Olimpiade Ilmu Sosial 2010 Hari Ketiga, Selasa 3 Agustus 2010

Departemen Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP UI 2010 menyelenggarakan kompetisi kajian sosial Olimpiade Ilmu Sosial 2010. Untuk ketujuh kalinya sejak tahun 2004. OIS telah menjadi ajang kompetisi berskala nasional yang mengikutsertakan siswa-siswi SMA/sederajat di 33 propinsi Indonesia. Dengan cita-cita menumbuhkan nilai nasionalisme pada generasi pemuda Indonesia, OIS kali ini mengusung tema “Melahirkan Generasi Merah Putih yang Kritis, Kreatif dan Kontributif”.

Pada hari Selasa, 3 Agustus 2010, Olimpiade Ilmu Sosial 2010 (OIS 2010) sudah memasuki hari ketiga dari enam hari yang dijadwalkan. Pada hari ketiga ini OIS 2010 memiliki tiga agenda lomba, Lomba Presentasi Analisis, Lomba Circle of Beat (COB), dan Lomba Movie Review. Lomba pertama adalah Lomba Presentasi Analisis yang dimulai pada pukul 08.00 di ruang kelas gedung M kampus FISIP UI, Depok. Lomba ini diikuti oleh 30 tim finalis dari berbagai SMA di Indonesia yang sudah lolos seleksi awal. Pada lomba ini para finalis mempresentasikan hasil karya tulisnya kepada juri-juri yang memiliki kompentensi pada bidangnya.

Pada saat yang bersamaan, para guru pendamping di gedung SSMC FISIP UI mengikuti Workshop Metode Penelitian. Setelah makan siang, pada pukul 13.30 akan dilanjutkan lomba kedua yaitu Circle of Beat (COB). Pada lomba ini peserta akan diberikan kurang lebih 50 soal yang menyangkut pengetahuan umum dan keluasan wawasan mereka, dan saat mereka sedang mengerjakan soal-soal tersebut akan didengarkan lagu-lagu dengan irama yang cepat.

Setelah lomba Circle of Beat selesai, peserta dan guru pembimbing akan kembali ke penginapan di Griya Insan Cita (GIC) dan pada malam harinya pukul 19.30 akan diadakan lomba Movie Review. Pada lomba ini peserta akan mereview film tentang lingkungan, terutama tentang rusaknya hutan bakau.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA