Olimpiade Ilmu Sosial 2010 Hari Terakhir, Jum’at 6 Agustus 2010

Departemen Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP UI 2010 menyelenggarakan kompetisi kajian sosial Olimpiade Ilmu Sosial 2010. Untuk ketujuh kalinya sejak tahun 2004. OIS telah menjadi ajang kompetisi berskala nasional yang mengikutsertakan siswa-siswi SMA/sederajat di 33 propinsi Indonesia. Dengan cita-cita menumbuhkan nilai nasionalisme pada generasi pemuda Indonesia, OIS kali ini mengusung tema “Melahirkan Generasi Merah Putih yang Kritis, Kreatif dan Kontributif”.

Hari ini, 06 Agustus  para peserta OIS 2010 berangkat dari penginapan di Graha Insan Cita menuju FISIP UI pukul 07.00. Sesampainya di FISIP UI pukul 08.00  30 tim peserta OIS mengikuti acara “Konferensi Pemuda Nasional”  yang bertemakan “Semangat Nasioanalisme: Maju Terus Pemuda Indonesia” .Masing-masing tim ditantang untuk menyampaikan sebuah pernyataan mengenai nasionalisme di Indonesia selama 2 menit, sebelumnya 2 pembicara yaitu Sofwan Al Banna, S.Sos.,M.A. dan M. Iman Usman. Pembicara pertama menyampaikan tentang banyaknya kelebihan yang dimiiki oleh Indonesia. Sedangkan pembicara kedua menyampaikan presentasinya bertajuk “Saya dan Nasionalisme”. Diakhir acara ini, para peserta berhasil merumuskan 8 (delapan) poin deklasrasi.

Setelah itu, panitia OIS 2010 mengumumkan 5 tim yang masuk ke babak grand final :

  1. SMAN 1 Ternate
  2. SMA Regina Pacis Bogor
  3. SMAN 4 Bali
  4. SMAN 1 Denpasar
  5. SMAN 3 Gorontalo

Kelima Grand Finalis tersebut kemudian dikarantina kemudian selanjutnya akan mengikuti lomba-lomba berikutnya untuk menentukan juara 1,2,3.

Malam ini juga akan dilaksanakan malam penganugerahan yang akan ditujukan untuk peserta yang terpilih sebagai duta nasionalisme, duta muda, duta pengabdian masyarakat, duta persahabatan, duta kebudayaan, serta guru terbaik.

Tibalah malam penganugerahan pukul 20.00 dimana juara pertama sekaligus juara umum ditempati oleh SMAN Regina Pacis bogor berhak mendapatkan hadiah Rp. 4500000,- serta piala bergilir. Juara kedua dimenangkan oleh SMAN 1 Denpasar berhak mendapatkan hadiah Rp. 4000000,-, dan juara ketiga oleh SMA 4 Denpasar berhak mendapatkan hadiah . Rp. 3500000,-.

Pada penghujung acara juga dimeriahkan oleh penampilan hiburan dari panitia OIS sendiri berupa lagu “Mau Di bawa kemana” yang dipopulerkan oleh Armada serta “Rayuan Pulau Kelapa”. Sebagai balasannya para peserta yang melalui acara ini dilatih untuk “kritis, kreatif, dan kontributif” menyanyikan lagu “Wakil Rakyat” yang dipopulerkan oleh Iwan Fals sebagai bentuk ekspresi mereka yang juga beberapa waktu sebelumnya diajak untuk berkunjung ke Gedung DPR/MPR RI dalam rangkaian acara Olimpiade Ilmu Sosial ini, mereka juga menampilkan aksi treatikal/ drama bertemakan masalah/ isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat.

Demikianlah rangkaian acara OIS 2010 berakhir, para peserta segera meninggalkan ruangan acara malam penganugerahan dengan rasa senang, bangga, bahkan banyak diantara mereka yang menitikan air mata karena sudah merasa adanya ikatan kekeluargaan yang erat dianatara sesama peserta maupun peserta dengan panitia.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA