingkat deteksi keausan di menu pengaturan untuk menjeda pemutaran otomatis hanya saat kedua earbud dilepas atau untuk menonaktifkan sepenuhnya perilaku jeda otomatis.

Sejauh yang kami tahu, spesifikasinya tidak menyebutkan asisten digital, tetapi Siri bekerja tanpa ragu ketika mengucapkan kata bangun dan menanggapi perintah dengan mengesankan.

Seperti NuraTrue, fitur personalisasi Nura dibangun untuk mempersonalisasi keluaran suara khusus ke telinga melalui analisis tes mendengarkan singkat yang mengevaluasi kecocokan earbud untuk sobat dan fungsi pendengaran.

Ini semacam proses teatrikal, tetapi manfaatnya membuat proses itu sangat berharga begitu mendengar bunyinya. Pro juga menambahkan EQ 5-band untuk lebih menyesuaikan keluaran suara jika ingin mengubah pengaturan di luar penyetelan suara Nura yang dipersonalisasi.

Kualitas Suara NuraTrue Pro

  • Suara dinamis dan energik
  • Dukungan Audio Tanpa Rugi
  • EQ kustom

Kami telah menghabiskan banyak waktu untuk mengenal NuraTrue Pro, dan dalam hal tingkat keterlibatan, ini adalah earbud dengan suara terbaik yang pernah kami dengar tahun ini. Tentu saja, output audio telah disetel ke telinga melalui proses personalisasi Nura yang sangat efektif, jadi kami bisa mengharapkannya terdengar ‘tepat’.

Meskipun demikian, pengaturan personalisasi benar-benar mengejutkan dan ternyata jauh lebih kuat dan efektif daripada yang dibayangkan. Sebagai perbandingan, Apple AirPods Pro 2 terus beradaptasi untuk mengoptimalkan keluaran suara untuk setiap telinga individu.

Tetapi suara Nura yang dipersonalisasi kurang dari tingkat keseimbangan dan keterlibatan yang dicapai di telinga. Setelah proses penyetelan selesai, beralih antara preset “Netral” dan “Dipersonalisasi” Nura agak menyesatkan.

Prasetel netral tidak terasa sebagai titik awal terbaik untuk earbud ini. Dan tampaknya menyeimbangkan suara yang sengaja dibuat lembut dengan semua energi yang dikeluarkan untuk lebih menonjolkan peningkatan yang diberikan saat pengguna beralih ke pengaturan khusus.

Ini mungkin terdengar seperti kami terlalu memikirkannya. Tetapi kami tidak dapat membayangkan ada orang yang mendengarkan earbud ini dalam mode netral, dan wajar jika menilai NuraTrue Pros tidak akan dinilai tinggi hanya untuk preset ini.

Perbedaan suara yang dipersonalisasi terhadap kehadiran vokal sangat besar. Kehadiran yang diberikan untuk penampilan vokal dari semua jenis, dari “Sunshine on Leith” dari Proclaimers hingga “Club Tropicana” milik Wham, sungguh memesona.

Prasetel khusus mengangkat vokal keluar dari campuran, memberi mereka ruang sonik yang unik. Rasanya hampir tiga dimensi dan kami merasa seperti sedang duduk di barisan depan sebuah pertunjukan yang intim.

Earbud ini mendekati jenis suara yang saya harapkan dari sepasang speaker mandiri, dan membuat jenis koneksi musik yang biasanya kami kaitkan dengan pengaturan hi-fi rumah. Itu hampir seperti sepasang speaker hi-fi dimasukkan ke telinga.

Jangan bingung pengaturan Audio Spasial dengan yang ditemukan di Apple AirPods. Namanya bisa sedikit menyesatkan, karena sobat tidak akan bisa mendapatkan hasil maksimal dari konten Dolby Atmos dan tidak ada pelacakan kepala. Versi Nura hanya memberikan dimensi yang lebih ‘spasial’ pada soundstage.

Secara pribadi, kami lebih suka mode Audio Spasial dimatikan untuk nuansa panggung suara stereo yang lebih solid, tetapi opsi yang ada patut dicoba.

Kinerja Audio Lossless aptX

  • Tidak jelas apakah aptX Lossless dipilih
  • Peningkatan halus dalam kualitas suara

Fitur utama adalah kompatibilitas dengan codec audio lossless aptX Qualcomm. Codec baru menjanjikan streaming 16-bit/44.1kHz, audio berkualitas CD melalui Bluetooth dengan kecepatan data hingga 1.200 kbps. LDAC Sony menyediakan bitrate streaming maksimum 990kbps.

Setelah menghabiskan banyak waktu untuk mengenal earbud NuraTrue Pro yang terhubung ke iPhone 12 Pro melalui AAC standar melalui Bluetooth. Kami cukup yakin akan mendengar manfaat dari codec audio lossless aptX baru. .

Nura dengan baik hati mengirim ponsel Asus Zenfone 9 untuk mencoba earbud Pro dan mendemonstrasikan suara Audio Lossless aptX secara langsung sebagai salah satu perangkat pemutaran seluler pertama yang mendukung codec baru.

Mendengarkan terutama difokuskan pada trek audio yang dimuat sebelumnya pada hp Asus yang dikirim oleh Nura, dan beberapa trek sendiri untuk referensi.

Sebagian besar adalah aliran musik Tidal, dan daftar putar demo audio lossless Nura sebagian besar berisi trek beresolusi tinggi yang menampilkan berbagai selera dan gaya musik. Tetapi juga mengalirkan beberapa trek berkualitas CD tambahan.

Peningkatan kualitas bagi saya difokuskan pada sedikit lebih banyak detail untuk rentang frekuensi rendah dan tinggi, tetapi hanya itu saja. Trek seperti “Manusia” oleh Rag’n’Bone Man memiliki soliditas dan fokus gambar yang lebih baik. Rantai jangkrik dan tepukan terdengar lebih alami dan tidak terlalu keras.

Mendengarkan album “Rush of Blood to the Head” Coldplay, kami merasa ada sedikit lebih banyak ruang di sekitar vokal Chris Martin, dan vokal secara umum tampaknya memiliki lebih banyak ruang dan ‘udara’ di sekitar mereka, tetapi peningkatannya bukan untuk malam itu. Kontras suara siang hari yang kami harapkan.

Peredam Bising Aktif NuraTrue Pro

  • ANC biasa dan mode transparansi
  • Hambatan angin yang baik

Pembatalan kebisingan bukanlah yang terkuat yang pernah saya alami, tetapi cukup efektif untuk meredam hiruk pikuk sesama komuter, tetapi tidak sepenuhnya menenggelamkannya. Hanya tersedia satu tingkat pengaturan ANC, tetapi NuraTrue Pro sepertinya tidak terpengaruh oleh kondisi berangin saat saya berdiri di peron kereta.

Saat menonaktifkan ANC, kami terkejut saat mengetahui bahwa keseimbangan suara telah diubah, menguras semua energi bass dari pertunjukan. Untungnya, keseimbangan terdengar baik-baik saja dengan ANC diaktifkan, dan tidak ada alasan untuk menonaktifkan pengaturan ANC.

Nura menyebut Transparansi Mode sebagai Social Mode. Ini agak buram daripada mode transparansi lain yang pernah kami alami. Dan sepertinya membuka mikrofon sehingga dapat mendengar sekeliling dengan lebih jelas sambil menurunkan level audio secara bersamaan.

Fitur dan Aplikasi Khusus

  • Suara khusus yang efektif
  • EQ 5-band

Aplikasi Nura terlihat hampir sama dengan yang kami lihat di NuraTrue. Setelah menghubungkan kuncup melalui Bluetooth, aplikasi mengarahkan sobat melalui proses personalisasi. Proses ini memerlukan waktu beberapa menit untuk mendengarkan pilihan suara yang berbeda dan memutuskan suara mana yang tepat.

Setelah pengaturan suara disesuaikan dengan telinga, sobat dapat menyesuaikan apakah sedang mendengarkan mode suara yang dipersonalisasi atau profil netral. Penggeser di sepanjang bagian bawah memungkinkan menyesuaikan jumlah “pencelupan”, dan tampaknya terutama mengontrol jumlah bass frekuensi rendah.

Terlepas dari kenyataan bahwa kuncup disetel ke masing-masing telinga, suara dapat disetel lebih lanjut secara manual melalui EQ 5-band. Ini adalah tambahan yang disambut baik dan bermanfaat yang hanya muncul di aplikasi sejak model NuraTrue Pro diperkenalkan.

Masa Pakai Baterai dan Tempat Pengisian Daya

  • Masa pakai baterai lebih lama dari AirPods
  • Pengisian daya nirkabel

Nura mengklaim 8 jam pemutaran di earbud NuraTrue Pro dengan total 32 jam saat memperhitungkan wadah pengisi daya. Angka-angka ini diaktifkan dengan ANC dan tampak sepenuhnya akurat selama pengujian.

Sobat dapat memilih mode daya rendah di menu pengaturan, tetapi kami tidak tahu bagaimana pengaruhnya terhadap masa pakai baterai. Pengisian dilakukan melalui kabel USB-C (tersedia), dan pengisian daya nirkabel juga dimungkinkan. Dibutuhkan sekitar 1 jam untuk mengisi penuh casing.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

  • Berlaku untuk panggilan suara
  • Performa nirkabel yang stabil
  • Koneksi multipoint

NuraTrue Pro menggunakan konektivitas Bluetooth 5.3. Sambungannya sangat solid sepanjang ulasan kami dan terhubung ke beberapa perangkat pemutaran tanpa masalah. Kisarannya lumayan, memanjang lebih dari 10 kaki dan bahkan melewati beberapa batas ruangan di sekitar rumah.

Namun, saat pindah ke lantai lain, pemutaran mulai berhenti. Kami bukan orang yang suka percakapan suara panjang melalui seluler. Tetapi dalam panggilan singkat yang kami alami dengan NuraTrue Pro, kualitas suara tampak sempurna, dan penelepon mengatakan mereka senang dengan kejelasannya.

Kesimpulan

Kami akui bahwa meringkas earbud NuraTrue Pro sedikit lebih sulit dari biasanya. Di satu sisi, ini memiliki kumpulan fitur terbaik dari setiap earbud saat ini.

Saat mempertimbangkan konektivitas multi-titik dan dukungan untuk audio lossless Bluetooth pada perangkat yang kompatibel, ini memberikan pengalaman mendengarkan paling imersif yang pernah kami dengar tahun ini.

Di sisi lain, jika menginginkan earbud ANC dengan suara bagus tanpa menggunakan fitur codec audio lossless, ada banyak opsi alternatif di luar sana yang dapat dipertimbangkan dengan biaya yang jauh lebih murah.

Bagi kami, suara yang dipersonalisasi benar-benar merupakan faktor penentu di sini, dan apa yang membuat Nura bud begitu menarik. Tetapi kami dapat menemukan tingkat personalisasi yang sama di NuraTrue yang sepenuhnya lebih murah.

Sebagai penggemar audio berkualitas, kami dapat melihat argumen untuk memilih flagship Nura, berharap semakin banyak perangkat pemutaran mendapatkan dukungan, manfaat audio lossless akan terbukti lebih bermanfaat.

Pada akhirnya meskipun menurut kami ini adalah salah satu pasangan earbud dengan suara terbaik yang pernah didengar tahun ini, harganya membuat mereka terasa seperti opsi audiophile yang mahal, dan untuk alasan itu saja saya tidak dapat memberi mereka lima. Bintang secara keseluruhan.

Leave a Comment