OLIMPIADE ILMU SOSIAL

OLIMPIADE ILMU SOSIAL

“Raising Youth Understanding on Multiculturalism

OLIMPIADE ILMU SOSIAL (OIS), merupakan sebuah bentuk kontribusi dari BEM FISIP yang mengacu kepada tridharma perguruan tinggi. Tri Dharma Perguruan tinggi menjadi basis semangat seluruh elemen/stakeholder institusi pendidikan tinggi, termasuk mahasiswa di dalamnya. Motif pendidikan, pengabdian, dan penelitian menjadi tiga poin utama yang  terus menerus berusaha dimanifestasikan dalam karya-karya kontributif. Eksistensinya sebagai sarana dan wadah menanggung beban moral yang besar untuk senantiasa memberikan manfaat terhadap fakultas, universitas, dan bangsa Indonesia. Begitupula halnya dengan Departemen Keilmuan sebagai salau satu departemen BEM FISIP UI yang bergerak di bidang keilmuan yang berupaya mewujudkan bentuk kontribusinya melalui OIS ini.

Melalui OIS, ilmu sosial diperkenalkan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan dalam memandang, memahami, dan mengkaji berbagai isu sosial yang tengah berkembang. OIS telah dilaksanakan sebanyak 9 kali. Dalam kurun waktu 2001-2012 OIS senantiasa belajar dari kesuksesan dan keinginan untuk memberikan manfaat yang lebih luas, hingga pada akhirnya OIS berhasil mengembangkan sayap ke tingkat regional Asia Tenggara pada 2011. OIS berhasil menjadi corong Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia  (FISIP UI) di bidang keilmuan di Asia Tenggara, terutama di tataran kompetisi ilmu sosial.

Pada tahun 2013, OIS 2013 bersama tri dharma perguruan tinggi dan nilai-nilai BEM FISIP UI 2013, yakni gerakan, inovasi, pelayanan akan mengangkat semangat Multikulturalisme dalam bingkai tema “Raising Youth Understanding on Multiculturalism”. Tema ini diangkat guna menumbuhkan kebanggan akan keberagaman Asia Tenggara yang merupakan modal besar bagi kemajuan Asia Tenggara. Melalui tema ini pula diharapkan dapat disalurkan nilai-nilai gerakan, inovasi dan pelayanan kepada para peserta OIS 2013.

Rangkaian kompetisi OIS dimulai dari EWC (Essay Writing Competition), sebagai proses screening untuk menyeleksi peserta secara grup. Screening ini dimaksudkan untuk mendapatkan peserta yang berkualitas dan atau memenuhi kriteria tertentu OIS 2013. Melalui EWC ini calon peserta dalam bentuk grup akan disaring menjadi 50 grup yang terdiri dari 24 grup regional dan 24 grup nasional. Ke 50 tim peserta tersebut kemudian akan berkompetisi di mata olimpiade utama OIS 2013 sesuai cabang pilihan masing-masing, yakni nasional dan regional. Cabang olimpiade nasional dan regional adalah satu tipe rangkaian olimpiade dengan letak perbedaan di pengantar bahasa dan lemparan isu.

Setelah mengikuti penyeleksian melalui EWC peserta yang lolos ketahap berikutnya akan mengikuti rangkaian kompetisi yaitu :

  1. Problem Solving (analisis masalah) dan Problem Solving Presentation (presentasi analisis masalah)
  2. Movie Review (review film),
  3. Social Science Quiz (kuis ilmu pengetahuan sosial), Quiz pengetahuan sosial
  4. Circle Of Knowledge (CoK)

Selain mata lomba tersebut, peserta juga akan mengikuti acara-acara pelengkap dan non lomba yang meliputi Welcoming Night, Opening Ceremony, seminar utama, seminar analisis masalah, Cultural Performances (ajak unjuk budaya), Memorable Change, Cultural Discovery, Institution Visit, Gala Dinner, dan Humaniora Faculty fair.

OIS akan dilaksanakan pada tanggal 8-13 November 2013 di Kampus FISIP UI dan akan diikuti oleh  peserta- peserta yang lolos EWC,  terbagi menjadi peserta regional dan nasional. Untuk bisa menggali informasi lebih banyak mengenai kegiatan dan rangkaian acara lainnya di Social Science Olympiads 2013, silakan kunjungi website resmi kami di www.oisfisipui.com dan terus pantau linimasa kami di @oisfisipui

Leave a Comment