Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) FIB UI 2010


0

Logo OIM FIB UI

Departemen Keilmuan dan Kajian Budaya BEM FIB UI 2010 mempersembahkan: Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) FIB UI 2010. Sebuah acara keilmuan dalam kemasan berbudaya terbesar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, dan akan diselenggarakan rutin tiap tahun. Mengangkat tema “cerdas Berbudaya”, OIM FIB UI 2010 bertujuan untuk menumbuh-kembangkan semangat keilmuan dengan partisipasi seluas-luasnya dari sevitas akademia FIB UI. Rangkaian acara di OIM FIB UI 2010 akan terdiri dari beberapa kompetisi yang melibatkan mahasiswa S1 dan vokasi di tiap jurusan. Ajang ini akan memperebutkan 18 medali, dua predikat istimewa, dan piala OIM FIB UI untuk jurusan yang memperoleh medali terbaik dalam kualitas. Adapun lomba-lomba yang akan dipertandingkan adalah Esei pemikiran kritis, Debat bahasa inggris, debat bahasa indonesia, poster inspiratif, OIM kuis, cerpen berbudaya, dan kreasi puisi.

Cabang Perlombaan

1. Esei pemikiran kritis.
Kompetisi Esai Pemikiran Kritis merupakan esai yang berisi gagasan kreatif dari hasil analisis terhadap kebijakan pemerintah berdasarkan argumentasi ilmiah. Kebijakan pemerintah yang dimaksud adalah kebijakan pemerintah pusat atau pemerintah daerah yang terkait dengan isu kebudayaan. Apresiasi berupa medali OIM FIB bagi tiga tulisan terbaik.

2. Debat bahasa Inggris.
Kompetisi ini adalah debat kelompok yang dalam prosesnya akan diuraikan lagi hingga mendapatkan tiga peserta terbaik sebagai juara. Sistem yang digunakan adalah model British Parliamentary Style. Apresiasi berupa medali OIM FIB bagi tiga best speakers.

3. Debat bahasa Indonesia.
Kompetisi ini adalah debat kelompok bahasa Indonesia yang akan berkompetisi dan mengumpulkan poin selama masa penyisihan hingga diperoleh kelompok terbaik. Untuk kelompok terbaik satu, akan dikirim ke OIM tingkat UI di akhir bulan September. Apresiasi berupa medali OIM FIB bagi tiga kelompok terbaik.

4. Poster Inspiratif.
Kompetisi pembuatan poster yang disesuaikan dengan subtema terkait dengan masalah lingkungan budaya. Poster yang terkumpul akan dinilai oleh dewan juri yang dipilih oleh panitia. Tiga poster terbaik, akan mendapatkan medali dan diajukan sebagai wakil fakultas di OIM tingkat UI. Selain itu, ada kategori khusus yakni poster terfavorit dengan apresiasi berupa plakat sebagai “Inspirator Kreatif FIB”, dan nominasi dapat dipilih dengan mekanisme voting.

5. OIM Kuis.
Kompetisi yang fun namun tetap menuntut wawasan ini diharapkan menjadi kompetisi yang asyik ditonton dan menemukan bakat-bakat mahasiswa yang berwawasan luas lagi enerjik. Format kegiatan mengadopsi tata cara pada kuis siapa berani. Bagi tiga kelompok/jurusan terbaik, akan mendapatkan penghargaan berupa medali. Selain itu, akan ada pula apresiasi untuk Kelompok Terkreatif yang akan ditentukan oleh panitia.

6. Cerpen berbudaya.
Merupakan lomba pembuatan cerpen dengan tema “membaca fenomena sosial budaya masyarakat Indonesia”. 10 cerpen terbaik yang telah dipilih oleh juri, akan diseleksi lagi untuk ditentukan terbaik 1, 2, dan 3 yang akan diberikan penghargaan medali OIM FIB. Selain itu, untuk 10 cerpen yang lolos seleksi awal, akan dipublikasikan di website resmi BEM FIB dan didokumentasikan dalam bentuk buku beserta antologi puisi hasil lomba kreasi puisi. Buku ini akan dititipkan oleh panitia di perpustakaan FIB dan pusat UI, serta bagi yang beruntung akan dibagikan saat Talkshow PIMNAS tanggal 13 Mei.

7. Kreasi Puisi.
Merupakan lomba kreasi puisi yang asli dibuat oleh penyair, bukan saduran atau plagiat dari puisi orang lain. Tema untuk kreasi puisi tahun ini mengikuti tema Cerpen Berbudaya, yakni “Membaca fenomena sosial budaya masyarakat Indonesia”. Selanjutnya, naskah puisi ini harus diapresiasi oleh penyair sendiri baik dalam bentuk deklamasi atau musikalisasi puisi. Penghargaan bagi puisi dan penampilan terbaik adalah plakat penghargaan sebagai “Penyair Kreatif FIB” yang dapat dipilih melalui mekanisme voting. Selain itu, bagi 10 naskah puisi terbaik menurut juri, akan didokumentasikan dalam buku bersama 10 naskah terbaik Cerpen Berbudaya. Buku ini kemudian akan dititipkan oleh panitia di perpustakaan FIB dan pusat UI, dan bagi yang beruntung akan mendapatkannya saat Talkshow PIMNAS tangal 12 Mei.

Waktu Pelaksanaan
1. Publikasi dan pendaftaran telah dimulai dari tanggal 1 April sampai 30 April 2010.
2. Masa pengumpulan prasyarat lomba dibuka dari tanggal 26 April sampai 4 Mei 2010.
3. Masa putaran penyisihan hingga final OIM FIB diselenggarakan dari tanggal 6 Mei sampai puncak acara di 13 Mei 2010.

Peserta
Seluruh mahasiswa aktif FIB program S1 dan vokasi berbagai angkatan.

Teknis Kompetisi
Dalam cabang lomba esei pemikiran kritis, debat bahasa Inggris, debat bahasa Indonesia, Poster Inspiratif, Cerpen berbudaya, dan OIM kuis, akan diperebutkan masing-masing medali emas, perak, dan perunggu. Dari tiap medali yang diperoleh tersebut, akan dikalkulasi untuk menentukan jurusan yang memperoleh kualitas medali terbaik. Untuk selanjutnya, jurusan dengan titel “juara umum OIM FIB” tersebut, akan diapresiasi dengan piala bergilir OIM FIB UI. Sedangkan untuk kategori poster terfavorit dan kreasi puisi, akan ditentukan lewat mekanisme voting oleh pengunjung OIM FIB, dan hasil voting terbanyak akan mendapatkan apresiasi berupa plakat penghargaan istimewa.

Output
Selain mendapatkan medali, sertifikat peserta, dan bingkisan lainnya, sebagian besar hasil dari kompetisi OIM FIB ini akan diteruskan pada OIM tingkat UI yang akan diselenggarakan di akhir September 2010. Khusus untuk lomba Cerpen Berbudaya dan Kreasi Puisi, 10 naskah terbaik akan didokumentasikan dalam buku kumpulan cerpen dan antologi puisi OIM FIB UI 2010.

Informasi
Untuk menjamin ketersediaan informasi mengenai OIM FIB, kami telah membuka Pusat Informasi OIM sejak tanggal 5 April 2010. Pusat Informasi OIM ini berlokasi di selasar Gedung IX FIB UI dan buka setiap hari Senin sampai Jum’at pada jam 15:00 – 17:00 WIB. Di sini para calon peserta bisa mendapatkan brosur ketentuan kompetisi OIM FIB, bertanya langsung kepada panitia, mendaftarkan nama secara langsung, dan wadah pengumpulan naskah lomba. Selain itu, seluruh update informasi OIM FIB dapat diakses di situs resmi BEM FIB dengan klik di sini.

Pendaftaran SMS
Selain bisa mendaftar langsung di Pusat Informasi OIM, registrasi pun bisa dilakukan secara langsung melalui sms dengan ketik format sebagai berikut:

OIM.nama lengkap.jurusan.angkatan.no hp.alamat email.lomba yang diikuti (max dua cabang).

Contoh:
OIM.andi junaidi.inggris.2008.08561234567.andi.juned@yahoo.com.esei dan puisi.

Lalu dikirim ke nomor 081519950517

Catatan: untuk pendaftaran tim OIM Kuis, hanya dapat dilakukan di Pusat Informasi OIM dengan langsung mendaftarkan 10 nama yang akan tergabung dalam tim jurusan.

Mari teman-teman mahasiswa kampus berbudaya, kita sukseskan Olimpiade Ilmiah Mahasiswa FIB UI 2010 ini dengan berpartisipasi aktif baik sebagai peserta atau pengunjung. Jangan lewatkan momen bersejarah ini untuk menjadi jawara ilmiah FIB buat kali pertama.

Dimas Prasetyo Muharam
(Koordinator Acara)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Dimas Prasetyo Muharam
masih kuliah di sastra Inggris UI sampai insya allah tahun 2011 nanti. Punya hobi menulis, blogging, web programming, dan main catur. Visit blog pribadi saya di http://www.dimasprasetyo.net serta kegiatan komunitas kami di alamat http://www.kartunet.com

3 Comments

Leave a Reply