Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) UI: Menjawab Tantangan Visi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia


0

Menjadikan Universitas Indonesia sebagai universitas berskala internasional memang bukan perkara mudah. Untuk dapat dikatakan sebagai universitas berskala dunia, UI diharapkan dapat memberikan sumbangan berupa karya nyata yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan.

Akan tetapi, menjadikan UI sebagai universitas yang berbasis riset ternyata cukup menghadapi tantangan. Salah satunya dikarenakan iklim riset itu sendiri yang belum tergali, terutama dikalangan mahasiswanya. Seperti yang terjadi paling tidak lima tahun belakangan ini, UI belum pernah berhasil meraih juara umum pada ajang yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Oleh karena itu, Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM UI berupaya untuk membangun minat keilmuan mahasiswa dengan meyelenggarakan ajang Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) UI. Seperti di tahun sebelumnya, OIM UI 2009 diselenggarakan sebagai rangkaian acara dalam bentuk simulasi kecil dari ajang yang lebih besar, yaitu PIMNAS. OIM UI diselenggarakan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa untuk berkompetisi, sekaligus membangun kesadaran akan pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas karya nyata dibidang ilmiah.

Pada tahun ini, OIM UI diselenggarakan pada tanggal 2-6 November 2009, dengan tema ”Mempersiapkan Generasi Muda dalam Menjawab Tantangan Global”. Adapun bidang kompetisi yang dilombakan antara lain Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT), Esai pemikiran kritis, debat bahasa inggris, debat bahasa indonesia, poster inspiratif dan OIM quis. Selain dari lomba-lomba tersebut, OIM UI 2009 juga memberikan warna berbeda dengan acara penutup berupa talk show. Acara talk show tersebut diadakan untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang belum dapat berprtisipasi dalam lomba-lomba OIM, sekaligus memperkenalkan ajang ini pihak eksternal.

Setelah melalui rangkaian acara selama lima hari, akhirnya OIM UI berhasil mencetak para juara. Pada acara opening ceremony Fakultas Ilmu Sosial dan Politik berhasil menyandang gelar best parade. Untuk mata lomba PKM-GT, FISIP yang diwakili oleh Andi Rosilala dan Candra Krisna Hendrawan berhasil menjadi juara I, disusul oleh dua fakultas yang bermukim di Salemba yaitu FKG (Pralita Kusumawardhani, Stephani Dwiyanti I dan Theodora Elien) yang menempati juara II dan FK (Bayushi Eka Putra dan Eko Arianto ) sebagai juara III.

Untuk esai pemikiran kritis, FISIP (Muhammad Iqbal) kembali menjadi pemenang I, sedangkan FH (Putri Kusuma Amanda) menempati juara II dan FT (Rahma Muthia) sebagai juara III. Sedangkan untuk debat bahasa Inggris tim dari FISIP menempati juara I, menyusul Fakultas hukum di juara kedua dan Fakultas ekonomi ditempat ketiga.

Untuk debat bahasa Indonesia hasilnya adalah tim FISIP juara I, FE juara kedua dan teknik ditempat ketiga. Di mata lomba poster inspiratif FISIP yang diwakili oleh Rahardian Wahyu Pradana menempati juara pertama, diikuti oleh fakultas ekonomi yang diwakili oleh Levana Kartika Putrid dan ditempat ketiga ada Fakultas kesehatan masyarakat yang diwakili oleh Irma Surya Kusuma.

Sedangkan poster terfavorit, diberikan kepada poster karya Dwi Andriyan (FIB), Eva Yuli Andari (FKG) dan Hasna Afifah  (Kedokteran). Untuk cabang lomba terakhir, yaitu OIM Quiz pemenang pertama sampai ketiga adalah FT, FISIP dan Fakultas Psikologi, dengan best yel dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Dengan demikian, diperolehlah tiga juara umum pada acara OIM UI 2009, yaitu FISIP sebagai juara umum I, Teknik sebagai juara umum kedua dan Fakultas ekonomi sebagai juara umum ketiga.

Dengan rangkaiannya acara tersebut, OIM UI berharap dapat membangun iklim keilmuan di kalangan mahasiswa UI. Sehingga kelak, mahasiswa UI dapat memberikan kontribusinya dalam pengembangan keilmuan dan juga Universitas Indonesia sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mengklaim dirinya sebagai universitas berbasis riset, dapat menjawab tantangan untuk menjadikan UI sebagai perguruang tinggi berkelas dunia. Maka, tidak heran dengan tagline-nya ”bangkit intelektual muda, bangkit nusantara” OIM UI 2009 menjadi langkah pertama untuk menjawab tantangan tersebut.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply