Olimpiade Ilmu Sosial 2010 Hari Kedua, Senin 2 Agustus 2010

Departemen Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP UI 2010 menyelenggarakan kompetisi kajian sosial Olimpiade Ilmu Sosial 2010. Untuk ketujuh kalinya sejak tahun 2004, OIS telah menjadi ajang kompetisi berskala nasional yang mengikutsertakan siswa-siswi SMA/sederajat di 33 propinsi Indonesia. Dengan cita-cita menumbuhkan nilai nasionalisme pada generasi pemuda Indonesia, OIS kali ini mengusung tema “Melahirkan Generasi Merah Putih yang Kritis, Kreatif dan Kontributif”.

Hari kedua, Senin, 2 Agustus, OIS memiliki agenda acara Grand Opening yang dibuka oleh Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono M.Sc dan Wakil Rektor UI Prof. Ir. Muhammad Anis, M.Met juga diikuti oleh perwakilan dari Kementrian Pertahanan Nasional. Grand Opening dilaksanakan di Gedung AJB FISIP UI pada pukul 09.00.

Dilanjutkan dengan seminar FISIP National Camp (Konferensi Nasional Mahasiswa FISIP se-Indonesia). FISIP National Camp kali ini mengangkat tema ”Disintegrasi dan Penguatan Peran Negara”. Tema ini dilihat dari enam sudut pandang yaitu, ekonomi, politik, sosial budaya, konflik SDA, demografi, dan pertahanan keamanan. Pembicara untuk seminar ini adalah Kolonel Subroto yang merupakan perwakilan dari Menteri Pertahanan.

Setelah istirahat makan siang, akan dimulai lomba Analisis Masalah (AM) yang diikuti oleh 30 finalis terpilih OIS 2010. Lomba Analisis Masalah tersebut dilaksanakan di Gedung M, FISIP UI pada pukul 14.00. Pada saat para siswa peserta menjalankan lomba, para guru pendamping akan mengikuti talkshow dengan tema ”Pendidikan Berbasis Karakter” di  SSMC, Gedung C, FISIP UI.

Dengan berakhirnya acara tersebut, 30 finalis OIS 2010 beserta guru pendamping akan kembali ke Gedung Insan Cita (GIC) untuk melaksanakan Workshop Presentasi agar peserta dapat mempresentasikan karya tulisnya secara baik dan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA